Home Samsung √ Solusi Masalah di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus

√ Solusi Masalah di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus

by Mas Admin
Ini adalah masalah Galaxy S10 dan S10 Plus paling umum yang kita ketahui dan cara memperbaikinya. Ponsel Samsung yang mengkilap memiliki beberapa fitur mewah, tetapi tidak sempurna. Baik itu pemindai sidik jari baru atau masalah keyboard. Inilah yang perlu Anda ketahui. Ini juga memperbaiki masalah pada Galaxy S10e Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10 5G.
Anda tidak perlu pergi ke toko operator atau menghubungi dukungan Samsung untuk mendapatkan bantuan. Sebaliknya, ikuti tips kami dan perbaiki masalah Galaxy S10 Anda langsung dari rumah. Kami akan memandu Anda mengatasi keluhan yang paling sering, kemudian menawarkan perbaikan, kiat, atau sumber daya untuk mengatasinya. Ingatlah bahwa setiap orang menggunakan telepon secara berbeda, dan tidak semua orang akan memiliki masalah yang sama. Mari kita mulai.
 Plus paling umum yang kita ketahui dan cara memperbaikinya Solusi Masalah di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus
1. Cara Memperbaiki Masalah Pemindai Sidik Jari Samsung Galaxy S10
Hal pertama yang pertama, kita harus mengatasi pemindai sidik jari. Pada menit terakhir, Samsung memasang pelindung layar pada semua model Galaxy S10 sebelum pengiriman, dan itu membuat proses pemasangan pemindai sidik jari menjadi sangat sulit. Anda harus menekan dengan sangat keras, dan kemungkinan Anda akan mendapatkan beberapa upaya yang gagal selama proses penyiapan. 
Samsung mengeluarkan pembaruan peranti lunak satu hari yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan keandalan pemindai sidik jari. Kemudian, pada bulan April Samsung merilis pembaruan lain yang secara mengejutkan membuat perbedaan besar. Pengguna melaporkan pengalaman yang jauh lebih baik dengan sensor sidik jari. Selain itu, setelah Anda menghapus film plastik murah Samsung pada ponsel itu bekerja lebih baik.
Karena itu, jika Anda menerima pembaruan perangkat lunak terbaru, lepaskan pelindung layar dan masih menghadapi masalah, kami memiliki beberapa kiat. Untuk satu, gerakkan jari Anda di beberapa lokasi berbeda saat Anda melakukan proses pendaftaran. Kemudian, daftarkan ujung jari Anda beberapa kali memegang telepon dengan satu tangan, karena itulah cara Anda akan membuka kunci paling banyak. Jangan pegang telepon di satu tangan dan gunakan yang lain untuk mengetuk. Daftarkan jari Anda sambil memegang telepon seperti biasanya.
Jika Anda menggunakan kasing, kami sarankan untuk mengulangi lagi seluruh proses pemindaian jari, untuk mendapatkan sudut yang tepat. Plus, kami mendengar mendaftarkan jari yang sama dua kali secara substansial meningkatkan hasil juga. Dan akhirnya, apakah Anda menggunakan atau tidak menggunakan pelindung layar, cobalah trik ini untuk meningkatkan sensitivitas layar.
2. Cara Memperbaiki Samsung Galaxy S10 Layar Sentuh Kurang Responsif 
Samsung Galaxy S10 masih baru dan Anda dapat mengharapkan beberapa pembaruan dalam satu atau dua bulan pertama yang akan mengatasi sebagian besar keluhan Anda, untuk saat ini, teruslah membaca.
Keluhan lain yang terus kami lihat adalah pengguna secara tidak sengaja menyentuh sisi ponsel dan membuka panel aplikasi Edge, meluncurkan aplikasi, atau hanya membangunkan layar secara tidak sengaja. Dengan hampir tanpa bezel, tidak ada tempat untuk meletakkan tangan Anda saat digunakan. Yang mengatakan, satu perubahan cepat dalam pengaturan akan mencegah keran yang tidak disengaja ini. Atau, cukup nonaktifkan panel tepi seperti yang saya lakukan.
