Home Gadget 4 Tutorial Mengatasi Storage Space Running Out di HP Android

4 Tutorial Mengatasi Storage Space Running Out di HP Android

by Mas Admin

Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” di Android Pada umumnya perangkat gadget yang beredar dipasaran hanya terdapat memory internal yang kecil, cukup hanya sedikit perangkat saja yang relatif penyimpanannya besar tenamun harganya pun juga mahal.

Apabila pengguna gadget ingin mengupgrade memory, tentu saja dapat dengan mendatangi pakar ahli smartphone, kamu dapat menaikkannya mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 32 GB sampai 64GB. (Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh di HP)

 Pada umumnya perangkat gadget yang beredar dipasaran hanya terdapat memory internal yang  4 Tutorial Mengatasi Storage Space Running Out di HP Android

Bagi kamu yang selalu bermasalah pada sistem android yang error sesampai kemudian muncul pesan “Storage Space Running Out” atau kalau diartikan penyimpanan memori hampir penuh, dipastikan kamu bingung bagaimana untuk memperbaiki masalah tersebut,

dari notifikasi tersebut sudah terang bahwa memory hp kamu tak ada lagi ruang kosong atau sudah tak mampu untuk menampung kapasitas lagi. (Baca Juga : Cara Mengatasi “Unfortunately, The Process com.android.phone Has Stopped” di Handphone)

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka semua sistem yang berjalan dibelakang layar juga akan mempengaruhi kinerja hp, yang dimana handphone keadminngan kamu akan berjalan lambat, baik dalam proses download atau pun loading ketika buka sesuatu aplikasi. (Baca Juga : 5 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Parah)

Mengatasi Notifikasi Storage Space Running Out di Android

Untuk hal ini, kami akan beberkan sedikit tips yang cukup dapat kamu coba untuk memperbaiki masalah tersebut, penasaran bagaimana metodenya? yuk, langsung aja baca ulasan dibawah ini.

1. Hapus File Cache Android

Dengan menghapus file cache, maka sistem akan berkurang daya kerja yang dapat memakan daya baterai berlebihan, semakin berkurang cache yang menumpuk semakin bagus sistem bekerja.

Pada dasarnya smartphone apapun pasti terdapat file cache, yang dimana file cache ini sangat berguna untuk menciptakan loading semakin optimal ketika kamu membuka suatu aplikasi, tenamun kalau disupayakan sampai menumpuk justru sangat berbahaya, apalagi kalau sudah sampai ratusan MB.

Untuk itu cobalah hapus sedikit cache pada aplikasi yang memakan file cachenya kaya (Bukan hapus aplikasinya, tenamun file cache yang ada di aplikasi tersebut).

Untuk menghapus file cache dapat menggunakan bantuan aplikasi bawaan seperti hp xiaomi yang sudah ada atau dapat juga dari playstore yang harus kamu download terlebih dahulu, tenamun dapat juga dengan cara manual, berikut caranya. (Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dari Handphone)

  • Buka Menu Pengaturan atau Settings – Aplikasi – pilih Unduhan – cari aplikasi apa saja – lalu pilih Hapus Cache.

Untuk sebagai contoh diatas, kami menggunakan versi sistem androidnya yang sudah Lollipop v5.1.1, apabila berbeda tinggal kamu sesuaikan saja kata-kata diatas ya!.

2. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Walaupun aplikasi jarang dipakai, ia tetap masih berjalan sistemnya dibackground. Misalnya kamu punya games kaya, kamu hapus saja games yang kurang seru sebab games cukup berat dalam memakan kapasitas memory, walaupun hanya sedikit MB, apalagi kalau sudah dijalankan aplikasi games tersebut pasti akan menciptakan handphone kita menahan daya kerja yang tengah berproses pada sistem aplikasi tersebut.

Atau kamu juga dapat menambah atau mengupgrade kapasitas memory internal, supaya lebih bagusnya lagi, dibantu dengan memory eksternal yang kapasitasnya cukup besar, misalnya 16GB atau 32GB.

Tenamun apabila kamu ingin menghapus aplikasi yang tak berguna saja, kamu dapat ikuti cara yang satu ini, walaupun berbeda kata-katanya tinggal dipahami lalu terapkan, sebab kami mencontohinya dengan sistem androidnya lollipop v5.1.1.
  • Buka menu Pengaturan atau Settings – Aplikasi – pilih Unduhan – cari aplikasi yang kamu anggap sudah tak berguna lagi – Copot Pemasangan.

3. Hapus Data Aplikasi Tertentu

Langkah ketiga yang dapat kamu coba merupakan dengan menghapus data aplikasi, sebab selain cache kamu juga harus menghapus data seperti data login, cache, basis data, settings dan sebagainya. Dengan metode ini maka aplikasi akan kembali lagi ke default, maksudnya seperti baru install aplikasi yang harus login akun terlebih dahulu, dengan begitu dijamin memori internal kamu akan terdapat daya kosong sebagian.
  • Buka menu Settings atau Pengaturan – Aplikasi – pilih Unduhan – cari aplikasinya – kemudian pilih Paksa Berhenti dan Hapus Data.

4. Pindahkan Aplikasi dari Penyimpanan Internal ke Eksternal

Selain menggunakan metode-metode diatas, kamu juga dapat mempindahkan daya simpan aplikasi yang ada di internal ke memory eksternal, dan cara ini pastinya dapat dilakukan pada sistem androidnya yang sudah Kitkat keatas.

Tenamun ada juga sedikit aplikasi yang tak dapat dipindahkan ke memory eksternal, hal itu disebabkan memory eksternalnya kurang bagus, jadi cari generasi yang terbaru. Dan cara ini juga tak akan menciptakan akun-akun yang ada di aplikasi tersebut terhapus, misalnya seperti WhatsApp, maka kontaknya tak akan hilang alias masih utuh.

  • Buka menu Settings atau Pengaturan – Aplikasi – pilih Unduhan – cari aplikasi yang ingin dipindahkan penyimpanannya – lalu pilih Pindahkan ke Kartu SD atau ke Penyimpanan Eksternal.

Dengan menerapkan langkah-langkah diatas, semoga dapat diatasi dengan baik. Dan cara yang paling ampuh lagi, saran kami di upgrade saja memori internal pada handphone keadminnganmu. Mungkin itu saja cara mengatasi storage space running out, selamat untuk mencobanya yaa teman-teman.

You may also like

×