Home / Quote / 80 kata motivasi Jack Ma, pendiri Alibaba Group

80 kata motivasi Jack Ma, pendiri Alibaba Group

Jack ma adalah salah satu milyader dari China sekaligus pendiri Alibaba yang terkenal dengan kata-kata bijaknya serta memberikan banyak motivasi terutama untuk orang muda. Berawal dari keluarga yang sangat sederhana Jack Ma dapat keluar dari kemiskinan serta menjadi kaya raya berkat perusahaan e-comerce yang didirikannya tersebut. Perusahaannya kini menjelma menjadi e-comerce nomor satu di China, memproses barang lebih banyak dibandingkan gabungan ebay serta amazon, serta dikata lebih berharga dibandingkan facebook berkat profit yang didapatkannya.
 Jack ma adalah salah satu milyader dari China sekaligus pendiri Alibaba yang terkenal den 80 kata motivasi Jack Ma, pendiri Alibaba Group
Meskipun saat ini Jack Ma menjadi seorang yang sukses dan menjadi tokoh yang inspiratif serta memotivasi, namun bukan berarti dia menjadi pribadi yang lupa akan masa lalunya. Masa lalunya dilalui dengan masa-masa sulit, dimana dia mengalami kesulitan dalam masa-masa pendidikannya. Di masa kecil Jack Ma gagal dalam ujian sekolahnya, bahkan dua kali gagal. Pada saat masuk perguruan tinggi. Jack Ma harus bisa menelan kegagalan karena tiga kali dia gagal mengikuti tes yang dilaksanakan. Dia bahkan mendaftar dan menulis surat ke Havard University sepuluh kali. Dan dia juga juga sepuluh kali ditolak. Tidak sampai disitu saja, dalam suatu kesempatan ketika KFC datang ke China. 24 orang melamar disana, dua puluh tiga diterima, sedangkan dirinyalah satu-satunya orang yang tidak diterima tanpa diberitahu, alasannnya ditolak menjadi karyawan KFC.
Belajar dari pengalaman Jack Ma menyadari bahwa menjadi karyawan bukanlah jalan hidupnya. Berat kegigihannya, dia berhasil mendirikan e-comerce terbesar di China. Kerja keras, ketekunan serta keberuntungan adalah tiga hal yang tidak bisa dipisahkan untuk bisa mencapai kesuksesan. Jack Ma percaya betul bahwa kata-kata adalah motivasi diri yang paling mudah dan murah. Jack Ma belajar dari orang-orang besar, menarik kisah dan cara menempuh kesuksesan. Ia kembali membaca dan merenungkan kata-kata motivasi menuju sukses orang atau tokoh-tokoh besar, hingga daripadanya munculah kata-kata motivasi yang bisa kita jadikan cambuk dan motivasi ketika kita mengalami kegagalan. Berikut ini 80 kata motivasi Jack Ma pendiri Alibaba Group.

