Home Tutorial Cara Cerdas Mengatasi Windows 10 yang Rakus Kuota Internet

Cara Cerdas Mengatasi Windows 10 yang Rakus Kuota Internet

by Mas Admin
 yang hadir dengan bermacam fitur dan kelebihan  Cara Cerdas Mengatasi Windows 10 yang Rakus Kuota Internet

theverge.com

Cara Cerdas Mengatasi Windows 10 yang Rakus Kuota Internet – Windows 10 yang hadir dengan bermacam fitur dan kelebihan – kelebihannya memang sudah tak diragukan lagi. Namun di satu sisi selain memberikan kaya kelebihan – kelebihan, Windows 10 juga terdapat kekurangan tersendiri. Khususnya bagi para pengguna Windows 10 yang kuotanya minim banget.

Beberapa waktu yang lalu Admin sendiri sempat browsing menggunakan laptop Admin yang Windowsnya sudah Windows 10. Kala itu Admin menggunakan hostpot HP Admin untuk sekedar browsing sama ngeblog saja. Namun apa yang terjadi, tak disangka – sangka dalam waktu sekejap saja sudah habis kuota sekaya 1 GB. Wow, luar biasa bukan ?

Setiap kali Admin ingin ngeblog melalui laptop habisnya kuota sangat luar biasa. Dan hal itu menciptakan Admin malas ngeblog pakai laptop. Kemudian Admin punya trik mengakalinya. Bagaimana caranya ?

Pertama Admin sambungkan laptop Admin dengan hotspot HP terus digunakan untuk membuka menu menciptakan postingan baru. Lalu Admin menonaktifkan datanya. Dan saat ingin upload gambar, Admin nyalakan lalu menonaktifkan lagi. Kemudian saat akan mempublikasikannya, Admin nyalakan lalu menonaktifkan lagi. Udah gitu aja terus deh. Hehehe…

Tapi kalau gitu terus capek juga sih…

Alasan Windows 10 Boros

Borosnya Windows 10 ini tentu ada alasannya loh, kawan. Berikut merupakan sedikit penyebab borosnya Windows 10 :

  • Cortana dan sedikit fitur lainnya sangat tergantung kepada internet
  • Windows 10 memproses sinkronisasi di bermacam fiturnya
  • Proses Update Windows 10 menggunakan Peer-to-peer secara default, dimana pengguna lain dapat mengunduh update dari kamu secara P2P
Nah, dan kali ini akan Admin bagikan tutorial mengatasinya. Bagaimakah caranya ?
1. Matikan Automatic Update Windows
Ada dua cara untuk memenonaktifkan Automatic Update Windows. Yaitu secara halus dan paksa. Bagi kamu yang minim kuota internet, sebaiknya menonaktifkan Automatic Update Windows pada PCmu.
2. Matikan Automatic Update Apps

Update aplikasi memang penting. Siapa tahu dengan update apps dapat mendapatkan fitur terbarunya. Tenamun kalau kamu lagi kekurangan dana buat beli kuota lagi setelah update apps ya ingin gimana lagi, kamu harus memenonaktifkan Automatic Update Apps untuk sementara. Bagaimana caranya ?
Pergi ke Windows Store > Settings > lalu menonaktifkan Update Apps Automatically
3. Matikan Sync Settings
Jika kamu memenonaktifkan fitur ini, maka saat kamu menginstal ulang atau login di perangkat lain dengan akun yang sama, settings Windows kamu tak akan tersinkronisasi lagi. Cara memenonaktifkannya cukup buka Sync your settings > lalu menonaktifkan Sync Settings .

4. Matikan Sinkronisasi One Drive
Mungkin kamu jarang menggunakan One Drive pada PCmu. Nah, apabila jarang kamu dapat memenonaktifkan sinkronisasinya. Tapi ya terserah kamu juga sih. Caranya mudah, kamu cukup unlink saja. Dengan cara ini, PC dan akun One Drive mu tak akan terhubung lagi. 
5. Matikan 
Cloud Based Protection dapat menciptakan Windows dapat mengirimkan info tentang masalah keamanan pada Windows 10 yang kamu alami, sesampai kemudian mereka tahu dan cepat mengatasinya. Sedangkan Sample submission menciptakan Windows 10 otomatis mengirim sample malware ke Microsoft.  Baik Cloud Based Protection & Sample Submission memakai koneksi internet juga, meskipun tak begitu signifikan. Dan untuk memenonaktifkannya, caranya buka Windows Defender Settings > lalu menonaktifkan Cloud Based Protection & Sample Submission . 
6. Matikan Peer-to-Peer Update
Fitur ini menciptakan pengguna Windows 10 dapat saling berbagi file update Windows yang telah terunduh pada PC mereka. Kabar baiknya, pengguna Windows dapat menikmati unduhan update yang lebih cepat sebab tak tergantung di server Microsoft saja. Microsoft juga lebih menghemat resource server update mereka.
Untuk memenonaktifkannya, cukup ketikkan Windows Update pada Search Box > lalu pilih Advanced Windows Update OptionsChoose how updates are delivered > menonaktifkan Updates from more than one place . 
Referensi : WinPoin

You may also like

×