Buka Pengaturan dan pilih Tampilan
Gulir ke bawah ke Perlindungan Sentuhan Sengaja
Balik sakelar ke ON
Ini tidak hanya membantu mencegah keran dan sentuhan tidak disengaja secara umum, tetapi juga membantu dengan keran yang tidak disengaja di saku, tas, tas, atau area gelap. Selain itu, kami melihat keluhan tentang perubahan warna dan sudut tampilan yang buruk di S10, di mana layar memiliki warna merah. Kami berharap ini dapat diperbaiki oleh pembaruan perangkat lunak, karena kami melihat situasi yang sama dengan Galaxy S8 pada 2017.
3. Masalah Aplikasi Samsung Galaxy S10 Tidak Bisa Full Screen
Dengan layar Quad-HD 6,1 atau 6,4 inci besar yang panjang dan kurus, beberapa aplikasi tidak menggunakan seluruh layar pada Galaxy S10 Anda. Ini karena rasio aspek yang panjang, mirip dengan film layar lebar 16: 9 di masa lalu yang memiliki bilah hitam, belum lagi potongan di bagian atas untuk kamera.
Sebagian besar aplikasi dan permainan ditingkatkan agar sesuai dengan seluruh layar, tetapi beberapa tidak. Jika demikian ikuti langkah-langkah ini untuk memperbaiki masalah. Panduan itu dari Galaxy S8, tetapi langkah yang sama berlaku bahkan pada Android 9 Pie One UI.
Tarik ke bawah bilah notifikasi dan menuju ke Pengaturan (ikon berbentuk roda gigi di dekat kanan atas)
Ketuk pada Tampilan
Pilih opsi berlabel Aplikasi layar penuh
Ketuk aplikasi apa pun yang bukan layar penuh, dan alihkan dari Otomatis ke Layar Penuh
Pada titik ini, sebagian besar aplikasi akan berfungsi dengan baik dan pengembang sudah memperbaikinya. Jika tidak, Anda dapat memaksa mereka ke mode layar penuh. Sekarang secara otomatis akan skala ke rasio aspek 18,5: 9 baru dan mengisi seluruh tampilan Anda dengan konten. Selain itu, ketika Anda meluncurkan aplikasi dan tidak menggunakan seluruh layar, Anda akan melihat popup kecil di bagian bawah layar untuk dengan cepat beralih ke tampilan penuh. Ketuk itu dan Anda semua selesai.
Jika aplikasi atau game terputus setelah Anda melakukan ini, balikkan langkah-langkahnya dan ubah kembali ke Otomatis.
4. Sprint Galaxy S10 Tidak Ada Masalah 4G LTE
Masalah besar untuk ketiga model Galaxy S10 pada Sprint bukanlah 4G LTE. Ponsel ini terjebak pada kecepatan 3G yang lama dan lambat di mana internet hampir tidak berfungsi, video tidak dapat dimuat, dan ponsel hampir merupakan pemberat kertas. Beberapa orang memiliki 4G LTE, tetapi tidak terlalu lama, dan pencarian sinyal yang konstan dan beralih dari 3G ke 4G LTE membuat ponsel sangat panas. Spring telah mengakui masalah ini beberapa kali, namun masih berusaha memperbaikinya.
Pada 16 April Sprint mengeluarkan pembaruan perangkat lunak lain untuk Galaxy S10 (versi perangkat lunak ASD5) dan yang seharusnya memperbaiki masalah 4G LTE Anda. Dan sementara puluhan pengguna mengatakan mereka akhirnya melihat kecepatan internet 4G LTE dan meningkatkan daya tahan baterai, banyak pengguna seperti Tim dari Twitter masih berjuang.
Ini adalah masalah berkelanjutan dengan Galaxy S8, S9, Note 8, Note 9 dan S10 yang semuanya menjalankan Android 9 Pie on Sprint. Mereka yang memiliki telepon pada operator yang berbeda tidak akan menangani masalah ini. Karena itu, ini adalah masalah besar dan kami akan memperbarui setelah kami tahu lebih banyak.