80 Kata Bijak Jack Ma Pendiri Alibaba Group

  1. Syarat dan wajib bisnis Misi yang jelas, nilai lebih serta sasaran ( gol ) yang jelas adalah syarat wajib untuk sebuah perusahaan atau organisasi. Tanpa ketiganya, anda tidak akan sukses.
  2. Nilai dan spirit Ketika kita memperkerjakan seorang pegawai, kita pilih mereka yang diidentifikasikan dengan nilai dan budaya perusahaan kita. Tidak masalah dengan talenta dasar indiidu, kita perlu mengidentifikasikan dengan kultur perusahaan dan menjadi ideal. Sejak hari pertama training, kita harus terus bicara tentang nilai-nilai perusahaan serta spirit tim kerja. Bersama-sama nantinya akan merubah orang yang biasa-biasa sja menjadi karyawan yang luar biasa.
  3. Gagal bukan kalah Tidak masalah jika saya gagal. Setidaknya saya mewarisi konsepnya ke orang lain. Bahkan jika saya sukses, seseorang akan sukses.
  4. Memulai bisnis Jika kamu ingin tumbuh, temukanlah kesempatan yang baik, jika anda ingin menjadi perusahaan yang baik, pikirkanlah permasalahan sosial yang bisa anda beri solusi.
  5. Bisnis dan visi Impianku adalah membuat perusahaan e-comerce sendiri. Tahun 1999, aku mengumpulkan 18 orang di apartemenku dan bicara pada mereka selama 2 jam tentang visiku. Tiap orang menaruh uang di meja dan kami memperoleh USD 60 ribu untuk memulai alibaba. Aku ingin memiliki perusahaan global, jadi aku memilih nama global.
  6. Berpikir 10-15 tahun ke depan Aku harus berpikir tentang apa yang harus dilakukan 10-15 tahun ke depan. Kami sukses pada hari ini karena kami memiliki impian 15 tahun waktu ampau. Waktu itu kami percaya kalau internet akan membantu para pebisnis skala kecil.
  7. Bisnis harus mengubah sejarah Aku ingin merubah seharah, melakukan sesuatu yang penting dalam hidupku dan mempengaruhi para individu seperti yang terjadi pada jutaan bisnis kecil yang berada di Alibaba.
  8. Bisnis harus ambisius Kita harus memiliki ambisi besar dalam berbisnis. Bila Alibaba tidak bisa sebesar microsoft atau Wal Mart, aku akan menyesali seumur hidupku.
  9. Jangan menjual ke saudara atau teman Ketika berjualan ke teman dekat atau keluarga, berapapun yang anda jual ke mereka, mereka akan selalu berpikir, anda sedang mencari untung dari uang mereka. Dan semurah apapun anda jual ke mereka, mereka tetap tidak menghargainya.
  10. Saudara, keluarga, dan teman Selalu ada orang-orang yang tidak peduli dengan tenaga, waktu dan biaya yang sudah kita keluarkan. Ironisnya, itu justru biasa dilakukan oleh orang-orang yang mengenal kita. Saudara, keluarga, dan teman terdekat akan menjadi orang pertama yang meragukan komitmen kita. Mereka memilih lebih baik ditipu oleh orang lain daripada membiarkan kita mendapatkan hasil dari mereka, merekapun lebih mendukung orang lain yang tidak mereka kenal.
  11. Rintangan di awal bisnis Para orang terdekat kita, sring menjadi rintangan di awal bisnis dimulai. Dalam hati, mereka selalu berpikir berapa untung yang saya dapat dari dia. Bahkan sebagian dari mereka akan berpikir ” Saya juga membuat produk yang sama, menjualnya dan menjalankannya. Mereka tidak pernah berpikir untuk membantu saudara atau teman sendiri. Tidak ada pikiran apa kiranya yang bisa saya lakukan untuk bisa membantu.
