Home Android √ Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Di Hp Android

√ Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Di Hp Android

by Mas Admin
Kita semua pernah mengalami saat dimana Anda akan merekam video, foto, menginstall aplikasi mendownload file di perangkat Android. Anda tidak bisa melakukannya karena kehabisan ruang penyimapanan di ponsel Android Anda.
Anda bahkan mungkin kehilangan momen tersebut, tetapi ada banyak cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan di Hp Android Anda, agar hal seperti itu tidak terjadi lagi. Manajemen penyimpanan yang baik penting untuk memastikan Anda selalu mendapatkan ruang yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya.
Berikut cara melacak aplikasi yang memonopoli ruang penyimpanan berharga di ponsel Android Anda, menyediakan ruang untuk aplikasi baru, foto, dan konten lainnya, dan bahkan menambahkan lebih banyak penyimpanan ke perangkat Anda.
Membebaskan ruang
Dengan menavigasi ke aplikasi Pengaturan perangkat Android Anda dan mengklik opsi Storage, Anda akan dapat melihat tampilan penyimpanan Anda sekilas. Di bagian atas, Anda akan melihat berapa banyak total penyimpanan ponsel yang Anda gunakan, diikuti dengan pengelompokan berbagai kategori yang menghabiskan ruang di ponsel Anda. Bagi saya, ini adalah Foto & video yang paling banyak memakan ruang, diikuti oleh Musik & audio. Jika Anda mengunduh banyak game atau film seluler, pembacaan Anda akan terlihat berbeda.
Di bawah jumlah ruang yang digunakan harus ada tombol berlabel Ruang kosong. Ini adalah cara otomatis untuk membersihkan sampah yang tidak diinginkan dari ponsel Anda, dipilih berdasarkan kategori, termasuk Foto & video yang dicadangkan, Unduhan, dan aplikasi yang jarang digunakan.
Anda dapat memilih dari kategori secara individual dengan mencentang kotak kosong di sebelah kanan item yang terdaftar. Tetapi jika Anda ingin semuanya hilang, kurang memakan waktu untuk membentur kotak kosong di sebelah kanan nama kategori. Setelah mendapat tanda centang biru, klik Kosongkan ruang di sisi kanan bawah layar.
 Kita semua pernah mengalami saat dimana Anda akan merekam video Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Di Hp Android
Menghapus aplikasi yang terpasang
Anda dapat menghapus instalasi aplikasi yang jarang digunakan dalam satu klik menggunakan langkah-langkah di atas, tetapi ada cara lain untuk menghapus aplikasi dari ponsel Anda juga. Seringkali, seringkali Anda mendownload dan menginstall aplikasi atau permainan dan melupakan untuk menghapusnya. Membiarkan hal tersebut tentunya akan mengambil ruang penyimpanan. Untuk melihat semua aplikasi Anda di satu tempat, buka aplikasi Google Play Store dan klik ikon Menu di kiri atas. Navigasikan ke Aplikasi & game saya, lalu Instal.
Anda dapat menelusuri aplikasi-aplikasi ini. Untuk menghapus instalannya, Anda ingin mengeklik aplikasi tertentu. Dari sana, ada opsi untuk Menghapus dan Buka.
Dengan menekan Storage di bagian atas, Anda dapat menghapus aplikasi secara massal dengan memilih banyak dengan tanda centang. Tekan Kosongkan ruang di bagian bawah untuk menghapus.
Mencadangkan foto
Pada ponsel Android, mudah untuk mencadangkan foto Anda menggunakan Foto Google, yang menyimpan gambar secara pribadi di cloud. Untuk mengaktifkannya, Anda harus membuka aplikasi Foto Google dan masuk ke akun Google Anda, jika Anda belum melakukannya. Klik pada ikon Menu. Tekan Pengaturan, lalu klik Cadangkan & sinkronkan. Ada tombol sakelar di sebelah Cadangkan & sinkronkan untuk menghidupkan atau mematikan fitur, dengan pengaturan lain yang tersedia untuk mencadangkan dan kapan.
Setelah foto Anda dicadangkan, mereka dapat dengan aman dihapus dari perangkat Anda tanpa takut kehilangannya – Anda selalu dapat mengunduhnya dari cloud saat Anda menginginkannya. Buka aplikasi Google Photos, lalu pilih foto yang ingin Anda hapus (Anda dapat memilih ini satu per satu atau melakukan ini dalam batch.) Klik ikon More, yang terlihat seperti tiga titik vertikal, dan navigasikan ke Delete from device di kanan atas. layar.
Menggunakan kartu memori
Beberapa ponsel Android memiliki slot ekstra untuk kartu memori, seringkali kartu microSD. Ini adalah cara mudah untuk menambahkan penyimpanan ekstra ke ponsel Anda tanpa harus menghapus semua yang Anda suka dari perangkatm baik itu file ataupun aplikasi Anda.
Pertama, periksa instruksi spesifik ponsel Anda untuk melihat apakah itu kompatibel dengan kartu memori, dan, jika demikian, jenis kartu apa yang diterima. Kartu memori ada di tangan, matikan telepon Anda, masukkan kartu memori ke perangkat Anda, dan hidupkan kembali telepon Anda. Pemberitahuan yang disebut Set up akan muncul untuk membantu Anda memasang kartu.
Dari sana, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menggunakan kartu memori sebagai penyimpanan portabel atau internal. Penyimpanan portabel digunakan untuk musik, foto, dan video. Anda dapat memindahkan data ini dari satu perangkat ke perangkat lainnya jika Anda mau atau perlu, tetapi aplikasi tidak dapat masuk ke area penyimpanan semacam ini. Penyimpanan internal digunakan untuk aplikasi dan data yang berasal dari toko perangkat Anda, dan mereka tidak akan berfungsi jika Anda mengeluarkan kartu memori dan menggunakannya di perangkat lain.
Untuk memindahkan aplikasi dari telepon Anda ke kartu memori, buka halaman Pengaturan di bawah Aplikasi. Klik aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu memori dan tekan Storage. Klik Storage yang digunakan dan tekan Change. Pilih kartu memori baru dan lanjutkan dari sana.


Referensi artikel ini dari berbagai blog salah satunya sepatamtekno

You may also like