Home Samsung √ Tips Mengatasi Samsung Galaxy S10 Boros Baterai Cepat Lowbat

√ Tips Mengatasi Samsung Galaxy S10 Boros Baterai Cepat Lowbat

by Mas Admin
Baterai Boros di Samsung Galaxy S10 – Jika Anda mengalami masalah baterai Samsung S10 atau ponsel Anda tidak tahan lama cepat lowbat, di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa tips untuk mengatasi Samsung S10 boros baterai. Trik atau pengaturan ini dapat meningkatkan kinerja baterai Samsung S10, S10 + dan Galaxy S10e Anda agar tidak boros dan cepat lowbat.
Berkat baterai 3.400 mAh yang lebih besar di Galaxy S10 dan sel 4.100 mAh yang sangat besar di Galaxy S10 + perusahaan mengklaim pengguna dapat berharap “baterai sepanjang hari”. Sejauh ini kami melihat hasil penggunaan yang sangat mengesankan, tetapi daya tahan baterai menurun seiring waktu dan selalu bisa sedikit lebih baik. Jadi, berikut adalah beberapa opsi dan tips untuk membuat Galaxy S10 Anda bertahan selama mungkin.
 Jika Anda mengalami masalah baterai Samsung S Tips Mengatasi Samsung Galaxy S10 Boros Baterai Cepat Lowbat
Cara Mengatasi Masalah Baterai Boros di Samsung Galaxy S10
Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa masa pakai baterai S10 Anda akan meningkat seiring waktu karena bertambahnya aplikasi. Itu karena ketika Anda pertama kali mendapatkan ponsel baru Anda menggunakannya lebih dari biasanya, belum lagi perangkat lunak Samsung akan belajar dari kebiasaan penggunaan Anda dan “mengoptimalkan masa pakai baterai berdasarkan penggunaan”. Kemudian, panduan ini akan membantu Anda meningkatkan berbagai hal lebih lanjut dan mencegah masalah. Selain itu, pembaruan Galaxy S10 bulan Maret dan Juni 2020 yang terbaru memiliki peningkatan baterai. Mari kita mulai.
Periksa Aplikasi yang Menggunakan Baterai Terlalu Banyak
Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memeriksa aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai atau mengalami kesalahan fungsi. Ini bisa berupa ketidakcocokan perangkat lunak, kesalahan, atau hanya kejadian acak, dan itu bisa sering terjadi. Jika Anda memiliki masalah dengan baterai Galaxy S10, awasi aplikasi yang sedang berjalan di menu pengaturan. Cari lingkaran oranye kecil pada tombol pengaturan, yang akan menandakan bahwa ada sesuatu yang salah.
Jika Anda menggunakan banyak aplikasi, itu akan menghabiskan baterai Anda. Atau, widget yang selalu memeriksa cuaca akan banyak digunakan juga. Pada saat yang sama, beberapa situasi terjadi ketika aplikasi menggunakan jumlah yang tidak normal, dan itu masalah. Ini bisa berupa aplikasi Samsung atau yang Anda unduh dari Play Store. Kami sering melihat ini dengan Facebook, Snapchat, atau aplikasi Oculus VR Samsung yang sudah diinstal sebelumnya.
Dalam tangkapan layar kami di atas, Anda akan melihat betapa hebatnya masa pakai baterai Galaxy S10 atau S10 +. Jujur, saya tidak pernah memiliki ponsel mendapatkan 8 jam “layar tepat waktu” dari penggunaan biasa mati dan hidup sepanjang hari. Jika Anda tidak rata-rata setidaknya 6 jam “waktu layar” ada sesuatu yang tidak beres. Buka Pengaturan> Perawatan Perangkat> Baterai> Penggunaan Baterai untuk melihat apa yang terjadi.
Anda akan melihat layar atau tampilan di atas, seperti gambar kami di sebelah kiri, bersama dengan OS Android atau Sistem Android. Jika ada hal lain di atas, itu buruk. Copot pemasangan aplikasi, reboot ponsel Anda, atau periksa aplikasi untuk melihat apa yang terjadi. Ketika sebagian besar ponsel hampir tidak bertahan sehari atau membutuhkan biaya pada pukul 15:00, Galaxy S10 Plus dapat dengan mudah digunakan hingga besok sore atau malam hari.
Reboot Galaxy S10 Anda Untuk Meningkatkan Umur Baterai
Saran berikutnya ini mungkin terdengar konyol, tetapi Anda akan kagum dengan seberapa sering reboot sederhana memperbaiki setiap dan semua masalah atau meningkatkan masa pakai baterai. Selain itu, kebanyakan orang tidak berpikir untuk me-reboot telepon jika baterai terlalu cepat habis, tetapi Anda harus melakukannya.