5. Cara Memperbaiki Tombol Laci Aplikasi Samsung Galaxy S10 Tidak Ada
Jika Anda berasal dari smartphone Galaxy yang lebih tua, Anda akan terkejut. Tidak ada tombol fisik, tidak ada tombol rumah, dan tidak ada ikon baki aplikasi. Mereka semua pergi. Beberapa pemilik merasa frustrasi karena mereka tidak dapat menemukan semua aplikasi yang diinstal. Geser ke atas, dan mereka akan muncul. Atau, inilah cara untuk kembali ke gaya lama.
Tekan dan tahan ruang kosong di layar Anda. Ini akan memperkecil ke halaman edit dan tata letak, dan memberi Anda pengaturan atau opsi wallpaper.
Ketuk tombol pengaturan berbentuk roda gigi.
Selanjutnya tekan opsi dalam pengaturan yang berlabel “Tombol Aplikasi” dan pilih “tombol tampilkan aplikasi”.
Dengan cara ini Anda akan memiliki tombol yang meluncurkan baki dengan semua aplikasi Anda seperti sebelumnya. Atau, jika Anda berasal dari iPhone, pilih “Layar Beranda saja” jika Anda ingin semua aplikasi di layar beranda Anda seperti iOS.
6. Samsung Galaxy S10 Stuck Macet dan Ngehang
Apakah Galaxy S10 Anda atau sebagian aplikasinya beku, stuck dan menjadi tidak responsif? Kami melihat ini dengan S9, dan sekarang beberapa laporan muncul di Galaxy S10 baru. Anda mungkin mengalami ini di aplikasi kontak atau dialer telepon ketika mencoba melakukan panggilan.
Jika S10 Anda beku atau tidak merespons, tekan terus tombol daya dan volume turun secara bersamaan, dan tahan selama 7-8 detik. Ponsel akan mati, reboot, dan mulai segar. Ini tidak akan membahayakan apa pun dan memaksa ponsel untuk memulai kembali, bahkan jika benar-benar beku dan layarnya hitam. Cobalah.
Selain itu, pembaruan Galaxy S10 Mei terbaru “XXU1ASE5” menyebabkan masalah bagi banyak pengguna, sehingga Samsung menarik dan menunda pembaruan. Kami mendengar laporan tentang masalah sidik jari, pembekuan, kelambatan, dan banyak lagi. Perusahaan dengan cepat memperbaiki masalah ini dengan pembaruan Juni, yang masih menunggu operator AS. Baca lebih lanjut tentang masalah ini di sini.
7. Cara Memperbaiki Masalah Bluetooth Samsung Galaxy S10
Ponsel baru Samsung menjalankan Android 9 Pie terbaru dengan antarmuka One UI yang disegarkan di atas perangkat lunak Google. Dan, untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, kami belum melihat terlalu banyak keluhan BT. Karena itu, Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah dengan Bluetooth di mobil, stereo, atau aksesori Anda. Dengan begitu banyak pengeras suara, headphone, dan aksesori lainnya Anda pasti memiliki masalah di sana-sini.
Jika Anda tidak dapat melihat perangkat atau melihatnya dan mereka tidak akan terhubung, Anda tidak sendirian. Terkadang koneksi buruk dan audio juga terputus. Berkat Bluetooth 5.0 di Galaxy S10, kebanyakan orang tidak akan menghadapi masalah. Jika ya, cukup matikan Bluetooth, lalu hidupkan kembali. Ini memperbaiki masalah 95% dari waktu. Atau, lupakan perangkat sepenuhnya dan ulangi proses “memasangkan”.
Pengguna juga dapat menuju ke Pengaturan> Aplikasi> dan menemukan “Bluetooth” dan menghapus cache. Ini akan menghapus semua pasangan, yang memperbaiki masalah pada Galaxy Note 8 dan S9. Kalau tidak, coba tip terbesar kami untuk masalah APAPUN, dan reboot ponsel Anda. Yup, hanya reboot sederhana biasanya memperbaiki hampir semua hal.
