Home Fitur Windows 5 Fitur Menarik di Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

5 Fitur Menarik di Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

by Mas Admin
 fitur yang telah diperbaharui ataupun ditambah 5 Fitur Menarik di Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

5 Fitur Menarik di Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui – Windows 10, merupakan kelanjutan dari Windows – Windows sebelumnya, seperti Windows XP, Vista, 7, 8 dan sejenisnya. Di Windows 10, sudah ada beragam fitur – fitur yang telah diperbaharui ataupun ditambah. Sebagaimana fitur perekam layar.

Di Windows 10, kamu dapat menggunakan fitur yang satu ini tanpa harus mendownload software lagi.

Bagaimana sih cara menggunakan fitur tersebut ?
Sebelumnya, mari kita bahas seputar Windows 10 ini dahulu.
Windows 10, merupakan salah satu dari kaya Windows yang telah dirilis oleh Microsoft yang diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014 dan dirilis pada tanggal 29 Juli 2019.

Tujuan dari adanya Windows 10 ini merupakan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna yang pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8.
Nah, setelah mengetahui sedikit tentang Windows 10, berikut merupakan fitur – fitur menarik yang ada di Windows 10 :


1. Screen Recorder

Screen Recorder atau perekam layar, merupakan salah satu fitur yang ada di Windows 10 yang patut kamu coba. Kamu dapat dengan mudah merekam aktivitas layar komputermu tanpa harus mendownload sebuah software.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan merupakan dengan menekan tombol :

Win + G : Untuk membuka bar Game (Untuk mengontrol pemulaian atau penghentian perekaman)
Win + Alt + R : Untuk memulai atau menghentikan rekaman
Win + Alt + PrtScn : Untuk mengambil SS (Screenshot)
Win + Alt + T : Untuk menampilkan atau menyembunyikan waktu perekaman.

Nah, yang perlu kamu ketahui merupakan bahwa alat yang disebut ” Game DVR ” ini, tak dapat bekerja pada sedikit program sistem dekstop. Contohnya Windows Explorer dan Task Manager. Untuk memulai perekaman, tekan dahulu tombol Win (Tombol yang bergambar Windows pada keyboardmu) + G untuk memunculkan control panel dan kemudian tekan ya ketika alat ini menanyakan apakah jendela ini merupakan sebuah Game.

Nah, setelah game bar telah muncul, tekan tombol merah untuk memulai perekaman layar dan untuk menghentikan perekaman merupakan dengan membuka Game bar dengan cara menekan tombol Win + G kemudian tekan tombol stop. Hasilnya akan tersimpan secara default di Local Disk C.

2. Project Spartan

Sebelum hadirnya Project Spartan pada Windows, Internet Explorer telah hadir terlebih dahulu. Meskipun browser Internet Explorer merupakan browser yang tampilannya cukup simpel, namun tetap terlihat elegan. Browser ini sempat berjaya pada masanya. Namun tahukah kamu ?

Setelah datangnya browser lainnya seperti Firefox, penggunaan Internet Explorer kian menurun dari sebelumnya.

Namun, Microsoft kemudian menciptakan projek browser terbarunya setelah jatuhnya projek Internet Explorer, yaitu ” Project Spartan ” .

Project Spartan, hadir dengan tampilan yang cukup bersih serta terdapat fitur – fitur yang menarik. Fitur Reading Mode merupakan salah satunya. Fitur ini, dapat memberikan kefokusan pada artikel daripada widget situs yang lainnya. Sesampai kemudian, pengguna dapat membaca lebih fokus dan lebih nyaman.

3. Cortana

Cortana, merupakan salah satu fitur di Windows 10 yang berupa fitur asisten suara untuk memerintahkan sesuatu yang dapat dilakukan seperti memberikan perintah kepada Windows 10 untuk bernyanyi, dan yang lainnya.

Dengan menggunakan fitur yang satu ini, akan menjadi teman yang dapat menghiburmu ketika kamu tak lagi terdapat teman untuk diajak bermain. Nah, agar Cortana ingin untuk bernyanyi, kamu hanya perlu mengucapkan kalimat ” Cortana, sing a song ” yang artinya ” Cortana, nyanyikan sebuah lagu “.

Maka Cortana kemudian akan secara otomatis mencari lirik lagu di internet kemudian menyanyikannya. Selain itu, kamu juga dapat bertanya tentang umurnya, seperti  ” How old are you ? ” dan yang lainnya.

4. Windows Hello

Nama yang keren untuk fitur yang satu ini. Namun tahukah kamu apa maksudnya ? Kamu dapat melindungi perangkatmu dari oknum – oknum yang tak bertanggung jawab dengan menciptakan PIN atau kata sandi. Selain itu, di Windows 10, terdapat fitur yang berguna untuk authentication akses ke perangkat menggunakan sidik jari, iris, ataupun wajah. Fitur inilah yang disebut Hello.

5. Continuum

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat beralih dari mode laptop yang menggunakan keyboard dan mouse menjadi mode layar sentuh. Sesampai kemudian hal ini akan lebih memudahkan penggunanya dalam mengakses laptop.

Ya, jadi itulah fitur – fitur menarik yang ada di Windows 10. Sebetulnya masih ada kaya lagi. Namun cukup ini saja yang admin terangkan.

Sekian “ 5 Fitur Menarik di Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

You may also like