Home Computer Begini Cara Screenshot Tampilan di Windows Dengan Mudah

Begini Cara Screenshot Tampilan di Windows Dengan Mudah

by Mas Admin
Mengambil screenshot cukup sederhana pada hampir semua platform. Pada Windows, semua orang tahu bahwa itu sesederhana menekan tombol Prt Sc (print screen) pada keyboard, yang menangkap keseluruhan layar untuk Anda. Saat kami mulai menggunakan MacBook Air, kami dengan cepat menemukan bahwa cmd + shift + 3 mengambil tangkapan layar dari keseluruhan layar dan cmd + shift + 4 memungkinkan Anda memilih sebagian layar untuk screenshot.

Kami telah menggunakan Windows selama puluhan tahun dan mendapati diri kami bertanya-tanya mengapa platform Microsoft tidak memiliki jalan pintas serupa. Menangkap layar penuh dan menempelkannya di MS Paint sepertinya cara yang terlalu rumit untuk mengambil screenshot. Hal itu menyebabkan beberapa pencarian cepat melalui bantuan dan ternyata ada banyak cara yang lebih baik untuk mengambil screenshot di Windows. Perhatikan bahwa metode ini akan bekerja di Windows XP atau versi OS yang lebih baru, kecuali Snipping Tool, yang hanya diperkenalkan di Windows Vista.

 
 Mengambil screenshot cukup sederhana pada hampir semua platform Begini Cara Screenshot Tampilan di Windows Dengan Mudah
1. Menyimpan screenshot dari seluruh layar ke file

Cara menyimpan screenshot dari keseluruhan layar langsung ke file di Windows:
Tekan tombol Windows + Print Screen (PrtSc). Ini akan menyimpan tangkapan layar di Dokument Foto di komputer Anda.
Untuk menemukan screenshot, jalankan Explorer dan di panel kiri klik Pictures. Buka folder Screenshots di sini untuk menemukan screenshot Anda yang tersimpan.

2. Menyimpan screenshot ke clipboard

Cara termudah untuk mengambil screenshot adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

Tekan Print Screen yang menyalin layar ke clipboard.
Sekarang, buka MS Paint, Word atau aplikasi lain yang bisa mengedit gambar.
Tekan Ctrl + v untuk menempelkan tangkapan layar di aplikasi.
Anda sekarang dapat menyimpan file ini di manapun Anda suka.

3. Mengambil screenshot dari jendela yang terbuka

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari aplikasi atau jendela yang telah Anda buka, ikuti langkah-langkah ini.

Klik pada aplikasi yang ingin Anda ambil screenshot. Pastikan itu ada di latar depan dan tidak di belakang aplikasi terbuka lainnya.
Tekan alt + Print Screen.
Buka MS Paint atau aplikasi pilihan Anda.
Tekan ctrl + v.
Ini akan menempelkan tangkapan layar jendela yang terbuka di Paint.
Anda bisa menyimpan screenshot di manapun Anda suka.

4. Mengambil Sreenshot dari sebagian layar

Di sinilah Anda menggunakan Windows Snipping Tool. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengambil screenshot dari bagian layar.

Buka Snipping Tool. Ada di menu Start > All Programs > Accessories. Anda juga bisa membuka menu Start dan cukup menggunakan kotak pencarian untuk menemukannya.
Sekarang klik panah bawah di sebelah New.
Pilih Snip Rectangular atau Free form Snip. Yang pertama memungkinkan Anda menangkap screenshot persegi panjang dan yang kedua memungkinkan Anda menggambar bentuk apapun di layar dan mengambil tangkapan layar dari bagian itu.
Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat menggunakan alat Snipping untuk membubuhi keterangan tangkapan layar jika diperlukan dan menyimpannya ke PC Anda.

Metode terakhir ini memungkinkan Anda dengan cepat memilih sebagian layar yang Anda butuhkan untuk pekerjaan Anda, sehingga menghemat banyak waktu dalam proses ini.

Begitulah cara mengambil screenshot di Windows. Ini adalah metode sederhana tapi ternyata bahwa banyak orang yang belum mengetahui semuanya. Semoga bermanfaat.


Referensi tulisan ini dari sukadirinews dot com

You may also like