Home GOFOOD Cara Mengantisipasi dan Melaporkan Penipuan Mengaku GOJEK

Cara Mengantisipasi dan Melaporkan Penipuan Mengaku GOJEK

by Mas Admin

Dengan sistem keamanan tingkat tinggi yang diterapkan, Anda bisa tenang menggunakan aplikasi GOJEK. Hanya saja Anda tetap patut mewaspadai berbagai modus penipuan yang merebak. Berikut cara mengantisipasi dan melaporkan penipuan yang mengaku dari GOJEK.

Cara Mengantisipasi dan Melaporkan Penipuan Mengaku GOJEK 1
GOJEK terus meningkatkan keamanan bagi pengguna aplikasi agar terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan GOJEK
Setiap tahun, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau GOJEK terus meningkatkan sistem keamanan aplikasi bagi penggunanya. Untuk Anda user aplikasi pelanggan GOJEK ataupun aplikasi resto GOBIZ, tidak perlu khawatir karena aplikasi GOJEK sangat AMAN.

Selama ini masalah yang terjadi diakibatkan hanya saja ketidaktahuan pengguna aplikasi sampai bisa terkena penipuan. Oleh karena itu, setiap tahun, pihak GOJEK terus memberikan edukasi kepada seluruh user aplikasi GOJEK agar terhindar dari penipuan.

Tahun 2020 ini, pihak GOJEK mengajak Anda untuk lebih berhati-hati terhadap semua modus penipuan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Dilansir dari informasi resmi GOJEK, yang sangat penting Anda ingat, yaitu pihak GOJEK dan mitra driver GOJEK tidak pernah meminta Anda membagikan kode OTP (One Time Password).


GOJEK juga tidak pernah melakukan panggilan telepon ke nomor tertentu yang berawalan **21*, **62*, **67*, **61* dan sebagainya dengan alasan apapun.

Nomor telepon dengan format tersebut, menurut GOJEK, merupakan fitur Call Forwarding yang bisa mengalihkan telepon yang masuk ke nomormu ke nomor lain tanpa sepengetahuan Anda.

Sedangkan, kode OTP yang diterima melalui SMS berfungsi sebagai verifikasi saat adanya percobaan pergantian profil baik yang disadari maupun tidak disadari oleh pemilik akun seperti PIN, nomor telepon, email, nama dan lain sebagainya pada aplikasi GOJEK.

Baik akun user GOJEK dan user aplikasi GOBIZ, dilengkapi dengan verifikasi kode OTP sebagai pengaman akun. Karena itu, Anda diminta berhati-hati terhadap segala jenis pesan dan panggilan telepon dan SMS mencurigakan yang menyerupai atau mengatasnamakan GOJEK/mitra driver GOJEK.


Tiga point yang perlu Anda perhatikan:

Pertama driver atau mitra GOJEK tidak pernah meminta kode OTP dan PIN dengan alasan apapun, apalagi memakai iming-iming menang hadiah.

Kedua, GOJEK juga tidak pernah meminta pengguna untuk menelepon ke nomor yang berawalan ** atau # walau ada kendalan saat Anda memesan.

Ketiga, GOJEK tidak pernah meminta transfer uang ke akun bank tertentu dengan alasan apapun. Karena semua transaksi harus sesuai dengan aplikasi.


Anda patut waspada dan menjaga kerahasiaan data pribadi Anda untuk menghindari modus penipuan. Nah jiak ada keraguan karena permintaan yang mencurigakan, Anda bisa melaporkannya.


Cara Melaporkan Penipuan atas nama GOJEK

Telepon ke customer service GOJEK 021-5084-9000


Nah, jika Anda mendapatkan permintaan yang mencurigakan tersebut, disarankan Anda segera pasang atau ganti PIN untuk mengamankan akun.

Demikianlah bagaimana cara mengantisipasi dan melaporkan penipuan yang mengaku atau mengatasnamakan dari GOJEK. Semoga membantu Anda.

You may also like