  12. Hargai orang asing Ketika melakukan penjualan, orang pertama yang akan mempercayai anda adalah orang asing. Teman anda akan menutup diri dari anda. Teman biasa akan menjauhi anda. Keluarga akan memandang rendah anda. Hargailah orang asing karena mereka bisa menjadi konsumen pertama kita, dan konsumen kita selanjutnya
  13. Sukses dan ironi Saudara, teman dan sahabat seringkali menjadi penghambat ketika bisnis dijalankan. Kita malah lebih bisa menjual ke orang asing, orang yang bisa lebih mengenal kita. Mereka dengan tanpa berpikir panjang akan membeli apa yang kita tawarkan. Namun ironisnya, saat kita sukses, orang pertama yang akan meminta traktir makan adalah saudara, dan keluarga, bukan orang asing.
  14. Orang asing pelanggan terbaik Kita harus memperlakukan orang asing lebih baik lagi. Dan demikian juga terhadap orang yang tahu apa yang sedang kita lakukan, tetapi tetap mendukung kita. Mari kita memperlakukan orang asing yang membeli dari kita lebih baik lagi mulai hari ini. Karena mereka adalah pelanggan terbaik kita.
  15. Fokus Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokuslah pada satu saja.
  16. Menjaga semangat Saat orang-orang menolakmu, belajarlah untuk menghangatkan tangan kananmu dengan tangan kirimu.
  17. Pertumbuhan bisnis Dalam membangun bisnis e-comerce, hal yang paling penting adalah untuk terus melakukan apa yang kamu lakukan sekarang dengan pasiion, untuk menumbuhkannya.
  18. Hirarki perusahaan Kami selalu menempatkan kostumer di tempat pertama, pegawai kedua dan pemegang saham di tempat yang ketiga.
  19. Membangun insfrastruktur tim yang kuat Sistem kami tidak hanya mengandalkan pada satu atau dua orang. Jika saya pergi dan perusahaan menjadi bangkrut, berarti infrastruktur tim dalam perusahaan itu tidak dibangun dengan baik.
  20. Motivasi untuk menjual Seorang salesman seharusnya tidak berpikir tentang uang. Tetapi harus merasa bagiamana produk mereka dapat membantu kesuksesan kostumer dan berguna bagi orang lain. Ini akan membantu rasa percaya diri dan kemampuan untuk menjual.
  21. Semangat pantag menyerah Hari ini kejam, besok lebih kejam lagi. Tapi esok lusa, hari yang indah. Kebanyakan orang mati saat besok petag, dan tidak mendapat kesempatan untuk bisa melihat matahari terbit.
  22. Otak dan bukan otot Jika kamu tidak menyerah, kamu masih punya kesempatan. Dan, jika kamu kecil, kamu harus sangat fokus dan mengandalkan otakmu, bukan kekuatanmu.
  23. Investasi pada karyawan Uang akan lebih baik diinvestasikan pada talenta dalam perusahaan untuk training dan membangun organisasi daripada untuk promosi. Karyawan sangat membutuhkan pengertian akan perusahaan, para klien, dan kompetisi yang sedang dijalani perusahaan. Seperti kata pepatah cina, ” Sejauh mana engkau memahami musuhmu, sama halnya engkau memahami dirimu sendiri.
  24. Memilih karyawan Memperkerjakan seseorang sebaiknya sesuai dengan bidangnya, bukan karena karyawan memiliki nilai tertinggi. Ini akan menyita banyak waktu dan proses. Karena untuk menjalankan traktor saja anda tidak perlu memasang mesin jet Boeng.
  25. Tim kalahkan ego Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu tentang yang ingin kita lakukan, satu orang saja dari kita, mampu mengalahkan sepuluh kompetitor kita       
Baca :  20 Kata-Kata Broken Home Bahasa Inggris dan Artinya

