7 Tips Mengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik

By | March 23, 2019
 Tips Mengmengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik 7 Tips Mengmengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik
7 Tips Mengmengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik – Kali ini kita akan membahas tentang tips mengmengganti template baru blog agar visitor naik . Ketika menjumpai suatu blog, maka yang pertama kali dilihat merupakan tampilannya bukan ? Nah, bagi pengunjung cukup hanya menyebutnya sebagai tampilan web atau blog. Namun bagi para Blogger, cukup akan menyebutnya sebagai template.
Apa sih Template itu ?

Nah, sebelum membahas lebih lanjut, kita bahas dahulu apa sih template itu ?
Pengertian Template
Template, merupakan suatu data yang didalamnya terdapat bentuk tampilan dari blog atau web tersebut. Atau dapat dibilang, singkatnya template merupakan tampilan dari suatu web atau blog.

Nah, template yang baik, tentu akan bermanfaat untuk blog atau web yang dipasangi template tersebut. Ada kaya sekali template yang tersedia di internet. Mulai dari yang responsive, sampai kemudian SEO. Disisi lain, ada template yang tampilannya sangat elegan, modern, dan sangat bagus. Ada juga template yang ketika dipasang dapat meningkatkan trafik pengunjung secara drastis.

Khasiat Mengmengganti Template

Mengmengganti template dapat menciptakan pengunjung merasa nyaman dengan web atau blog kita. Loh kok dapat ? Ya dapat – dapat saja. Contoh saja apabila ketika kita pertama kali ngeblog misalnya menggunakan template yang acak – acakan nggak karuan. Nah, dengan mengmengganti template dengan yang lebih baik atau setaknya tampilannya yang bagus, maka pengunjung akan merasa nyaman ketika berkunjung. 

Selain dari sisi kenyamanannya, juga dapat dilihat dari sisi trafik pengunjung. Ada kaya template gratis yang tersedia di internet. Dari kekayaan template tersebut, ada template yang dapat meningkatkan trafik kunjungan suatu blog. Nah, ini nih manfaatnya. Jika biasanya visitor kamu yang awalnya hanya 100 sampai 200 perhari, cukup ketika kamu mengmengganti template dapat naik jadi ribuan perhari.
Kerugian Mengmengganti Template

Selain melihat dari sisi manfaatnya, tentu kamu juga harus melihat dari sisi kerugiannya juga. Ada dua jenis pengunjung yang dapat admin sebutkan . Yang pertama merupakan pengunjung yang menyukai template blogmu sebelum dimengganti. Yang kedua merupakan pengunjung yang tak menyukai template blogmu yang saat ini dan seakan memintamu agar mengmengganti template blogmu.
Nah, disinilah kerugiannya. Jika visitor blog mu cukup kaya, anggap saja 5000 perhari, maka tentu dari sekian kaya pengunjung tersebut akan mengingat tampilan dari blogmu. Ketika kamu mengmengganti template, maka otomatis tampilan blogmu akan berbeda dari yang sebelumnya. Nah, ini akan menyulitkan pengunjung dalam mencari blogmu. Jika misalnya ada blog yang alamatnya hampir sama denganmu dan siapa tahu blog tersebut copas semua artikelmu serta template mu, nah maka pengunjung akan salah mengunjungi blog.
Selain itu, apabila kamu mengmengganti template mu yang lama dengan yang baru, maka optimasi – optimasi yang telah kamu lakukan pada templatemu cukup akan hilang begitu saja. Dan hal itu tentunya akan merepotkan bagimu, serta akan berdampak pada trafik blogmu.
Tips Mengmengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik

Berikut merupakan tips yang dapat kamu coba sebelum mengmengganti template baru blogmu :

1. Pilihlah template yang berkualitas

Template yang berkualitas ?
Apa saja sih kriteria template yang berkualitas ?
a. Enak dipandang

Salah satu kriteria template yang berkualitas menurut admin, merupakan enak dipandang. Kok dapat ?
Ya dapat saja. Cobalah pikir sejenak. Template yang enak dipandang tentu akan menciptakan kesan bagus kepada pengunjung bukan ? Lain lagi apabila kamu memasang template yang tampilannya kurang terang dan kurang menarik
b. Ringan

