Cara Memblokir Semua Iklan Aplikasi Android Tanpa Root Dan Hemat Baterai

By | April 12, 2018

Ridopedia – Hai pembaca semua, jumpa lagi di Ridopedia.com.
Gimana kabar anda semua? Semoga sehat selalu dan tidak sakit.
Jadi postingan kali ini admin ridopedia akan memberikan tutorial cara mudah untuk memblokir semua iklan dari aplikasi Android tanpa root dan hemat baterai.

Walaupun untuk melakukannya smartphone Android anda semua tidak perlu di root dulu, Akan tetapi anda semua memerlukan aplikasi pihak ke-3 yang akan admin ridopedia beri link downloadnya di bawah. Aplikasi ini adalah aplikasi open source yang dikembangkan oleh Julian Klode, aplikasi ini adalah DNS66.

Tidak seperti ad blocker pada umumnya, aplikasi ad blocker dari Klode ini bekerja pada tingkat DNS , yang berarti hanya menyaring lalu lintas singkat saat koneksi internet tersambung pertama kali, itulah yang menjadikan aplikasi ini tidak banyak mengonsumsi daya baterai. Yang paling penting, aplikasi ini benar-benar gratis dan open source.
Selanjutnya, silahkan simak tutorial step by step dibawah ini.

Cara Memblokir Semua Iklan Dari Aplikasi Android Tanpa Root Dan Tanpa Membebani Baterai

1. Install DNS66

Karena untuk melakukan cara ini anda semua harus mempunyai DNS66, maka silahkan download aplikasinya melalui salah satu link di bawah ini. Jangan mencari aplikasi ini di Play Store, karena sudah pasti tidak akan ada disana. Tenang saja, aplikasi ini open source dan gratis kok.

Setelah selesai mendownload aplikasi DNS66, silahkan langsung saja di instal.

2. Pilih Filter Domain

Saat pertama kali menjalankan aplikasi, anda semua akan disuguhkan dengan tab Start . anda semua dapat menyesuaikan beberapa pengaturan di sini Nah apabila mau, tapi untuk sebagian besar pengguna, sebaiknya pilih opsi yang ditetapkan sesuai keinginan.

Selanjutnya, masuklah ke tab Hosts di bagian atas layar. Dari sini, anda semua harus memilih setidaknya satu file host penghosting iklan, yang pada dasarnya merupakan daftar server iklan yang dikenal akan memblokir DNS66 untuk anda semua.

Beberapa sumber host yang berbeda diaktifkan secara default, Akan tetapi beberapa terkadang gagal mendownload. Jadi memudahkannya admin ridopedia merekomendasikan hanya mengaktifkan “file host Adaway” di sini. Ini adalah daftar pemblokiran iklan yang bagus dan jarang masalah seperti beberapa file host lainnya yang anda semua temui.

Jadi, sentuh ikon perisai di samping salah satu sumber untuk mengaktifkan atau menonaktifkan file hosts. Saat ikon perisai hidup, sumber host diaktifkan. Setelah agam memilih setidaknya satu sumber file hosts, tekan ikon refresh untuk mendownload file hosts.

3. Mengaktifkan Layanan VPN

Dari sini, kembali ke tab Start dari menu atas, lalu ketuk ikon “Start” di bagian bawah layar untuk memulai layanan pemblokiran iklan VPN. Lalu tekan “OK” pada popup untuk mengatur DNS66 sebagai layanan VPN smartphone anda semua.

4. Nikmati Aplikasi Favorit Tanpa Iklan

Mulai sekarang, iklan akan diblokir di browser anda semua serta di semua aplikasi anda semua yang lain oleh layanan VPN DNS66. Saat layanan aktif, anda semua akan melihat ikon tombol kecil di bilah status anda semua.

Tidak seperti ad blocker berbasis VPN lainnya, DNS66 memblokir iklan pada tingkat DNS. Ini berarti bahwa hanya lalu lintas DNS yang dialihkan melalui DNS66 dan difilter untuk iklan, Akan tetapi sebagian besar metode yang digunakan di aplikasi serupa yaitu dengan memfilter semua lalu lintas data untuk iklan.

Dari situ dapat kita tarik kesimpulan bahwa semua iklan akan diblokir secara sistemik tapi karena hanya sedikit data yang disaring maka DNS66 memiliki kebutuhan daya baterai yang sangat minim. Dibandingkan dengan aplikasi serupa misal Adguard (yang memfilter iklan di semua lalu lintas), anda semua dapat melihat bahwa DNS66 bahkan tidak muncul di statistik penggunaan daya baterai, sedangkan Adguard berada di puncak aplikasi pengguna daya baterai.
Oh iya hampir lupa, metode ini umumnya hanya untuk Android versi Lollipop keatas.

Itulah tutorial singkat tentang cara menghilangkan iklan di smartphone Android tanpa root dan hemat baterai.
Kunjungi selalu ridopedia.com untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
anda semua juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Silahkan share artikel ini di sosmed dan kunjungi terus ridopedia.com semoga bermanfaat.