Home Xiaomi √ Solusi Masalah di Xiaomi Redmi Note 7 Yang Sering Terjadi

√ Solusi Masalah di Xiaomi Redmi Note 7 Yang Sering Terjadi

by Mas Admin
Masalah di Xiaomi Redmi Note 7 – Xiaomi Redmi Note 7 adalah perangkat anggaran luar biasa. Ini mengemas satu set spesifikasi yang solid dan membangun kualitas, yang membuatnya cukup menarik bagi pembeli dalam kisaran harganya.
Seorang teman saya baru-baru ini mendapatkan perangkat ini, dan dia sangat puas dengannya. Dengan mudah ia dapat melewati hari dengan baterai 4000 mAh, dan juga perjalanan yang mulus, berkat RAM 6GB dan Snapdragon 660.
Namun, sama seperti telepon lainnya (termasuk model yang lebih mahal), Redmi Note 7 memiliki masalah kecil sendiri. Sebagian besar terjadi dalam kasus individual, tetapi masih menjadi masalah. Jadi, jika Anda baru-baru ini mengalami masalah dengan Redmi Note 7 baru Anda, saya harap Anda akan menemukan solusi dalam artikel ini.
 Ini mengemas satu set spesifikasi yang solid dan membangun kualitas Solusi Masalah di Xiaomi Redmi Note 7 Yang Sering Terjadi
Masalah seperti layar terlalu sensitif, masalah GPS, masalah Xiaomi Redmi Note 7 boros baterai, masalah pada aplikasi keluar sendiri, masalah Xiaomi Redmi Note 7 cepat panas (overheating), masalah Face Unlock di Redmi Note 7, notifikasi tidak muncul di Xiaomi Redmi Note 7.
Catatan: Semua masalah yang disebutkan dalam artikel ini adalah kasus yang dilaporkan secara terpisah, dan mungkin tidak pernah terjadi pada perangkat lain. 
1. Layar Sentuh Terlalu Sensitif
Hal pertama yang mungkin Anda perhatikan ketika menggunakan Note 7 untuk pertama kalinya adalah tampilannya mungkin lebih sensitif daripada yang Anda dulu gunakan. Ini bukan bug semata, hanya bagaimana tampilan dibuat.
Jadi, benar-benar tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang hal itu, karena tidak ada cara untuk menyesuaikan sensitivitas dengan perangkat lunak. Anda sebenarnya dapat mencoba pelindung layar yang berbeda, tetapi saya tidak yakin seberapa banyak itu akan membantu.
2: Masalah GPS
Dilaporkan, kerusakan GPS merupakan masalah luas pada Catatan 7. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze gagal membuat koneksi dengan layanan GPS, yang pada dasarnya menjadikannya tidak dapat digunakan.
Untungnya, Anda tidak berdaya dalam menyelesaikan masalah ini. Solusi pertama yang saya pikirkan adalah menjaga versi MIUI Anda tetap mutakhir dengan mengupdatenya. Xiaomi akhirnya akan merilis perbaikan (jika belum), dan masalah akan hilang.
Tetapi jika masalahnya tetap ada, bahkan dengan versi MIUI terbaru yang diinstal pada ponsel Anda, ada langkah tambahan yang saya temukan di forum MIUI yang dapat Anda coba. Inilah yang perlu Anda lakukan:
  • Buka Pengaturan > Aplikasi Ganda.
  • Aktifkan layanan Google.
  • Beralih pada aplikasi yang memiliki masalah (Uber, Waze, dll.)
  • Sekarang, buka aplikasi Keamanan.
  • Ketuk ikon Baterai.
  • Ketuk Buka Pengaturan di bawah Penghemat Baterai Aplikasi.
  • Klik Google Maps / Waze / dll.
  • Pilih Tidak Ada batasan.

