Home Tips & Trik Cara Melihat Password Pada Browser

Cara Melihat Password Pada Browser

by Mas Admin
SIRINKODINGWeb Browser atau Penjelajah Web atau Peramban Web merupakan perangkat lunak yang berguna untuk menerima dan menyaapabilan sumber informasi di internet, informasi yang di saapabilan dapat berupa text, gambar, video atau jenis konten lainnya. Tidak hanya itu web browser juga dapat di gunakan untuk mengakses informasi yang di sediakan oleh server web dalam jaringan pribadi. ada sedikit web browser yang paling populer saat ini yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera dan Safari.
Sejarah Web Browser
Penjelajah web pertama bernama WorldWideWeb di ciptakan Tim Berners-Lee. Nama penjelajah tersebut kemudian diubah menjadi Nexus.

Pada tahun 1993, Marc Andreessen melakukan inovasi penjelajah web dengan merilis Mosaic kemudian Netscape, perampan web populer pertama di dunia yang menciptakan sistem Internet mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang kekayaan. Penjelajah web Andreesen memicu ledakan popularitas di Internet pada tahun 1990-an. Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perbisnisan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-yang kemudian mempengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser yang paling populer di dunia, menguasai 90% dari semua penggunaan penjelajah web di dunia (lihat bagian penggunaan web browser).

Microsoft menanggapinya dengan menciptakan Internet Explorer pada tahun 1995, juga sangat dipengaruhi oleh Mosaic, dan memulai perang penjelajah web pertama di industri Internet. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar penjelajah web. Raihan penggunaan Internet Explorer memuncak dengan jumlah lebih dari 95% pada tahun 2002.

Opera memulai debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah mencapai penggunaan secara luas, terdapat kurang dari 2% pangsa penggunaan browser pada Februari 2012 menurut Net Applications. Versi mini Opera (Opera Mini) memberikan tambahan pangsa pasar, pada bulan April 2011 sebesar 1,1% pada penggunaan penjelajah web secara keseluruhan, tenamun terfokus pada pasar ponsel yang tumbuh cepat. Opera Mini terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Opera Mini ini juga tersedia di sedikit sistem benam lain, termasuk konsol video game Nintendo Wii.

Pada tahun 1998, Netscape meluncurkan apa yang kemudian akan menjadi Mozilla Foundation dalam upaya menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak sumber terbuka. Penjelajah web tersebut akhirnya akan berkembang menjadi Firefox. Hingga Agustus 2011, Firefox terdapat pangsa pasar 28% penjelajah web dunia.

Safari merilis versi beta pada Januari 2003. Hingga April 2011, Safari terdapat pangsa dominan untuk penjelajah web berbasis Apple, dan menguasai lebih dari 7% dari pasar penjelajah web dunia.

Pendatang baru di pasar penjelajah web merupakan Google Chrome. Pertama kali dirilis pada bulan September 2008, popularitas Chrome meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya dari 8% menjadi 16% pada bulan Agustus 2011. Peningkatan ini berbanding terbalik dengan popularitas Internet Explorer yang cenderung menurun dari bulan ke bulan. Pada Desember 2011, Google Chrome menyalip Internet Explorer 8 sebagai web browser yang paling kaya digunakan namun tetap lebih rendah apabila dibandingkan dengan jumlah gabungan semua versi Internet Explorer yang digunakan. Untuk info lebih kompleksnya silahkan kunjungi halaman wikipedia di  https://id.wikipedia.org/wiki/Penjelajah_web)

Cara Melihat Password Pada Browser 10

Ada keuntungan dan kerugian saat anda menyimpan Password pada browser, Keuntungannya anda tak harus memasukkan password pada saat login. Kerugiannya password anda dapat kena hack, baik itu melalui internet secara online ataupun melalui offline, Dengan meminjamkan PC / Laptop anda kepada orang lain mereka dapat melihat password anda dengan mudah sebab password  sudah tersimpan di browser.

Cara melihat Password Pada Google Chrome :

1. Klik gambar Titik Tiga pada sudut kanan atas Google Chrome lalu pilih Settings – Geser Mouse ke bawah sekali klik Show advanced settings..
2. Geser mouse ke bawah Cari Passwords and forms – Offer to save your web passwords. klik Manage passwords sesampai kemudian keluar tampilan seperti pada gambar di bawah
Cara Melihat Password Pada Browser 11
Form View Password Google Chrome

3. Untuk Melihat Password klik Show


Cara melihat Password Pada Mozilla Firefox :
1. Klik gambar Garis Tiga pada sudut kanan atas browser lalu klik Options Pilih Security – Pilih Logins dan klik Saved Logins…
2. Untuk melihat password klik Show Passwords 
Cara Melihat Password Pada Browser 12
Form View Pass Mozilla Firefox

Demikianlah info Cara Melihat Password Pada Browser, untuk menghindari pencurian password pada browser sebaiknya jangan mengizinkan browser menyimpan password, Jika sudah selesai menggunakan browser hapus Cache browser dapat juga gunakan aplikasi deepreeze lalu block sistem drive C  atau dapat juga gunakan keyboard virtual agar supaya anda aman dari pencuri. baik secara online inginpun offline.

You may also like

×