Home Windows √ Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Tidak Charging Mengisi Daya

√ Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Tidak Charging Mengisi Daya

by Mas Admin
Jika Anda menghubungkan pengisi daya laptop Anda tetapi tidak ada tanda bahwa baterai sedang diisi, atau Anda melihat pesan “Plugged in, not charging” di Windows, kami di sini untuk membantu. Sayangnya tidak ada satu solusi karena masalah baterai laptop tidak bisa charging mengisi daya bisa menjadi satu dari banyak hal, dari masalah adaptor pengisi daya itu sendiri, ke port pengisian daya pada laptop Anda, atau bahkan masalah pada baterai laptop tersebut.
Tetapi ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan agar masalah laptop tidak bisa charging bisa mengisi daya kembali, dan mudah-mudahan cara yang kami berikan ini bisa menjadi perbaikan buat Anda.
1. Periksa semuanya terhubung
Hal pertama yang harus Anda lakukan, pastikan semuanya terhubung dengan benar. Pastikan konektor dicolokkan ke port yang benar pada laptop dan bahwa kabel yang dapat dilepas dicolokkan ke dalam adaptor, dan terakhir steker terpasang ke dinding (dan itu dihidupkan).
Beberapa laptop terbaru adaptor melalui USB. Coba pasang pengisi daya Anda ke port USB-C lainnya, seolah-olah pengisi daya Anda dicolokkan ke port USB-C yang hanya digunakan untuk transfer data, maka pengisian daya tidak akan terjadi.
Jika ada LED pada adaptor listrik atau di ujung kabel, pastikan itu menyala ketika stopkontak dinyalakan. Jika tidak, tukar sekering pada colokan ke colokan yang berfungsi, atau colokkan sesuatu yang lain ke soket itu untuk mengecek apakah itu benar-benar mengisi daya.
2. Periksa kondisi adaptor laptop
Periksa seluruh panjang kabel dan lihatlah apakah ada kerusakan pada kawat. Periksa di mana kabel terhubung ke colokan di kedua ujungnya, dan di mana ia masuk dan keluar dari adaptor.
Cari perubahan warna pada kabel atau colokan yang mungkin menunjukkan ada sesuatu yang salah. Jika Anda mencium bau terbakar atau hal semacam itu maka semuanya mungkin tidak baik dan Anda akan membutuhkan pengisi daya baru.
Jika bukan pengisi daya asli yang disertakan dengan laptop Anda, maka periksa bahwa untuk pengisi daya universal, voltase sudah diatur dengan tepat. Stiker pada laptop harus memberi tahu Anda berapa voltase yang dibutuhkan. Pastikan juga tip yang benar telah dipasang jika dapat dipertukarkan.
Beberapa laptop sangat rewel tentang pengisi daya yang Anda gunakan, Dell dan model HP telah dikenal menolak untuk mengisi daya jika Anda tidak menggunakan pengisi daya asli yang asli. Hal yang sama berlaku untuk pengisi daya USB-C. Anda tidak dapat serta-merta menggunakan charger telepon untuk mengisi daya laptop Anda: itu mungkin tidak akan memasok daya yang cukup. Pastikan pengisi daya Anda menghasilkan watt yang cukup.
 Jika Anda menghubungkan pengisi daya laptop Anda tetapi tidak ada tanda bahwa baterai sed Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Tidak Charging Mengisi Daya
3. Lepaskan dan periksa baterai
Jika Anda bisa, keluarkan baterai dan kemudian pasang pengisi daya ke laptop. Jika ini berhasil, maka Anda hampir pasti masalahnya pada baterai. Ini bisa menjadi masalah perangkat keras atau perangkat lunak, jika perangkat lunaknya mungkin dapat dipecahkan. Jika ini perangkat keras, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan baterai baru. Banyak laptop memiliki baterai yang tidak dapat dilepas
Jika laptop Anda menjadi sangat panas ketika Anda menggunakannya, ada kemungkinan bahwa secara otomatis laptop Anda akan mati sendiri untuk melindungi komponen dalam dari panas yang berlebihan.
Ini dapat menyebabkan segala macam masalah, termasuk baterai tidak mengisi karena terlalu panas dan dalam bahaya rusak.
Pastikan kipas pembuangan panas tidak terhalang (jika Anda menggunakannya di tempat tidur atau di atas bantal, laptop bisa tenggelam ke dalam material dan tidak dapat mendinginkan suhu panas di dalam laptop).
Tunggu sampai dingin dan kemudian coba isi lagi.
4. Periksa pengaturan daya Windows
Buka Control Panel, dan menuju ke Power Option.
Ada beberapa pengaturan di sini, lihat sekilas untuk memastikan tidak ada yang terlihat aneh. Yang harus diperhatikan adalah pengaturan yang menyebabkan laptop Anda mati jika persentase baterai Anda turun ke ambang rendah tertentu.
5. Perbarui driver
Buka Device Manager, dan di bawah Baterai Anda akan menemukan sejumlah entri.
Biasanya harus ada tiga, satu untuk baterai itu sendiri, satu untuk pengisi daya dan yang ketiga disebut ‘Metode Kontrol Compliant Microsoft ACPI Baterai’. Klik kanan pada semua entri ini menuju ke Properti, lalu ke tab driver dan temukan tombol ‘Perbarui Driver’ (Ini juga dapat ditemukan dengan mengklik kanan entri dan menekan ‘Perbarui perangkat lunak driver’).
Hubungi dukungan teknis
Pada titik ini, kami telah membahas semua solusi yang memungkinkan mengatasi masalah baterai laptop boros. Jika Anda masih mengalami masalah, hubungi tim dukungan teknis. Hubungi service center laptop Anda, yang akan dapat memberi Anda saran terbaik.


Referensi artikel ini dari berbagai blog salah satunya sepatamtekno

You may also like