   


  1. Tipuan Jangan pernah membuat penipuan terhadap oranglain, dalam bisnis maupun dalam hidup.  Di tahun 1995, saya ditipu oleh4 perusahaan, dan empat perusahaan itu saat ini tutup. Sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan jauh dengan penipuan.
  2. Kritik Kritik datang darimedia, komentar di internet dan investor bukanlah perhatian kami, karena itu hanya bagaimana pengguna dan orang bisnis merespon. Jika respon mereka negatif, kami akan menyingkirkan dari bisnis.
  3. Bekerja keras Jika kita pergi bekerja pukul delapan pagi dan pulang pukul lima sore, kita bukan perusahaan teknologi, dan Alibaba tidak pernah sukses. Jika kita memiliki semangat 8- itu, kita sebaiknya melakukan hal yang lain.
  4. Hidup bukan untuk sibuk Sesukses apapun anda dalam karir, anda harus selalu mengingat kalau kita berada disini untuk hidup. Jika anda selalu saja sibuk, anda pasti akan menyesalinya. 
  5. Tiga prinsip Selalu tanamkan dalam pikiran, tentang tiga prinsip, apa yang ingin anda lakukan, apa yang anda lakukan dan seberapa lama anda menyelesaikannya. 
  6. Halangan Jalan panjang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bukanlah masalah. Yang menjadi masalah bukanlah hanya berapa jauh jarak itu. 
  7. Mimpi realistis Pastikan apa yang harus dapat diselesaikan dalam mewujudkan mimpi anda, Kadang kita hanya bisa melakukan sebagian dari sebagian lagi yang hilang begitu saja. Setelah itu bersiaplah untuk memberi dan berbagi dengan orang lain dalam momen-momen sulit.
  8. Mengubah sejarah Aku ingin merubah sejarah, melakukan sesuatu yang penting dalam hidupku, dan mempengaruhi para individu seperti yang terjadi pada jutaan bisnis kecil yang berada di Alibaba.
  9. Anak muda Bantulah anak muda. Tolonglah mereka. Anak muda akan menyimpan bibit baik yang kamu berikan di pikiran mereka dan ketika mereka tumbuh besar, mereka aka merubah dunia.
  10. Kemakmuran Kemakmuran adalah tanggung jawab yang harus diwariskan pada anak-anak. Warisilah mereka yang baik ketika mereka sudah tidak disini lagi.
  11. Uang banyak rasanya sama Saya mengerti keinginan untuk memiliki jutaan dolar, ada keerdekaan di sana. Tapi begitu anda sudah jauh memlampaui itu, aku harus mengatakan, rasanya tetap sama.
  12. Mencari pasangan Saat mencari pasangan, anda harus selalu mencari seseorang yang menambah kemampuan dan pengetahuan anda. Anda tidak perlu seseorang yang sudah berhasil pada suatu hal.
  13. Hidup ini sangat singkat Semua ini bicara tentang pengalaman. Orang memandang dari sisi yang berbeda. Beberapa orang berpikir anda kaya, Anda sukses. Beberapa orang mengira orang tidak memiliki uang. Ia orang yang menyedihkan, tapi bisa saja tidak. Setiap orang memilih jalannya sendiri.
  14. Bagaimana dunia tidak melupakanmu. Dunia tidak akan mengingat apa yang kamu katakan tapi pasti tidak akan melupakan apa yang telah kamu lakukan.
  15. Filantropi Mengeluarkan uang lebi sulit dibandingkan dengan menghasilkan uang. Terutama bagi filantropi. Jika anda memiliki hati yang baik, anda seharusnya memiliki pengetahuan yang baik, dan kapasitas yang baik untuk bisa mengeluarkan uang, meskipun anda melakukan sesuatu yang baik dengan hati yang tulus dengan cara yang berantakan.
  16. Sumbangan Sumbangan seharusnya dilakukan tanpa publikasi. Sumbangan seharusnya dilakukan secara diam-diam dan tanpa nama.
  17. Amal sejati Uang donasi adalah penting, tapi bukanlah sumbangan yang perlu. Menyumbangkan walaupun paling sedikit adalah amal sejati.
  18. Hidup Barang yang sudah hilang masih bisa dicari kembali, tapi ada satu barang yang sudah hilang tidak bisa ditemukan kembali lagi, yaitu hidup.
  19. Sadar Saat seorang sedang masuk ke ruang operasi baru menyadari ada satu  buku yang belum dibaca, yakni buku menjaga kesehatan.
  20. Tempat tidur termahal Di dunia ini tempat tidur apa yang paling mahal? Tempat tidur untuk orang sakit.
  21. Hidup yang simpel Hidup simpel saja, apapun yang membuatku tersenyum, aku pertahankan. Apapun yang membuatku sedih, akan aku tinggalkan.
  22. Jangan menunggu Orang yang gagal itu karena seluruh hidupnya adalah menunggu. Buatlah tindakan.!
  23. Nikmati pertunjukan dalam hidup Saat usia muda, buatlah kesalahan. Jangan khawatir!. Anda jatuh, anda bangkit lagi. Nikmatilah, anda maih muda, nikmatilah pertunjukannya.
  24. Ambisi dalam energi Ambisi membuat anda memiliki kekuatan untuk mengalahkan semua rintangan dan membuat keajaiban.
  25. Jangan punya musuh Jika kita tidak memiliki musuh di dalam hati kita, kita tidak akan terkalahkan.        
Baca :  50 kata bijak Bob Sadino yang harus diketahui karyawan dan Entrepreneur

