Home Kesehatan Apa Itu Senam Kegel? Penjelasan Senam Kegel dan Manfaatnya

Apa Itu Senam Kegel? Penjelasan Senam Kegel dan Manfaatnya

by Mas Admin
 Senam kegel adalah senam yang dilakukan untuk melatih otot dasar panggul Apa Itu Senam Kegel? Penjelasan Senam Kegel dan Manfaatnya
Senam kegel adalah senam yang dilakukan untuk melatih otot dasar panggul. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah cukup dengan mengkontraksikan otot yang biasa kita pakai untuk menahan kencing.

Menurut dr Lucky Savitry W, SpOG(K), dari RSUP Persahabatan, senam kegel cukup dilakukan dengan mengontraksikan otot selama lima detik, lalu lepaskan. Lakukan berulang dengan jadwal yang rutin maka kita sudah melakukan kegel.

Mengapa senam kegel bisa jadi hal yang penting? Berikut ini manfaat untuk melakukan senam kegel :

Permudah persalinan
dr Lucky mengatakan dengan terbiasa melatih otot dasar panggul, seorang wanita bisa menjadi lebih terbiasa mengendalikan kontraksi. Dampaknya persalinan bisa menjadi lancar dan rasa sakit yang timbul pun berkurang.

“Ini bukan cuma untuk ibu-ibu yang sudah melahirkan beberapa kali. Justru ini sebaiknya kita perkenalkan pada ibu muda yang sedang hamil supaya saat dia bersalin sudah mengerti harus melakukan apa dan otot-ototnya sudah siap,” kata dr Lucky.

Atasi beser
Menurut ahli kandungan, sekitar lima puluh persen ibu yang pernah melahirkan akan mengalami masalah beser atau inkontinensia urine. Penyebab utamanya adalah otot panggul yang lemah akibat efek samping persalinan.

Bila kadar kelemahan otot panggul belum terlalu parah maka senam kegel dapat jadi solusi. Menurut dr Lucky senam kegel dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pada pagi, siang, dan malam hari. dr Lucky mengatakan bila dilakukan secara rutin seharusnya manfaat akan mulai terasa setelah minggu ketiga.

“Tahan kontraksikan otot-otot dasar panggul hitung sampai lima detik terus lepas. Berapa kalinya tentu tergantung kemampuan kita, awal-awal mungkin sampai 10 kali tapi nanti terus tingkatkan frekuensinya,” kata dr Lucky.

Bisa dilakukan pria
Senam kegel juga bisa dilakukan oleh pria dan manfaat dari otot dasar panggul yang lebih terlatih adalah ia jadi bisa mengontrol aliran air mani dan urine.

Kerja otot dasar panggul pada pria bisa diamati dari gerakan penis yang naik turun dalam keadaan ereksi. Dilakukan rutin senam dapat memberikan manfaat orgasme yang lebih intens, mencegah ejakulasi dini dan dapat melakukan hubungan seks yang lebih baik dan lebih lama.

Jangan berlebih
Kesalahan yang umum terjadi ketika seseorang mencoba senam kegel adalah berusaha mengontraksikan otot terlalu kuat. Kalau sudah demikian bukan manfaat yang didapat melainkan efek buruk.

“Karena menguat atau otot menjadi terlalu kencang, masalah yang sering terjadi adalah otot kehilangan keseimbangan, tidak terkendali atau tidak bisa berkontraksi,” terang Belisa Vranich, psikolog yang mengambil spesialisasi pada kesehatan panggul dan sistem pernapasan.

Tingkatkan kepuasan bercinta
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, senam kegel dapat meningkatkan performa beberapa aspek seksual yang penting pada pria. Sementara itu pada wanita senam kegel juga diketahui membantu melancarkan lebih banyak darah ke panggul sehingga sensasi jadi lebih menyenangkan saat penetrasi.


Referensi tulisan ini dari sukadirinews dot com

You may also like