Home Android √ Solusi Gesture Control Berwarna Abu-Abu Android 10

√ Solusi Gesture Control Berwarna Abu-Abu Android 10

by Mas Admin
Anda baru saja memperbarui ke Android 10? Siap untuk menjelajahi semua fitur baru yang ditawarkan Google di Android 10, dan ternyata Anda menemukan bahwa kontrol gerakan berwarna abu-abu. Apa yang terjadi dan bagaimana cara mengembalikan fungsionalitas ke fitur pokok Android Q?
Untuk beberapa pengguna, pengaturan “Navigasi Gerakan” yang baru berwarna abu-abu di Pengaturan > Sistem > Gerakan > Navigasi Sistem. Anda akan menemukan “navigasi 3-tombol” Android 8.0 dan “navigasi 2-tombol” Android 9.0 dengan gesture-and-tap gaya hybrid sepenuhnya berfungsi. Ini adalah sistem navigasi sepenuhnya gestural Android 10 yang baru yang tidak berfungsi.
Tapi kenapa begitu? Itu ada hubungannya dengan launcher pihak ketiga. Jika Anda memiliki aplikasi layar beranda khusus seperti Nova atau Action Launcher, Anda akan menemukan fitur isyarat Android 10 berwarna abu-abu. Itu karena UI untuk sistem gerakan baru menggunakan elemen dari aplikasi layar awal default. Pertimbangkan dok, yang berisi lima aplikasi yang disematkan di bagian bawah layar beranda. Ini muncul di UI multitugas Anda sekarang, jadi peluncur perlu diintegrasikan dengan gerakan agar berfungsi dengan benar.
 Siap untuk menjelajahi semua fitur baru yang ditawarkan Google di Android  Solusi Gesture Control Berwarna Abu-Abu Android 10
Masalahnya adalah, Google tidak ingin memberikan izin tambahan kepada launcher pihak ketiga mana pun, atau aplikasi pihak ketiga mana pun. Integrasi ini telah menyebabkan bug pada launcher pihak ketiga sejak rilis beta pertama Android 10, sehingga pada beta 5 dan 6, Google memutuskan untuk menonaktifkan gestur hanya jika Anda memasang launcher khusus. Mereka mengatakan akan memperbaiki masalah ini di beberapa titik dalam beberapa bulan mendatang, tetapi sampai saat itu, ada perbaikan yang mudah.
Hapus instalan Launcher Kustom
Ini adalah cara termudah untuk mengembalikan navigasi gerakan Android 10 ke perangkat Anda. Cukup cari peluncur di Play Store, lalu ketuk “Copot pemasangan.” Jika peluncur ini adalah satu-satunya yang terpasang pada perangkat Anda, peluncur ini akan secara otomatis kembali ke peluncur default dan opsi untuk mengaktifkan navigasi gerakan tidak akan lagi berwarna abu-abu di Pengaturan > Sistem > Gerakan > Navigasi sistem.
Jika Anda memiliki lebih dari satu peluncur pihak ketiga yang diinstal, jangan khawatir – sistem hanya akan meminta Anda untuk memilih aplikasi layar awal default saat berikutnya Anda pulang. Cukup pilih aplikasi layar awal default perangkat Anda, dan kontrol gerakan akan menjadi milik Anda.
Kembali ke Stock Launcher di Pengaturan
Jika Anda ingin memasang launcher saat menunggu Google untuk memperbaiki masalah ini, inilah yang harus dilakukan. Buka Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Aplikasi default > Aplikasi Beranda. Di sini, Anda cukup memilih launcher default untuk mengembalikan kontrol gerakan ke perangkat Anda.
Setelah Anda kembali ke aplikasi layar awal default, Anda dapat mengaktifkan “Navigasi gerakan” di Pengaturan > Sistem > Gerakan > Navigasi sistem, karena opsi tidak lagi berwarna abu-abu.


Referensi artikel ini dari berbagai blog salah satunya sepatamtekno

You may also like