Home / Blogging / Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google

Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google

Melaporkan Blog Copas Ke Google – Kegiatan blogging identik dengan kegiatan menulis dan mempublikasikan hasil tulisan lewat media blog yang kita punya agar dapat dibaca oleh kaya orang. Dengan fakta seperti itu, blogging juga dapat diartikan sebagai aktifitas sharing atau berbagi.

Tag
Melaporkan Blog Copas Ke Google
Melaporkan Blog Copy Paste Ke Google
Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google
Cara Melaporkan Blog Copy Paste Ke Google

Ada kaya manfaat dengan melakukan aktifitas blogging dan berbagi seperti ini, salah satunya merupakan menambah ilmu dan pertemanan. Meskipun demikian, ada juga blogger nakal yang sengaja menggunakan konten yang telah kita bagi untuk kepentingan buruk serta dengan mengambil dengan cara yang buruk seperti copas atau copy paste tanpa izin dan diterbitkan ulang di blog mereka.

Tindakan copy paste sangat merugikan bagi pihak yang menjiplak dan pihak yang dijiplak. Pihak penjiplak akan kehilangan kreatifitasnya dalam menciptakan konten berkualitas sementara pihak yang dijiplak akan dirugikan sebab hasil karyanya tak dihargai.

Tindakan copy paste sembarangan tanpa izin terang merugikan bagi kita. Konten blog yang dibuat sedemikian rupa harus terduplikasi tanpa izin. Hal ini tentu akan menciptakan kita merasa disepelekan sebab konten kita yang sudah dibuat susah payah dicuri begitu saja. Selain itu, ancaman terbesarnya merupakan status banned dari Google pada blog kita sebab adanya duplikasi konten yang beredar di search engine.

 Kegiatan blogging identik dengan kegiatan menulis dan mempublikasikan hasil tulisan lewat Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah kayanya pencurian konten melalui copy paste guna diterbitkan ulang oleh blogger lain yang dilakukan tanpa izin merupakan dengan melaporkan blog yang menerbitkan ulang konten hasil copy paste dari blog kita tersebut kepada Google. Meskipun demikian, kita harus benar-benar yakin apabila konten blog kita telah di copy paste dan diterbitkan ulang oleh blog orang lain. Jangan sampai kita memberikan laporan palsu yang akhirnya merugikan diri sendiri. Hal ini dicukupkan sebab blog yang dilaporkan atas dugaan copy paste konten akan terdapat hak jawab apakah dia memang benar melakukannya. Jika tak terbukti, bukan tak cukup kita sebagai pelaporlah yang akan menerima sanksi dari Google.

Baca :  Mengenal Fitur Jump Break Pada Blogspot

Adapun cara untuk melaporkan blog yang telah melakukan aksi copy paste tanpa izin kepada Google merupakan sebagai berikut.

1. Masuk ke Google DMCA. Ubah pengaturan bahasa ke Bahasa Indonesia apabila kita kurang memahami arti Bahasa Inggris.
2. Produk Google yang terkait pelaporan: Blogger/Blogspot.
3. Alasan pelaporan: Saya menemukan konten yang cukup melanggar hak cipta admin.
4. Kepemilikan hak cipta dan kuasa: Ya, admin merupakan pemilik hak cipta atau diizinkan untuk bertindak atas nama pemilik hak eksklusif yang diduga dilanggar.
5. Pesetujuan pernyataan pelaporan: Ya.
6. Jenis konten yang dilanggar: Teks atau pilih konten apa yang telah di copy paste sesampai kemudian ingin dilaporkan.
7. Klik gunakan formulir ini untuk mengirimkan permintaan anda.
8. Isi informasi kontak dengan benar.

 Kegiatan blogging identik dengan kegiatan menulis dan mempublikasikan hasil tulisan lewat Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google

9. Isi URL postingan asli milik kita dan berikan deskripsinya serta masukan URL postingan blog yang melakukan copy paste.

 Kegiatan blogging identik dengan kegiatan menulis dan mempublikasikan hasil tulisan lewat Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google

10. Contreng pernyataan untuk konfirmasi kebenaran.
11. Masukan tanggal dan tanda tangan digital.

 Kegiatan blogging identik dengan kegiatan menulis dan mempublikasikan hasil tulisan lewat Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google

12. Klik kirim.

Google akan mengirimkan email konfirmasi kepada blog yang melakukan copy paste konten blog kita. Google akan menyuruhnya untuk melakukan perbaikan berupa edit agar konten tersebut tak 100% mirip dengan konten blog kita. Jika terlapor tak melakukan perubahan maka postingan tersebut akan dihapus oleh Google.

panduan-belajar-blog

About xenodochial-rhodes