Version ganda dari aplikasi yang dipilih akan muncul di Layar Beranda Anda. Gunakan versi ini hingga Xiaomi memperbaiki masalah GPS dengan pembaruan.
Ingatlah bahwa metode ini hanya berfungsi pada aplikasi pihak ketiga seperti Uber atau Waze. Berarti Anda tidak dapat menggunakan Aplikasi Ganda untuk membuat GPS berfungsi di aplikasi Google seperti Google Maps. Untuk aplikasi ini, Anda harus menunggu Xiaomi merilis pembaruan.
3. Baterai Xiaomi Redmi Note 7 Boros dan Cepat Lowbat
Redmi Note 7 menawarkan kapasitas baterai yang hebat, yang berada di posisi teratas di kelasnya. Tapi ketika datang ke penggunaan kehidupan nyata, masa pakai baterai menjadi masalah seiring penggunaan. Untuk beberapa pengguna yang banyak menggunakan aplikasi harus berurusan dengan masalah baterai boros di Redmi Note7. Apalagi jika menggunakan terlalu lama untuk bermain game dan menonton video, akan secara drastis mempersingkat masa pakai baterai.
Karena biasanya baterai menguras daya pada ponsel baru, penyebabnya tidak diketahui. Ini bisa menjadi masalah perangkat lunak yang disebabkan oleh pembaruan baru-baru ini, atau masalahnya mungkin ada di pihak Anda.
Menurut forum, itu mungkin bukan kesalahan Anda, karena versi MIUI Anda saat ini menghabiskan lebih banyak baterai daripada yang seharusnya. Anda dapat menebaknya, solusinya adalah menunggu pembaruan yang (semoga) akan meningkatkan masa pakai baterai.
Saat Anda menunggu pembaruan penyelamatan itu, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk meningkatkan masa pakai baterai:
  • Copot aplikasi yang menghabiskan baterai. Periksa penggunaan baterai per aplikasi dengan masuk ke Pengaturan> Baterai & kinerja> Penggunaan daya.
  • Matikan animasi sistem: Pengaturan> Pengaturan tambahan> Aksesibilitas> Hapus animasi.
  • Batasi proses aplikasi latar belakang: Pengaturan> Pengaturan tambahan> Opsi pengembang> Batas proses latar belakang> kurangi jumlah proses latar belakang.
  • Nonaktifkan kecerahan otomatis: Pengaturan> Tampilan> Tingkat kecerahan> nonaktifkan kecerahan otomatis dan sesuaikan secara manual.

4. Aplikasi latar belakang ditutup
Meskipun solusi sebelumnya bermanfaat untuk memperpanjang masa pakai baterai pada Note 7 Anda, mereka juga memerlukan kompromi. Karena Anda tidak dapat memiliki satu hal tanpa mengorbankan yang lain. Xiaomi mengetahui hal ini, sehingga perusahaan sebenarnya melakukan beberapa upaya untuk mengotomatisasi “proses pengorbanan” itu dan membuat manajemen daya lebih mudah bagi pengguna. Begitulah fitur yang disebut optimasi MIUI diperkenalkan.
Fitur ini secara otomatis membatasi proses tertentu pada ponsel Anda, untuk memperpanjang usia baterai sekaligus menghilangkan kebutuhan untuk setiap tweak pada akhir pengguna. Tentu, Optimasi MIUI meningkatkan manajemen daya, tetapi kompromi terkadang terlalu besar untuk ditanggung pengguna.
Dalam kasus Note 7, fitur optimisasi MIUI tampaknya secara otomatis menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Biasanya, itu seharusnya tidak mengganggu Anda, tetapi jika aplikasi yang Anda gunakan terus-menerus ditutup, Anda mungkin ingin ini berhenti terjadi.
Solusi yang jelas untuk ini adalah menonaktifkan fitur MIUI Optimization. Ya, menonaktifkannya akan sedikit menyusutkan masa pakai baterai, tetapi Anda mungkin tidak akan menyadari perbedaannya. Apa yang membuat kasus untuk menonaktifkan fitur ini menjadi lebih kuat adalah laporan Optimasi MIUI yang mengganggu beberapa aplikasi berbasis non-MIUI, yang pada akhirnya menyebabkan lebih banyak masalah, seperti yang disebutkan dalam posting forum ini.
Untuk menonaktifkan Pengoptimalan MIUI, Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan opsi Pengembang, buka Pengaturan> Tentang Telepon> ketuk versi MIUI 7 kali, hingga muncul pesan yang mengatakan “Sekarang Anda adalah pengembang!”
Sekarang kami memiliki akses ke opsi Pengembang, inilah cara menonaktifkan Pengoptimalan MIUI:
  • Pergi ke pengaturan.
  • Buka Pengaturan tambahan> Opsi pengembang.
  • Temukan Optimasi MIUI, dan nonaktifkan.