Kriteria berikutnya merupakan ringan. Maksudnya disini merupakan ringan dalam hal loading. Ketika kamu mengunjungi suatu blog, maka kamu ingin segera membaca isi dari artikel pada blog tersebut bukan ? Nah, template dengan loading yang ringan, akan memudahkan pembaca dalam membaca artikel yang dituju. Coba bayangkan ketika kamu mengunjungi sebuah blog dengan judul artikel tertentu, dan ternyata tampilan blog tersebut sangatlah berat sesampai kemudian menciptakanmu merasa kesulitan ketika akan membaca artikel tersebut.
c. Responsive

Ini merupakan salah satu kriteria lainnya. Kok responsive, apa maksudnya ?
Maksudnya responsive merupakan dapat beradaptasi dengan bermacam perangkat (Singkatnya seperti itu). Template yang baik, merupakan template yang dapat dengan nyaman dipandang baik itu di laptop, komputer, ataupun ponsel android. Selain itu, dengan menggunakan template yang responsive, pengunjung tak perlu scroll ke kiri ataupun ke kanan ketika akan membaca artikel. Mengapa ? Karena ukuran layarnya sudah diatur dan disesuaikan dengan perangkat yang mengakses blog atau website tersebut.
d. Mobile Friendly

Disini maksudnya merupakan nyaman untuk diakses melalui ponsel. Template yang mobile friendly akan menyesuaikan ukuran layar dari ponsel yang mengaksesnya, sesampai kemudian tak memberatkan ponsel ketika mengakses blog tersebut.
e. Memiliki ukuran file yang kecil

Mengapa harus memilih template yang ukurannya kecil ? Karena ukuran file yang kecil akan mewakili ringannya loading template tersebut. Bisa dibilang semakin kecil ukurannya, maka akan semakin ringan. Karena optimasinya yang tak terlalu kaya atau tak terlalu berlebihan.

2. Backup template lama blogmu

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum mengmengganti template blogmu. Ketika kamu akan mengmengganti template, kamu dapat menyalin kode script template mu dan dipastekan di Notepad  atau Microsoft Word untuk jaga – jaga apabila ada yang salah dengan template barumu. Hal ini agar ketika ada yang salah dengan template barumu, kamu hanya perlu mengcopas kodenya ke blogmu tanpa harus mengupload template lamamu.

3. Pindahkan kode penting pada template lamamu.

Jangan lupa untuk memindahkan kode – kode penting pada template lamamu sebelum mengmengganti template blogmu. Kamu dapat mencari kode – kode penting tersebut di menu Template atau Tema, dan pilih opsi Edit HTML.
4. Pratinjau template barumu dahulu

Ada baiknya ketika kamu mendownload template baru, cobalah buka dengan aplikasi Notepad. Setelah itu copas semua kode yang muncul dan letakkan di mode Edit HTML. Setelah itu klik pratinjau template agar kamu lebih yakin dengan tampilan baru blogmu.

5. Uji coba template barumu

Ketika kamu telah melakukan tips – tips diatas, termasuk meninjau tampilan dari template baru blogmu,maka kamu dapat langsung menguji coba template barumu dengan cara klik simpan apabila kamu menggunakan opsi Edit HTML. Setelah itu, cobalah buka link blogmu dan lihat bagaimana tampilan baru blogmu tesebut.
6. Ganti di jam – jam sepi pengunjung

Sangat diadminngkan sekali apabila kamu mengmengganti template blogmu ketika blogmu lagi ramai – ramainya dikunjungi kaya orang. Jika kamu dapat mengatur ulang template blogmu dan mengoptimasinya kembali seperti semula, maka hal itu tak akan menjadi masalah. Namun apabila kamu tak dapat, maka kecukupan trafik kunjungan blogmu akan menurun drastis.
7. Update artikel secara rutin

Ketika telah selesai mengmengganti template, updatelah artikel blogmu secara rutin agar Google Bot dapat mengindex ulang bagian – bagian yang penting pada template baru blogmu tersebut.
Kesimpulan

Mengmengganti template blog memang ada baiknya, namun akan lebih baik lagi apabila kamu telah menentukan sebuah template tetap yang akan kamu gunakan pada blogmu . Dan jangan kerap – kerap mengmengganti template agar trafik kunjungan blogmu tak tiba – tiba turun drastis.