Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka Di Android

Posted on

Ridopedia – Hai pembaca semua, jumpa lagi di Ridopedia.com.
Bagimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu dan tidak sakit.
Jadi postingan kali ini admin ridopedia akan mebahas mengenai masalah dari aplikasi Facebook yang tidak bisa dibuka. Walaupun bisa dibuka kadang langsung force close sendiri. Nah Nah apabila anda semua mengalami hal serupa maka silahkan simak pembahasan admin ridopedia sampai selesai. Akan tetapi di setiap langkah tutorial yang admin ridopedia berikan nanti mungkin agak berbeda dengan yang ada di smartphone Android anda semua karena beda versi dan smartphonenya juga bisa menyebabkan berbeda juga menunya. Dalam tutorial ini admin ridopedia menggunakan smartphone Soni Xperia Z1 dengan OS Android 5.0.2 Lollipop.

Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka Di Android

Secara umum penyebab dari aplikasi Facebook yang tidak bisa dibuka disebabkan karena aplikasi tersebut tidak bisa beroperasi dengan baik dikarenakan beberapa hal, bisa jadi terjadi error aplikasinya, terjadi penumpukan file cache, dan juga penyebab-penyebab lainnya. Dari beberapa kemungkinan tersebut admin ridopedia sudah merangkum beberapa metode yang bisa anda semua lakukan untuk memperbaiki masalah pada aplikasi Facebook tersebut.

1. Hapus File Cache Android

Nah apabila anda semua menemukan error dalam aplikasi apapun, tidak hanya untuk Facebook, bisa juga untuk BBM, Whatsapp, Instagram, dan lainnya, cobalah untuk melakukan pembersihan file cache pada aplikasi tersebut. Sebenarnya file cache tersebut disimpan oleh suatu aplikasi bertujuan untuk mempermudah dan menghemat data saat kita memanggil suatu data yang pernah kita panggil dari suatu server. Akan tetapi penumpukan file cache yang terlalu banyak di smartphone juga bisa sangat merugikan salah satunya yaitu bisa mengganggu kinerja Android yang berdampak pada aplikasi.

Untuk menghapus file cache tersebut ada beberapa cara, yaitu bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti fitur Purify dari King Root atau 360 Security juga mempunyai fitur pembersih cache. Akan tetapi cara yang akan admin ridopedia gunakan adalah cara manual tanpa menggunakan aplikasi.

Metode 1

  1. Buka Setelan
  2. Klik menu Aplikasi
  3. Pilih aplikasi Facebook
  4. Kemudian tap pada Hapus Cache

Metode 2

  1. Buka Setelan
  2. Klik menu Penyimpanan
  3. Tap pada menu Data dalam cache, lalu pilih Oke.

2. Paksa Hapus Data

Nah apabila cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah tersebut, maka cara selanjutnya mungkin agak kasar, yaitu melakukan Hapus Data. Akan tetapi perlu dicatat cara ini akan menghapus semua data dari aplikasi mulai dari history, basis data, setelan, dan juga data login. Namu hal tersebut tidak terlalu penting karena anda semua masih bisa login lagi. Untuk melakukan hapus data anda semua bisa melakukan dengan langkah dibawah ini.

  1. Buka menu Setelan
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Cari menu aplikasi Facebook
  4. Klik Berhenti Paksa, lalu tap Hapus Data

3. Update Aplikasi Facebook

Versi aplikasi yang sudah usang juga bisa menyebabkan kinerjanya tidak maksimal, malah kadang tidak bisa digunakan. Nah apabila sudah seperti itu satu-satunya pilihan adalah melakukan update aplikasi tersebut. Nah apabila anda semua ingin mengupdate aplikasi Facebook, anda semua bisa mendownloadnya melalui salah satu link dibawah ini.

Setelah anda semua selesai mendownloadnya silahkan langsung di instal saja tidak perlu mencopot aplikasi Facebook yang lama.

4. Install Ulang Aplikasi Facebook

Nah apabila cara diatas juga masih belum bisa, silahkan instal ulang saja aplikasi Facebook secara keseluruhan. Caranya bagaimana?
Caranya agak mirip dengan pada metode diatas. Cuma bedanya aplikasi Facebook anda semua yang lama di copot dulu, baru di instal lagi dengan aplikasi Facebook yang baru. Untuk mendapatkan aplikasi Facebooknya anda semua bisa mendownloadnya melalui salah satu link diatas pada cara ke-3.

Itulah beberapa cara yang bisa anda semua lakukan Nah apabila menjumpai masalah pada aplikasi Facebook yang tidak bisa dibuka.
Kunjungi selalu ridopedia.com untuk mendapatkan tutorial-tutorial lainnya. anda semua juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Silahkan share artikel ini di sosmed dan kunjungi terus ridopedia.com, semoga bermanfaat.