8. Cara Memperbaiki Masalah WiFi & GPS Samsung Galaxy S10
Dengan setiap rilis telepon, kami melihat laporan tentang masalah WiFi. Dan, kami sudah melihat komentar tentang kinerja yang buruk, penurunan WiFi, masalah koneksi dan banyak lagi dengan Galaxy S10, meskipun mendukung protokol WiFi 6 yang baru. Ini hampir tidak pernah menjadi masalah dengan telepon itu sendiri, dan biasanya sesuatu yang lain.
Kami telah menemukan bahwa alat SmartSwitch Samsung yang sangat membantu untuk mentransfer telepon lama ke telepon baru seringkali dapat menjadi masalah untuk WiFi yang buruk. Perangkat lunak mentransfer nama, kata sandi, dan koneksi untuk Anda. Itu bagus, tetapi itu mungkin juga masalah Anda.
Mereka yang mengalami masalah WiFi S10 memiliki beberapa hal yang dapat mereka coba. Pertama, kami sarankan Anda melupakan jaringan WiFi Anda dan memasukkan kembali kata sandi di telepon. Lakukan ini dengan menuju ke Pengaturan> Koneksi> WiFi. Tekan dan tahan koneksi internet rumah Anda dan ketuk lupa jaringan pada jendela sembul. Kemudian cari koneksi WiFi, temukan milikmu, masukkan kata sandi dan itu akan berfungsi. Lebih baik lagi, atur ulang jaringan Anda ke pengaturan default. Kami menemukan mencabut daya ke router Anda selama 10 detik akan memberikan awal yang baru. Kemudian coba sambungkan Galaxy S10 Anda sekali lagi.
Selain itu, kami memiliki satu tip lagi yang sangat membantu untuk masalah WiFi. Buka Pengaturan> Koneksi> WiFi> Pengaturan Lanjut> dan nonaktifkan opsi tidur WiFi. Dengan cara itu WiFi tetap menyala, apa pun, bahkan ketika layar mati. Sekarang semua aplikasi dan layanan Anda terus menggunakan WiFi, dan Anda tidak perlu mengaktifkan layar saat Anda memperbarui aplikasi.
 Plus paling umum yang kita ketahui dan cara memperbaikinya Solusi Masalah di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus
9. Cara Mengatasi Samsung Galaxy S10 Layar Selalu Aktif (Always On Display)
Samsung menambahkan fitur “lift untuk bangun” baru ke Galaxy S10. Ketika Anda mengambilnya, layar secara otomatis menjadi hidup. Itu bagus, tetapi beberapa orang tidak menyukainya. Selain itu, kami melihat banyak sekali keluhan bahwa fitur lift untuk membangunkan atau AOD membuat ponsel terbangun dalam saku, yang menguras baterai.
Jadi, inilah cara mengubah, menyesuaikan, dan mengubah tampilan yang selalu aktif. Kami juga akan menunjukkan kepada Anda cara mematikan fitur lift untuk membangunkan.
Buka Pengaturan> Kunci layar> dan ketuk pada Always-On Display. Dari sini, Anda dapat menyesuaikan dan mengubah seluruh pengalaman. Secara pribadi, kami sarankan Anda membiarkan ini menyala karena akan mengurangi seberapa sering Anda membangunkan ponsel – menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama.
Kemudian, kembali ke menu Pengaturan utama dan pergi ke Fitur Lanjutan> Gerakan dan gerakan> dan hapus centang fitur Angkat untuk membangunkan. Saat Anda berada di sini, bunuh “ketuk dua kali untuk membangunkan” jika terus masuk ke saku Anda. Samsung akan memperbaikinya dengan pembaruan perangkat lunak, pada akhirnya.
10. Cara Memperbaiki Masalah Wet Speaker Samsung Galaxy S10 
Galaxy S10 dan S10 + adalah debu IP68 dan tahan air. Berarti Anda bisa membawanya di kamar mandi, menjatuhkannya di kolam, atau menggunakannya di kedalaman sekitar 5 kaki tanpa khawatir. Ponsel ini secara teknis dapat menangani sekitar 5 kaki selama 30 menit dan masih berfungsi dengan baik. Bahkan speaker ganda dapat menangani sedikit air.
