Home / Tips & Trik / 10 Ekstensi Chrome Yang Dapat Digunakan Secara Gratis

10 Ekstensi Chrome Yang Dapat Digunakan Secara Gratis

Browser apa yang sobat gunakan untuk berselancar  di dunia maya? pasti kebanyakan menjawab browser Chrome dan Firefox.

Hal ini wajar, karena Chrome dan Firefox memiliki perkembangan yang tinggi baik dari segi trend, kemudahan pemakaian dan ketersediaan ekstensi yang meningkatkan kemampuan  browser.

Kali ini Saya akan memberitahu ekstensi untuk Chrome yang bisa sobat gunakan untuk meningkatkan kemampuan browser Chrome sobat, berikut ini ekstensi-nya :

Check My Links

Check My Links ini berfungsi untuk memeriksa semua link yang ada pada sebuah website, apakah link tersebut masih tersedia atau sudah dirubah alamat linknya ataupun dihapus. Ekstensi ini akan mengecek semua link yang berada di sebuah website satu per satu kemudian memberi warna latar belakang hijau pada link yang masih tersedia dan memberi warna latar belakang  merah apabila link tersebut dirubah alamat linknya atau dihapus. Selain itu daftar link yang sudah di cek oleh Check My Links dapat diakses pada riwayat Chrome.

Color Zilla

Color Zilla berfungsi untuk membantu sobat mendapatkan kode warna dari sebuah website. Cara menggunakannya yaitu dengan mengaktifkan ekstensi tersebut lalu arahkan kursor pada bagian warna yang ingin diambil, jika sudah klik bagian warna tersebut maka kode akan langsung tersalin ke clipboard. Selain itu sobat juga dapat memilih warna dari palet yang sudah disediakan oleh Color Zilla.

Clear Cache

Mungkin sobat pernah mengalami ketika membuat template website kemudian ingin merubahnya lagi, maka setelah di buka di browser perubahan tampilan website tidak langsung terlihat perubahannya, hal seperti ini disebabkan oleh cache. Dengan ekstensi Clear Cache ini sobat dapat membersihkan cache pada browser dengan beberapa klik saja. Sobat juga dapat menggunakan ekstensi ini untuk membersihkan cookies, download, history, dan lain-lainnya.

Baca :  Cara Menyimpan Foto Instagram

JSONView

Ekstensi JSONView ini membantu sobat dalam merapihkan tampilan JSON agar lebih mudah dibaca. Tampilan yang rapi memudahkan sobat dalam proses debugging, selain itu ekstensi ini juga memberitahu sobat apabila ada bagian format JSON yang tidak valid.

IE Tab

Seringkali ketika sobat telah selesai membuat template website, sobat harus mengecek terlebih dahulu kompatibilitas pada browser Internet Explorer sebelum digunakan, karena setiap versi Internet Explorer memiliki perbedaan fitur. Dengan menggunakan ekstensi IE Tab sobat dapat mengecek kompatibilitas template website pada semua versi browser Internet Explorer tanpa perlu memasang semua versi Internet Explorer di komputer sobat.

Code Cola

Kamu ingin menerapkan fitur CSS3 pada template website sobat, tapi seringkali masih bingung dengan format penulisannya. Coba pakai ekstensi Code Cola, karena dengan ekstensi ini sobat dapat menerapkan fitur CSS termasuk CSS3 pada template website sobat dengan cara tahan dan geser.

Web Developer

Dengan menggunakan ekstensi Web Developer ini sobat sudah bisa mendapatkan semua fitur yang kamu perlukan untuk memanipulasi atau mengetes website sobat, mulai dari memanipulasi JavaScript, CSS, cookies, gambar, ukuran tampilan layar, menganalisis struktur markup hingga memvalidasi kode.

Nimbus Screenshot

Ekstensi Nimbus Screenshot ini berfungsi untuk menangkap tampilan layar pada sebuah website, baik keseluruhan halaman website ataupun bagian tertentu saja yang diinginkan. Selain itu sobat juga bisa menambahkan catatan atau tulisan yang diperlukan pada gambar sebelum disimpan.

Corporate Ipsum

Seringkali sobat harus menyiapkan Dummy Content pada saat membuat template. Biasanya contoh teks yang dibuat adalah Lorem Ipsum Dolor dan sebagainnya. Dengan ekstensi Corporate Ipsum ini sobat dapat membuat contoh teks yang dapat dibaca dan terlihat seperti konten asli, hingga maksimum 500 kata.

Baca :  Cara Copy Tulisan Artikel Yang Di Block

Wappalyzer

Wappalyzer adalah ekstensi untuk memeriksa teknologi yang digunakan untuk membangun website. Misalnya seperti CMS yang digunakan, bingkai kerja JavaScript, CSS dan lain-lainnya.

Strict Workflow

Jika sobat lagi fokus belajar, namun sobat malah tergoda dengan hal lain seperti ingin menonton Video di YouTube atau ingin membuka situs media sosial. Nah ini menjadikan sobat tidak fokus belajar, untuk mencegahnya sobat bisa memasang ekstensi Strict Workflow. Ekstensi ini memungkinkan sobat memblokir situs-situs yang berpotensi mengganggu kosenterasi sobat. Ekstensi ini bisa sobat atur sendiri situs-situs yang ingin sobat blokir dan menentukan waktu belajar dan istirahat.

Memorize

Belajar itu dipahami bukan dihafal, masih ingatkan dengan kata-kata tersebut. Namun sayangnya ada beberapa pelajaran yang harus menggunakan daya ingat. Nah, dengan ekstensi Memorize sobat bisa membantu memahami hafalan biar bisa nempel dikepala sobat. Sobat bisa memasukkan beberapa pertanyaan, kemudian mengatur waktu kapan pertanyaan ini akan muncul untuk nantinya dijawab sendiri oleh sobat.

Readability

Sesuai namanya Readability ini memungkinkan sobat belajar pada materi konten yang sedang sobat baca. Ya, seperti ekstensi AdBlock, karena ekstensi ini memblokir iklan, widget dan lainnya. Selain tampil bersih, sobat juga bisa hemat kuota internet sobat.

Google Dictionary

Bisa dibilang ekstensi Google Dictionary ini merupakan ekstensi yang wajib dimiliki oleh setiap pelajar. Dengan ini sobat tidak harus lagi mencari kata-kata yang tidak sobat ketahui artinya. Caranya cukup klik dua kali pada kata tersebut, maka informasi yang terkait dari kata tersebut akan muncul.

My Study Life

Bagi para pelajar yang sibuk, banyak tugas, banyak aktivitas seperti les privat, tugas kelompok hingga kegiatan ekstrakulikuler. Nah, dengan ekstensi My study Life ini sobat dapat menggunakannya jika sering lupa akan jadwal kegiatan. Jadi dengan ekstensi ini sobat dengan mudah menjadwalkan berbagai kegiatan seperti tugas, les, ujian dan lain-lainnya. Selain itu ekstensi ini juga akan memberitahukan nontifikasi dilayar jika sudah memasuki waktu yang ditetapkan pada jadwal. Bahkan sobat bisa mengatur nontifikasi yang tampil hingga mengatur pesan suara untuk memperingatkan sobat.

Baca :  5 Aplikasi Web Server Yang Dapat Digunakan Secara Gratis

Itulah beberapa ekstensi Chrome yang sobat dapat gunakan dan selamat mengunduh…

About xenodochial-rhodes