  1. Lakukan aksi, jangan banyak berfikir Saya mendengar banyak anak muda yang memikirkan banyak hal yang luar biasa setiap malam. Tapi sayang, pagi harinya dia masih pergi ke kantornya. Melakukan tugas rutin. Buatlah perubahan, buatlah tindakan. 
  2. Bantu dengan otak Gunakanlah otak anda supaya anda bisa membantu orang banyak. Anda akan sukses.
  3. Saya suka Tai Chi. Tai Chi adalah filosofi. Tentang Yin dan Yang. Thai Chi adalah tentang bagaimana kita mencapai keseimbangan. Saya menggunakan filosofi Thai Chi. Dalam bisnis tenang, disana ada banyak jalan keluar, dan tetap jaga keseimbangan. Kompetisi selalu menarik dan menyenangkan. Bisnis tidaklah sama dengan medan perang.  
  4. Pemenang Jika kamu ingin menang di abad ke-21 ini, kamu harus memberi wewenang kepada orang lain, memastikan orang lain lebih baik dari kamu. Maka kamu akan sukses.
  5. Perubahan nyata Anda harus membuat perubahan secara nyata. Bukan sekedar rencana. Jika mengalami kegagalan, coba lagi. Jika masih gagal, anda bisa melanjutkan pekerjaan sebelumnya. Kemudian cobalah lagi.
  6. Prinsip yang jelas, nilai lebih, serta sasaran ( gol ) yang jelas adalah syarat wajib untuk sebuah perusahaan atau organisasi. Tanpa ketiganya anda tidak akan pernah sukses.
  7. Investasi paling penting Investasi terpenting yang harus anda miliki adalah kesabaran.
  8. Karyawan investasi perusahaan Karyawan adalah investasi penting perusahaan. Pilihlah orang yang cocok dengan budaya perusahaan, bukan hanya pada curriculum vitae.
  9. Berani mengatakan tidak Terlepas dari profit dan ajakan yang menggiurkan, anda harus belajar untuk berani mengatakan “tidak” saya tidak mau melakukannya.
  10. Jangan menurut pada investor Jangan telan mentah-mentah apa yang investor katakan kepadamu.
  11. Kamu wajib belajar dari kompetitormu, tapi jangan pernah menjiplak. Jika kamu menjiplak, kamu akan ‘mati’
  12. Investasi pelanggan Alibaba ada karena pelanggan. Jadi cara terbaik untuk menjaga ekspetasi perusahaan kami adalah dengan melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya.
  13. Semua senang Dan hanya semua orang di dalamnnya yang mampu membentuk nilai perusahaan. Sehingga jika para pegawai senang, investorpun juga ikut senang. Itulah definisi yang telah alibaba jalani.
  14. Investor bukanlah yang utama Kebanyakan investor tak mau memahami strategi kamu maupun kesulitan yang sedang kamu hadapi. Sebagian besar mereka hanya menganalisa kamu lewat data. Yang paling mengerti keadaan kamu adlah dirimu sendiri.
  15. Investor tidak selalu benar Jangan beranggapan bahwa semua yang investor katakan adalah benar. Dengarkan masukan mereka secara baik-baik, namun keputusan akhir tetap berada di tangan anda.
  16. Investasi lebih baik Dalam negara berkembang, investasi merupakan cara yang lebih baik dibanding berdonasi, karena secara teori investasi akan menciptakan lebih banyak pekerjaan dan dalam jangka panjang lebih banyak kekayaan.
  17. Devaluasi dan investasi Ketika anda memiliki satu atau dua juta, itu uangmu dan kamu sangat bahagia. Ketika kamu memiliki 10 atau 20 juta, maka masalah datang, kamu mulai memikirkan devaluasi mata uang dan investasi.
  18. Prinsip enterpreneur Interpreneur harus bisa melihat penolakan dan kegagalan sebagai pijakan untuk bangkit dan dorongan untuk menjadi lebih baik.
  19. Berkata tidak Sebegai enterpreneur, anda harus berfokus pada misi perusahaan anda dan belajar untuk berkata tidak.
  20. Nama Alibaba Nama Alibaba dipilih karena banyak diketahui orang, mudah diingat, dan mencerminkan sesok enterpreneur yang baik hati, cerdas dan membantu orang-orang yang tidak mampu.
  21. Anda harus membuat tim Anda memiliki nilai, inovasi, dan visi.
  22. Susah-susah dulu Sebagai enterpreneur, kita harus bersusah-susah dahulu selama 3-5 tahun. Itulah satu-satunya cara kita bisa sukses. Jika tidak memiliki passion yang kuat, kita tidak akan bisa bertahan, bahkan satu haripun.
  23. Jika Anda belum pernah mencobanya, bagaimana Anda akan tahu jika ada kesempatan?
  24. Hari ini, menghasilkan uang sangatlah sederhana. Tetapi membuat uang yang berkelanjutan sambil bertanggung jawab kepada masyarakat dan memperbaiki dunia, sangatlah sulit.
  25. Ide terbodoh Dulu orang mengatakan Alipay adalah ide trebodoh yang pernah saya puya. Namun saya tidak memperdulikannya, semooh mereka.  Saya terus maju dengan Alipay. Silahkan disebut bodoh, asalkan banyak orang yang menggunakan produk itu.
  26. Kita tidak pernah kekurangan uang Kita kekurangan orang dengan mimpi, yang bisa mati untuk mimpi-mimpi itu.
  27. Jujur dan pelanggan Sesuatu yang telah membesarkan perusahaan bukanlah uang maupun talenta, namun nilai-nilai yang dianutnya. Utamakan konsumen, semangat tim dan integritas. Dengan bersikap jujur, konsumen dapat menjelma menjadi pelanggan setia. 
  28. Kita tidak pernah kekurangan uang. Kita kekurangan orang dengan mimpi, yang bisa mati untuk mimpi-mimpi itu.
  29. Sangat sulit untuk mengetahui dunia luar, tetapi Anda mengenal diri sendiri. Anda tahu kebutuhan Anda dan apa yang Anda inginkan. Jika saya mengenal diri saya lebih baik, saya akan merubah diri saya menyesuaikan diri dengan dunia luar.
  30. Jika Anda belum pernah mencobanya, bagaimana Anda akan tahu jika ada kesempatan?
Baca :  20 Kata-Kata Bijak Perawat yang Menginspirasi dan Memotivasi

Itulah 75 kata motivasi dari Jack Ma pendiri Alibaba Group. Apakah kamu memiliki kutipan favorit lainnya dari Jack Ma yang belum admin tuliskan?? Bila ada, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar yang tersedia, supaya pembaca yang lain bisa tau lebih banyak tentang tokoh inspiratif yang satu ini. Salam.  

About xenodochial-rhodes