Home iOS Apa itu NFC? Inilah Fungsi NFC Yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu NFC? Inilah Fungsi NFC Yang Perlu Anda Ketahui

by Mas Admin
NFC adalah fitur di hampir setiap ponsel hari ini – tetapi apa yang dapat Anda lakukan dengannya?
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat layanan ketuk-dan-pergi seperti Apple Pay, Android Pay, dan Amiibo bekerja? Sebanyak kelihatannya seperti sihir murni, sebenarnya tidak.

Jadi sebenarnya apa itu? Sederhananya, itu adalah metode transfer data nirkabel yang disebut NFC (Near Field Communication) yang mendeteksi dan kemudian memungkinkan teknologi di dekat untuk berkomunikasi tanpa perlu koneksi internet. Sangat mudah, cepat dan bekerja secara otomatis.

Bagaimana cara kerja NFC?

Teknologi yang terlibat tampak sederhana: berevolusi dari teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID), chip NFC beroperasi sebagai salah satu bagian dari sambungan nirkabel. Setelah diaktifkan oleh chip lain, sejumlah kecil data antara kedua perangkat dapat ditransfer ketika dipegang beberapa sentimeter dari satu sama lain.

Tidak ada kode pasangan yang diperlukan untuk menghubungkan dan karena menggunakan chip yang berjalan pada jumlah daya yang sangat rendah (atau secara pasif, menggunakan lebih sedikit), itu jauh lebih hemat daya daripada jenis komunikasi nirkabel lainnya.

Pada intinya, NFC bekerja untuk mengidentifikasi kami dengan kartu dan perangkat kami yang diaktifkan (dan dengan ekstensi, rekening bank kami dan info pribadi lainnya.)

Bagaimana Cara Bisa Menggunakan NFC?

Chip NFC yang ditebar di dalam kartu kredit untuk pembayaran nirsentuh bukanlah hal baru. Tapi kasus penggunaan yang sedikit lebih baru – dan diakui lebih menarik – untuk NFC adalah dengan smartphone Anda, atau bahkan jam tangan pintar Anda, sebagai cara untuk mendigitalkan seluruh dompet Anda.

Hampir setiap pembuat OS seluler memiliki aplikasi mereka sendiri yang menawarkan fungsi NFC yang unik. Pengguna Android memiliki variasi terluas untuk dipilih. Opsi yang paling terkenal adalah Android Pay, yang berfungsi di banyak ponsel dan jam tangan Android, memungkinkan Anda mengakses dana untuk pembayaran tanpa kontak.

Samsung Pay, yang beroperasi sama, tersedia untuk pengguna ponsel Samsung di AS, dan diharapkan segera mendarat di Inggris.

Namun fungsionalitas NFC pada ponsel tidak terbatas pada pembayaran. Ada juga Android Beam, yang diterapkan pada tahun 2011 di Android Ice Cream Sandwich 4.0 sebagai proses sederhana yang memungkinkan transfer foto, kontak, dan arah dengan memegang dua telepon bersama.

Potensi untuk NFC membentang lebih jauh dari pada perdagangan.

‘Tag’ NFC pasif sedang dibangun ke dalam poster dan kios informasi untuk mengirimkan informasi tambahan yang serupa dengan bagaimana pemindaian kode QR dapat memicu peluncuran alamat web, menawarkan kupon diskon, atau peta untuk diunduh pada ponsel cerdas Anda.

Penggunaan tag NFC yang cerdas dapat ditemukan diintegrasikan ke dalam headset Daydream View VR Google dan kit VR-nya sendiri yang do-it-yourself, Cardboard. Memasang ponsel pintar berkemampuan NFC ke headset memicu tag terdekat untuk mengunduh atau meluncurkan aplikasi secara otomatis.

Anehnya, bahkan video game dan tokoh aksi melihat suntikan teknologi nirkabel. Nintendo’s Amiibo, Skylanders dan Disney Infinity adalah mainan tertagih di hati, tetapi di bawah kap, teknologi NFC menawarkan fungsi baru yang sebelumnya tidak terlihat di gim video.

Melambaikan patung-patung ini di atas konsol game atau aksesori memungkinkan pemain untuk “check-in” ke permainan, menghidupkan figur, sehingga untuk berbicara, mengaktifkan beberapa fitur unik.

Di Skylanders, patung-patung ini dapat dihubungkan ke permainan untuk menambahkan karakter baru untuk dimainkan. Mainan Disney Infinity dan Amiibo menghasilkan hadiah serupa untuk pemain dan kolektor. Chip NFC di dalamnya cukup mampu menyimpan data pengguna seperti poin pengalaman, pengembangan dan pengaturan khusus.

Penggunaan praktis lainnya dari teknologi tanpa kontak ini adalah dengan speaker dan headphone Bluetooth. Banyak perangkat mengayunkan logo NFC, yang berarti bahwa dengan menahan ponsel cerdas Anda ke perangkat berkemampuan NFC, Anda akan dapat terhubung melalui Bluetooth jauh lebih cepat daripada memasangkan perangkat secara manual.