Namun, jika speaker atau grill menjadi basah ponsel Anda akan terdengar lucu dan teredam. Ini bukan masalah dan tidak ada kerusakan juga, Anda hanya perlu mencobanya.
Samsung menggunakan pelapis di bagian dalam perangkat untuk menjaga komponen tetap aman. Kemudian, sesuatu yang mereka sebut “tegangan permukaan” untuk mencegah air keluar dari kedua speaker. Jika musik atau pengeras suara Anda terdengar lucu, Anda hanya perlu mengeringkannya. Atau, ketuk dengan lembut di tangan Anda untuk mendorong air keluar dari speaker. Kemungkinan besar tidak ada yang salah dengan ponsel Anda, cukup beri waktu saja.
Kiat bonus: Jangan pernah mengisi baterai telepon Anda saat basah. Biarkan port pengisian daya USB Type-C benar-benar kering sebelum Anda mencolokkan telepon Anda untuk mengisi ulang baterai.
11. Cara Memperbaiki Masalah Baterai Samsung Galaxy S10 Boros dan Cepat Lowbat
Dengan baterai 3,400 mAh yang lebih besar di Galaxy S10 dan paket 4,100 mAh yang lebih besar di S10 +, ponsel ini mendapatkan masa pakai baterai terbaik yang pernah kami lihat. Cukup mengesankan. Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah atau masalah baterai yang perlu diperhatikan.
Pertama, inilah panduan besar kami untuk memperbaiki masalah daya tahan baterai Galaxy S10 yang buruk. Langkah Anda selanjutnya untuk menyelesaikan segala situasi baterai adalah dengan menuju ke Pengaturan> Pemeliharaan Perangkat> Baterai> Penggunaan Baterai untuk melihat apa yang terjadi. Ini memberi Anda perincian terperinci tentang apa yang menggunakan apa, dan bahkan memperlihatkan pengurasan baterai # 1 di bagian atas daftar.
Jika suatu aplikasi mengalami kegagalan fungsi atau keliru, aplikasi akan menggunakan terlalu banyak baterai dan muncul di bagian atas daftar ini. Jika Anda melihat selain Tampilan, layar, Sistem Android, atau OS Android di bagian atas, atau permainan yang baru saja Anda mainkan, maka ada sesuatu yang tidak beres. Nonaktifkan atau instal ulang aplikasi atau layanan apa pun yang menghabiskan lebih banyak baterai dari yang seharusnya.
Plus, kembali pada bulan Maret, pembaruan memperbaiki masalah “tidur nyenyak” bagi mereka yang memiliki ponsel versi Samsung Exynos (terutama model di luar AS). Lalu, pembaruan lain untuk semua model lain tiba dan kami mengharapkan yang lain pada bulan Juli dan sepanjang musim panas.
12. Cara Memperbaiki Masalah Kamera Samsung Galaxy S10 
Sejauh ini kami tidak melihat keluhan besar tentang kamera Galaxy S10, tetapi beberapa pengguna di Reddit menyarankan beberapa masalah kamera yang beredar. Salah satu yang menjadi kamera depan terlalu dekat ketika Anda menggunakan aplikasi di luar aplikasi kamera Samsung. Itu akan dibahas dalam pembaruan yang akan datang, mungkin.
Kami juga melihat laporan bahwa tombol untuk tiga kamera belakang tidak selalu beralih ke lensa tertentu. Saya tidak melihat masalah ini, tetapi jika ya, coba reboot ponsel Anda. Kemudian, pengguna melaporkan pencahayaan yang buruk dan pengalaman video gerakan lambat yang sangat gelap. Fitur 960 FPS slow-mo membutuhkan banyak cahaya untuk pengalaman terbaik, jadi jika Anda mencobanya di dalam ruangan, Anda tidak akan menikmati hasilnya. Itu bukan masalah, itu hanya bagaimana teknologi baru itu bekerja sejauh ini.