Samsung memiliki pengaturan yang secara otomatis akan me-reboot ponsel Anda seminggu sekali, pada malam hari. Buka Pengaturan> Perawatan Perangkat> Ketuk 3-titik di atas> dan pilih Auto restart. Anda dapat memilih hari dalam seminggu, waktu (seperti jam 3 pagi) dan hal-hal lainnya.
Melakukan hal ini akan mengoptimalkan kinerja dengan memulai ulang perangkat setiap minggu dan memberikannya awal yang baru. Jangan pergi berminggu-minggu atau berbulan-bulan di antara reboot. Tekan dan tahan tombol daya dan ketuk restart. Ini cara termudah untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan baterai.
Nonaktifkan Tampilan Selalu Aktif (Always On Display)
Seperti yang Anda lihat di atas dan seperti yang diharapkan, layar 6,1 atau 6,4 inci yang besar itu adalah penguras baterai # 1 untuk Galaxy S10. Dan sementara kebanyakan orang menyukai fitur tampilan Selalu Aktif, mematikannya dapat meningkatkan masa pakai baterai. Jam kecil, tanggal, notifikasi dan level baterai di layar setiap saat, bahkan ketika layar mati, adalah fitur AOD.
Samsung mengklaim layar selalu aktif hanya menggunakan baterai 5% selama 8 jam kerja penuh. Jadi meski ada perbedaan kecil, jika Anda mencari setiap keuntungan yang mungkin, matikan. Buka Pengaturan> Kunci layar> dan nonaktifkan tampilan Selalu Aktif.
Pertama, pergi ke Pengaturan> Tampilan> dan gulir ke bawah dan balikkan sakelar sentuh tak disengaja ke aktif. Kemudian, buka Pengaturan> Fitur Lanjutan> Gerakan & gerakan> dan nonaktifkan Angkat untuk Bangun bersamaan dengan mematikan fitur Ketuk dua kali untuk Bangun. Jelas, menonaktifkan fitur yang rapi dan berguna bukanlah hal yang ideal, tetapi itu hanya sementara sampai Samsung memperbaiki masalah ini.
Gunakan Wallpaper Hitam (dan Mode Malam)
Samsung One UI yang berjalan pada Android 9 Pie memperkenalkan Mode Gelap baru yang kuat yang bekerja di seluruh pengalaman perangkat lunak. Untuk peningkatan daya tahan baterai 1-2 jam pada Galaxy S10 Anda, aktifkan mode Malam. Buka Pengaturan> Tampilan> dan opsi ke-4 adalah mode Malam. Cobalah.
Meskipun kami membahas topik tampilan, tahukah Anda menggunakan wallpaper gelap atau hitam membuat perbedaan besar? Ingat, setiap sedikit membantu. Teknologi layar AMOLED Samsung berbeda dari tampilan LCD pada umumnya. Lebih mudah dan lebih efisien untuk menampilkan hitam, daripada warna dan piksel tidak perlu dihidupkan secara individu – atau setinggi – untuk menampilkan gambar hitam. Dan saat layar menjadi penguras baterai terbesar, perubahan seperti ini membuat dampak besar pada daya tahan baterai Galaxy S10. Sama-sama.
Matikan Fitur yang Tidak Perlu / Gunakan
Seperti yang kami katakan sebelumnya, ponsel Samsung memiliki banyak fitur perangkat lunak. Beberapa dari mereka sangat membantu, tetapi kebanyakan dari mereka membuang-buang baterai tanpa alasan, dan Anda tidak akan pernah menggunakannya. Kita berbicara tentang Panel Tepi, Pencahayaan Tepi, atau semua gerakan dan “fitur” kontrol gesek telapak tangan.
Buka Pengaturan> Fitur Lanjutan> dan mulai mematikan semuanya. Kami menyarankan menonaktifkan Smart Capture, Palm Swipe Capture, Panggilan Langsung, Easy Mute, Smart Stay, dan lainnya. Ini semua membutuhkan daya dan sensor di dalam ponsel untuk hal-hal yang jarang kita gunakan.
Anda dapat menggeser tangan Anda ke atas layar untuk mengambil tangkapan layar. Atau, Smart Stay akan menjaga layar menyala selama Anda melihatnya, dan redup ketika Anda memalingkan muka. Gunakan ini jika Anda mau, jika tidak matikan.
 Jika Anda mengalami masalah baterai Samsung S Tips Mengatasi Samsung Galaxy S10 Boros Baterai Cepat Lowbat
Tweak WiFi, GPS, Carrier & Pengaturan Bluetooth
Sebagian besar pengguna cerdas tahu bahwa WiFi akan membantu ponsel Anda lebih lama, tetapi banyak orang tidak tahu tip cepat ini. Saat Anda di rumah, selalu terhubung ke WiFi rumah Anda alih-alih Verizon atau T-Mobile 4G LTE. Ini membuat perbedaan yang signifikan dalam berapa lama ponsel Anda bertahan, terutama di malam hari.