 
 NFC adalah fitur di hampir setiap ponsel hari ini  Apa itu NFC? Inilah Fungsi NFC Yang Perlu Anda Ketahui

Tertarik untuk memberi NFC suntikan? Ini semudah mengubah-ubahnya di ponsel Anda, tetapi pertama-tama, Anda perlu mencari tahu apakah perangkat Anda kompatibel dengan terminal pembayaran tanpa kontak dan tag NFC pasif yang diperinci pada halaman sebelumnya.

Berita bagus? Daftar perangkat yang kompatibel sangat mengejutkan dan berkembang seiring waktu. Aman untuk mengatakan, jika Anda membeli smartphone dalam beberapa tahun terakhir, Anda harus siap untuk pergi.

Beberapa contoh smartphone yang dilengkapi NFC terbaru: Samsung Galaxy S8, iPhone 7, LG G6, Huawei P10.

Tetapi bahkan beberapa handset yang lebih murah seperti Lenovo P2 dan Sony Xperia XA memiliki NFC, seperti halnya ponsel yang lebih tua seperti Nexus 6, Sony Xperia Z3, iPhone 6, Samsung Galaxy Note 4, LG G3, dan HTC One M9.

Anda mungkin juga akan berada dalam kondisi yang baik jika Anda baru saja membeli tablet. The iPad Pro dan iPad Pro 9.7 olahraga NFC, sementara yang lebih tua seperti Google Nexus 9, iPad Mini 3 dan iPad Air 2 juga masing-masing memiliki kemampuan di luar kotak. Meskipun kurang universal fitur tablet daripada ponsel.

Apple telah memasukkan NFC di Apple Watch dan Apple Watch 2 sehingga pengguna dapat membayar barang menggunakan Apple Pay dengan ketukan pergelangan tangan, sementara beberapa jam tangan Android Wear termasuk LG Watch Sport dan Huawei Watch 2 mendukung Android Pay.

Ke depan, chip NFC pasti akan digunakan di lebih banyak smartwatches dan pelacak kebugaran.

Kerentanan dan keamanan

Keajaiban NFC terjadi di udara bebas dan terbuka, sehingga mudah untuk terbungkus dalam ide bahwa data Anda dapat ditangkap oleh siapa saja yang mencoba untuk mencegat. Itu benar-benar bisa terjadi, tetapi itu tidak harus terjadi pada Anda.

Pertama-tama, mari kita mengatasi masalah menakutkan ini dengan poin bahwa chip NFC di kartu atau telepon Anda tidak dapat disaring kecuali mereka berada dalam sentimeter hanya dari seorang pencuri potensial.

Itu hanya cara kerja teknologi. Kami tidak tahu tentang Anda, tetapi tidak banyak hal yang mendekati kami.

Ada conmen di luar sana yang mencoba merusaknya untuk semua orang dengan aplikasi skimming NFC yang merobek informasi pribadi Anda, termasuk alamat dan detail akun Anda. Tetapi mereka mengalami waktu yang semakin sulit dengan tujuan tersebut, karena aplikasi seperti Apple Pay dan Android Pay menerapkan beberapa perlindungan pintar untuk melindungi pengguna.

Menurut Apple, aplikasi perdagangan mereka, Apple Pay, menyimpan informasi pembayaran pada perangkat secara eksklusif, mengenkripsi informasi kartu hanya untuk digunakan oleh pedagang dan jaringan pembayaran untuk verifikasi.

Informasi tersebut tidak hidup di cloud, juga tidak hidup di kode sumber iOS. Kehilangan ponsel Anda? Anda dapat menghapus detail keuangan berharga Anda secara manual menggunakan fitur “Temukan iPhone Saya”.

Dengan Android Pay, nomor kartu kredit atau debit Anda tidak pernah dikirimkan, sebagai gantinya nomor rekening virtual digunakan untuk mewakili informasi akun Anda, sehingga detail aktual Anda tetap aman, dan jika ponsel Anda hilang atau dicuri Anda dapat mengunci atau menghapusnya dari jarak jauh Pengelola Perangkat Android.

Jika Anda menggunakan kartu kredit atau debit dengan kemampuan NFC, taruhan terbaik Anda untuk melindungi diri sendiri adalah dengan mendapatkan selongsong untuk memeriksa kartu Anda. Frekuensi radio membelokkan ini untuk menarik perhatian chip NFC kartu Anda.

Jika Anda kekurangan uang tunai, kata kaleng kecil yang digunakan untuk memegang permen ternyata melakukan pekerjaan dengan harga murah. Ini juga akan membuat kartu Anda berbau segar, tetapi gunakan opsi ini sebagai pilihan terakhir.


Referensi tulisan ini dari sukadirinews dot com

You may also like