13. Reboot Galaxy S10 Anda untuk Memperbaiki Sebagian Besar Masalah
Sebelum kami membagikan tip terakhir kami, cobalah reboot sederhana. Hampir setiap masalah yang kami dengar dari teman, keluarga, atau melihat online dapat dengan cepat diperbaiki dengan me-reboot Galaxy S10 Anda. Serius, sebelum Anda mencoba sesuatu yang utama, reboot ponsel. Tidak menerima pesan teks, reboot ponsel Anda. Suara Anda tidak berfungsi, hidupkan ulang ponsel.
Tekan dan tahan tombol daya di sisi kanan Galaxy S10 Anda, lalu ketuk mulai ulang. Dalam waktu sekitar 1 menit Anda akan siap dan berjalan dengan hampir setiap masalah hilang.
Juga, buka Pengaturan> Pemeliharaan Perangkat> dan ketuk 3-titik di sudut atas dan pilih Auto Restart. Sekarang, pilih waktu dan hari dalam seminggu, seperti hari Rabu jam 4 pagi. Dengan cara ini ponsel Anda akan reboot sekali seminggu di malam hari sehingga kinerjanya tetap yang terbaik, dan masalah adalah hal di masa lalu.
14. Cara Melakukan Factory Reset Samsung Galaxy S10 
Sebagian besar pemilik tidak akan mengalami masalah besar dengan Galaxy S10 atau S10 +. Jika Anda mencoba semua yang kami sebutkan di atas dan memeriksa dengan operator Anda untuk bantuan, kami memiliki satu langkah terakhir yang dapat Anda coba sebelum melihat ke pengganti. Cara terakhir untuk memperbaiki masalah besar adalah melakukan reset data pabrik. Ini akan menghapus semua data pengguna, aplikasi, pesan, dan konten dari telepon. Hanya lakukan ini jika ada masalah serius yang salah dan masalah yang berhenti terjadi.
Ingatlah bahwa Anda ingin membuat cadangan data apa pun sebelum melanjutkan. Buka Pengaturan> Manajemen Umum> dan tekan Reset untuk memulai.
Proses ini hanya akan memakan waktu beberapa menit dan akan mengembalikan perangkat lunak asli yang menyertai ponsel Anda. Pemilik Galaxy S10 dapat menggunakan Samsung SmartSwitch atau Google restore untuk mendapatkan semua aplikasi mereka kembali. Sekali lagi, ini adalah pilihan terakhir jika Anda memiliki masalah besar. Jika ini tidak memperbaikinya, pertimbangkan untuk menghubungi Samsung atau operator Anda untuk telepon pengganti.
Sebagai penutup, inilah yang perlu Anda ketahui tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Samsung Galaxy S10 masih baru beberapa bulan dan menggunakan perangkat lunak baru. Samsung mengeluarkan pembaruan peranti lunak satu hari, memperbaiki masalah dengan pembaruan pada bulan April, Mei, dan Juni, dan kami mengharapkan setidaknya 1-2 pembaruan perbaikan atau perbaikan bug yang sangat penting pada musim panas ini. Karena lebih banyak orang membeli satu dan Samsung mengumpulkan info, mereka akan dengan cepat menyebarkan tambalan untuk memperbaiki masalah apa pun.
Lebih lanjut, Samsung One UI yang berjalan pada Android 9 Pie juga baru. Perusahaan ini kemungkinan menyempurnakan pengalaman itu, yang ada di Galaxy S10 dan perlahan-lahan akan melakukan penyesuaian. Kombinasikan kedua hal yang baru saja kami sebutkan dan pengalaman Galaxy S10 Anda hanya akan meningkatkan bergerak maju.
Pada dasarnya, ketahuilah bahwa beberapa pembaruan akan segera hadir, selain Android Q akhir tahun ini. Untuk saat ini, beri kami komentar di bawah ini jika Anda mengalami masalah besar lainnya dan kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu, atau mencari solusi untuk Anda. Jika tidak, nikmati semua yang ditawarkan ponsel Anda.


Referensi artikel ini dari berbagai blog salah satunya sepatamtekno

You may also like