Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

By | June 21, 2019
Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 1

Mungkin sobat pernah mengalami komputer berjalan lambat atau lemot, mungkin salah satu penyebabnya adalah banyaknya file sampah yang menumpuk di hardisk komputer sobat. Jika dibiarkan terus menerus akan membuat hardisk cepat penuh dan komputer akan semakin lemot.

File sampah ini akan tersimpan secara otomatis ketika sobat memasang aplikasi, menghapus aplikasi, mencari informasi di internet, bermain game dan lain-lain. Seperti Saya bilang tadi jika dibiarkan akan terus-menerus menumpuk dan membuat hardisk cepat penuh yang menyebabkan komputer sobat lemot.

Sebenarnya disistem operasi Windows sudah ada aplikasi bawaan untuk membersihkan sampah, jadi sobat tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga kalaupun tidak memuaskan aplikasi bawaan Windows karena komputer tetap saja lemot, sobat dapat memakai cara manual.

Cara Membersihkan File Sampah Dengan Aplikasi Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah aplikasi bawaan Windows untuk membersihkan sampah, berikut ini langkah-langkah membersihkan sampah dengan aplikasi Disk Cleanup :

Tekan tombol Search yang berada di taksbar lalu ketikan Disk Cleanup pada kolom pencarian lalu tekan enter.

Maka akan muncul jendela Disk Cleanup, untuk membersihkan file sampah sobat harus memilih partisi mana yang ingin dibersihkan. Misalnya ingin membersihkan file sampah yang terdapat di localdisk C, maka pilih (C:), jika ingin membersihkan file sampah localdisk D, maka pilih (D:) lalu klik OK.

Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 2

Maka akan muncul jendela baru untuk memilih file sampah mana yang harus dihapus dengan mencentang file tersebut, jika sudah klik OK.

Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 3

Maka akan muncul jendela peringatan, klik saja Delete Files dan proses pembersihan akan berjalan.

Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 4

Selamat sekarang komputer sobat telah terbebas dari file sampah, lakukan cara ini minimal seminggu sekali atau ketika sobat sudah melihat ruang hardisk semakin penuh.

Membersihkan File Sampah Dengan Cara Manual

Jika sobat merasa aplikasi Disk Cleanup kurang memuaskan dalam membersihkan file sampah maka sobat dapat menggunakan cara manual, tenang saja walaupun manual sobat tidak akan bingung dengan cara ini, karena cara manual ini sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya :

Tekan tombol kombinasi Windows+R untuk membuka jendela Run, ketikan %temp% di kolom yang tersedia lalu tekan enter.

Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 5

Maka akan muncul jendela File Explorer yang berisi file temporay, disini sobat akan menghapus file tersebut dengan cara tekan tombol kombinasi Ctrl+A kemudian tekan tombol Delete.

Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 6

Tekan lagi tombol kombinasi Windows+R, setelah jendela Run muncul ketikan temp pada kolom yang tersedia lalu tekan enter.

Maka akan muncul jendela peringatan, klik saja Continue.

Hapus semua file yang ada di berkas tersebut.

Terakhir tekan lagi tombol kombinasi Windows+R kemudian ketikan prefetch, lalu tekan enter, lalu sobat hapus semua file tersebut.

Mudah buka untuk sobat lakukan, jika ada yang masih bingung atau kurang paham jangan malu untuk bertanya di kolom komentar. Demikian artikel Cara Menghapus File Sampah Di Windows dan selamat mencoba.