5. Face unlock tidak berfungsi
Yang ini setua teknologi face unlocking di ponsel Xiaomi. Dan jawaban untuk pertanyaan “mengapa saya tidak bisa menggunakan fitur Face unlock pada ponsel Xiaomi baru saya” selalu sama. Itu tidak tersedia di wilayah Anda!
Buka kunci wajah dibatasi di sebagian besar wilayah dunia. Beberapa wilayah akan mendapatkan fitur ini dengan pembaruan sistem di masa mendatang, beberapa tidak akan. Jadi, jika Anda berada di wilayah yang tidak didukung, tetapi masih ingin dapat membuka kunci ponsel dengan wajah Anda, satu-satunya solusi adalah beralih ke wilayah yang didukung.
Taruhan terbaik Anda, dalam hal ini, adalah Hong Kong, karena Face Unlock pada Redmi Note 7 dikonfirmasi berfungsi di wilayah ini. Untuk mengubah wilayah ponsel Anda, buka Pengaturan> Pengaturan Tambahan> Wilayah, dan atur ke Hong Kong.
6. Masalah Xiaomi Redmi Note 7 Cepat Panas (Overheating)
Masalah ini sering muncul dan penyebabnya banyak dikarenakan oleh cara penggunaan perangkat atau aplikasi yang terpasang, berikut ini tips untuk mengatasi Xiaomi Redmi Note 7 cepat panas atau overheating:
  • Tutup aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang Xiaomi Redmi Note7, karena biasanya ini yang menjadi penyebab perangkat Anda cepat panas.
  • Jika mungkin Xiaomi Redmi Note 7 cepat panas saat mengisi daya, maka coba gunakan kabel pengisi daya asli dan coba gunakan kabel lain.
  • Instal aplikasi yang dapat mengontrol suhu baterai Xiaomi Redmi Note 7. 
  • Jika suhu lingkungan terlalu tinggi, maka tutup aplikasi dan jauhkan Xiaomi Redmi Note 7 Anda dari matahari selama didinginkan.
  • Jangan banyak menggunakan perangkat bermain game berlama-lama dan menonton video streaming.

6: Notifikasi Pemberitahuan Tidak Muncul di Redmi Note 7
Dan akhirnya, masalah yang biasa terjadi pada banyak ponsel Xiaomi. Anda mungkin merasa sangat menjengkelkan bahwa pemberitahuan hanya muncul sebentar di bilah di sebelah jam, dan segera menghilang.
Ini bahkan tidak akan masuk ke daftar masalah jika Note 7 memiliki kedudukan yang sangat besar. Tidak cukup ruang untuk ikon tambahan. Tetapi karena Note 7 memiliki notch teardrop, ada banyak ruang tersisa untuk notifikasi.
Rupanya, versi MIUI saat ini (10.3.6 pada saat penulisan) tidak dioptimalkan dengan baik untuk berbagai ukuran takik. Jadi, polanya tetap sama, terlepas dari apakah ponsel Anda memiliki takik raksasa, atau hanya tetesan air mata.
Ada rumor MIUI 11 akan memperbaiki ketidaknyamanan ini. Jadi, satu-satunya yang tersisa bagi Anda adalah menanggung ikon yang menghilang, dan berharap versi sistem berikutnya (diharapkan dalam satu atau dua bulan) akan berurusan dengan ini.
Itu saja. kami tentu berharap artikel ini membantu Anda menyelesaikan (atau setidaknya lebih memahami) masalah Anda dengan perangkat Xiaomi Note 7. Jika Anda memiliki komentar, pertanyaan atau saran, cukup tulis di komentar di bawah ini.


Referensi artikel ini dari berbagai blog salah satunya sepatamtekno

You may also like