Home IDM Cara Melanjutkan Download File yang Kadaluarsa di IDM

Cara Melanjutkan Download File yang Kadaluarsa di IDM

by Mas Admin
Cara Melanjutkan Download File yang Kadaluarsa di IDM Cara Melanjutkan Download File yang Kadaluarsa di IDM

Cara Melanjutkan Download File yang Kadaluarsa di IDM – Di internet, selain ada fasilitas upload juga ada download. Apa itu download ? Download atau unduh atau mengunduh merupakan suatu kegiatan mengambil file yang telah diupload dari interenet. Nah, untuk mendownload itu juga perlu aplikasi bagi pengguna android, dan software bagi pengguna komputer.

Nah, ada sebuah software untuk mengambil file dari internet atau mendownload file, yaitu IDM.

IDM atau Internet Download Manager berguna untuk mengambil file atau mendownload file dari internet dengan kecepatan yang maksimal. Namun tetap tergantung koneksi internet yang kamu gunakan.

Jika biasanya kamu download file dari internet tanpa IDM, cukup kamu akan mendapati kecepatan downloadmu cukup lamban. Nah, dengan menggunakan IDM, kamu dapat mendownload file dari internet sampai kemudian mencapai kecepatan yang cukup maksimal.

Selain itu, kamu juga dapat mendownload file berupa aplikasi, game, gambar, musik, video sampai kemudian dokumen melalui IDM.

Mengapa mendownload di IDM lebih cepat ?

Jawabannya merupakan sebab ketika kamu mendownload di IDM, file downloadtannya akan dipecah – pecah. Ini seperti ketika kamu menjadi ketua kelompok dan membagikan tugas pada setiap anggotamu dan kemudian menjadikan satu. Nah, IDM juga begitu. Setelah setiap potongan file yang dipecah, maka akan digabungkan kembali menjadi sebuah file yang dapat kamu gunakan.

Dengan begitu, kamu akan lebih cepat untuk mendownload filenya. Berbeda apabila kamu mendownload file berurutan mulai dari 0 KB sampai kemudian selesai. Ini juga sama seperti ketika kamu menjadi seorang ketua kelompok yang terdiri dari 5 orang, dan kamu mengerjakan tugas kelompokmu sendirian. Susah kan?

Lain lagi apabila kamu akan mendownload file yang ukurannya hanya sedikit MB. Mungkin kamu tak perlu menggunakan IDM.

Oke, sekarang kelemahannya.

Kelemahan IDM merupakan ketika kamu menunda atau mem-pause sebuah file yang belum selesai di download, sedikit jam kemudian atau bahkan keesokan harinya kamu tak dapat melanjutkan untuk mendownload file sebab filenya kadaluarsa dan ini terjadi sebab server membatasi waktu ketika mengunduh.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melakukan hal ini :

  1. Buka IDM
  2. Klik kanan pada file yang akan dilanjutkan untuk diunduh
  3. Klik resume download
  4. Jika muncul peringata, klik ok
  5. Kemudian kamu akan disuruh mendownload file yang baru 
  6. Klik pause
  7. Buka IDM kembali dan klik kanan pada file barunya
  8. Pilih properties dan copy urlnya
  9. Buka downloadtan yang kadaluarsa dan paste urlnya
  10. Klik OK
  11. Jika sudah,maka silahkan kamu lanjutkan untuk mengunduh file yang kadaluarsa dengan mengklik resume 
  12. Selesai
Mudah bukan ?
Sekian ” Cara Melanjutkan Download File yang Kadaluarsa di IDM ” 

You may also like