Karena itu, jika Anda tidak menggunakan WiFi atau Bluetooth sama sekali, matikan. Sementara WiFi umumnya meningkatkan masa pakai baterai, jika Anda tidak menggunakannya tetapi terus-menerus berusaha mencari dan terhubung ke jaringan, Anda akan mendapatkan baterai Galaxy S10 + rusak. Hal yang sama berlaku untuk Bluetooth dan GPS.
Baik itu Google Maps atau Facebook Messenger yang berusaha menemukan lokasi Anda, GPS sangat menguras baterai. Beberapa aplikasi dan game tidak berfungsi tanpa GPS, dan Maps tidak seakurat itu, tetapi secara substansial dapat meningkatkan masa pakai baterai jika Anda mematikan GPS. Buka Pengaturan> Privasi & keselamatan> Lokasi> dan pilih Metode Lokasi, lalu pilih “Penghemat Baterai” atau opsi WiFi tengah dan Jaringan seluler.
Tonton Layar Anda Kecerahan & Timer Tidur
Studi menunjukkan bahwa rata-rata pengguna menyalakan ponselnya lebih dari 140+ kali sehari. Biasanya hanya untuk mengecek waktu, tanggal, atau notifikasi. Dan sementara layar selalu aktif akan mengurangi itu, Anda masih membangunkan layar setiap hari. Kemudian, setelah Anda selesai memeriksa pemberitahuan itu, Anda mungkin hanya meletakkan telepon, dan layar tetap menyala selama 1, 2, atau bahkan 5 menit sampai mati. Ini dikenal sebagai Sleep Timer dan mengubahnya menjadi 30 detik dapat menghemat satu ton baterai.
Samsung menyebut ini “batas waktu layar” yang merupakan berapa lama ponsel tetap hidup setelah setiap kali digunakan sebelum layar redup dan mati dengan sendirinya. Kami merekomendasikan paling banyak 30 detik atau 1 menit.
Kemudian, buka Pengaturan> Tampilan> Kecerahan dan turunkan kecerahan ke sekitar 35% atau lebih. Meninggalkan S10 dengan kecerahan otomatis tidak membantu Anda dengan daya tahan baterai. Layarnya sudah cukup terang, jadi matikan kecuali Anda berada di luar daripada membiarkan perangkat lunak mengubahnya sepanjang hari.
Gunakan Penghemat Baterai atau Mode Hemat Daya
Samsung memiliki sistem optimalisasi baterai baru yang kuat pada Galaxy S10 dan pengalaman perangkat lunak One UI-nya. Selanjutnya, Google menambahkan banyak tweak di Android 9 Pie. Gabungkan keduanya dan itulah mengapa Galaxy S10 memiliki daya tahan baterai yang cukup bagus. Namun, jika Anda mengalami masalah atau menginginkannya menjadi lebih baik, gunakan mode penghemat baterai, mode hemat daya, atau unduh beberapa aplikasi untuk menyempurnakan penggunaan Anda.
Di bawah Pengaturan> Perawatan Perangkat> Baterai Anda akan menemukan beberapa mode Daya. Ini akan mengubah kecerahan dan resolusi layar atau bahkan memperlambat prosesor untuk memperpanjang usia baterai sepanjang hari. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.
Di bagian bawah adalah penghematan daya Adaptif baru yang secara otomatis akan menyesuaikan hal-hal seperti baterai dan kinerja berdasarkan pola penggunaan Anda. Ini sebenarnya sangat berguna, dan itu di atas optimasi Samsung sendiri. Cobalah keduanya jika Anda sedang menghadapi masalah.
Pada akhirnya, tidak semua orang menggunakan telepon mereka sama sehingga hasil, jarak tempuh, dan daya tahan baterai akan berbeda untuk semua orang. Kiat kami hanya akan membantu Anda memperbaiki masalah atau memperpanjang usia baterai. Selain itu, kami menyarankan pengguna mencoba aplikasi BetteryBatteryStats karena dapat membantu lebih jauh. Aplikasi ini menunjukkan kepada Anda aplikasi apa yang menggunakan apa, menyoroti masalah, dan akan memberi Anda lebih banyak wawasan tentang kebiasaan penggunaan Anda.
Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah Bixby, asisten virtual Samsung. Jangan gunakan perintah bangun yang selalu mendengarkan, karena satu hal lagi yang selalu aktif dan mendengarkan. 
Itulah tips untuk meningkatkan kinerja baterai Samsung Galaxy S10 Anda agar tidak boros dan cepat lowbat, semoga panduan ini bisa membantu Anda mengatasi permasalahan seputar baterai pada perangkat yang Anda gunakan.


Referensi artikel ini dari berbagai blog salah satunya sepatamtekno

You may also like