Home Android Cara Mengatasi HP Android Hilang Sinyal

Cara Mengatasi HP Android Hilang Sinyal

by PediaKita

Cara Mengatasi HP Android Hilang Sinyal

Ridopedia – Hai pembaca semua, jumpa lagi di Ridopedia.com.
Gimana kabar anda semua?
Semoga sehat selalu dan tidak sakit.
Jadi postingan kali ini admin ridopedia akan membahas cara mengatasi HP Android hilang sinyal.

Sinyal adalah bagian vital yang paling penting pada HP, karena sinyal adalah nyawanya HP. Sebanyak apapun kuota internet anda semua kalau HP mengalami hilang sinyal atau sinyal tidak muncul ya tetap tidak bisa digunakan. Penyebab sinyal HP hilang bisa bermacam-macam, nanun akan admin ridopedia jelaskan satu persatu kemungkinan penyebabnya dan cara mengatasinya.

Semua HP Android sebenarnya sama dalam permasalahan hilang sinyal, sehingga pembahasan dalam artikel ini berlaku untuk sebagian besar vendor HP seperti Samsung, Sony Experia, Nokia, Asus, Acer, Xiaomi, Oppo, Vivo, Lenovo, Huawei, dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara mengatasi HP Android hilang sinyal.

Cara Mengatasi HP Android Hilang Sinyal

Cara Mengatasi HP Android Hilang Sinyal 4

1. Restart HP Android

Cara pertama ini cukup sederhana, Akan tetapi Nah apabila masalah yang terjadi pada HP Android anda semua tidak serius biasanya dapat sembuh dengan melakukan restart, termasuk HP Android yang hilang sinyal.

2. Setting Ulang APN

APN atau Access Point Name adalah gerbang utama untuk menerima sinyal dari provider. Setiap provider operator telepon mempunyai pengaturan APN yang berbeda. Jadi sangat mungkin terjadi hilangnya sinyal HP anda semua karena pengaturan APN yang kurang tepat. Silakan anda semua atur APN sesuai dengan provider telepon yang anda semua pakai, untuk pengaturannya anda semua bisa lihat di website resmi provider atau silakan anda semua lihat artikel ini.

3. Cari Lokasi Lain

anda semua juga perlu menyesuaikan provider operator yang anda semua pakai dengan lokasi tempat anda semua berada. Karena ada beberapa tempat yang memang operator tertentu tidak dapat menangkap sinyal. Coba anda semua pindah ke area yang lebih ramai, tengah kota misalnya.

4. Masalah Sistem Android

Sistem Android anda semua yang mengalami galat juga bisa menyebabkan HP hilang sinyal. Apalagi HP anda semua menggunakan sistem FU atau Unlock Operator. Misalnya anda semua menggunakan HP Sony Xperia versi Docomo, yang sebenarnya hanya bisa menggunakan operator Docomo di Jepang. Akan tetapi karena di Unlock maka jadi bisa digunakan oleh semua operator, dan tidak jarang mengalami error hilang sinyal. Cara mengatasinya yaitu di Flash atau juga bisa di Unlock ulang.

5. Membersihkan Chip Kartu SIM

Kartu SIM yang chip kuningannya kotor membuat tidak menempel pada slot kartu HP karena kotor, sehingga efeknya HP menjadi hilang sinyal karena kartu SIM tidak terdeteksi. Cara membersihkannya cukup anda semua gosok permukaan chip kuningan kartu SIM menggunakan karet penghapus pensil.

6. Memperbaiki Slot Kartu SIM

Kalau ini admin ridopedia sarankan anda semua untuk membawa HP anda semua ke tempat servis, karena harus membongkar HP. Slot kalau sudah lama biasanya kendor sehingga tidak bisa terhubung ke kartu SIM dengan sempurna. Kalau masih bisa diperbaiki ya diperbaiki, tapi kalau tidak bisa ya terpaksa harus diganti.

7. Memperbaiki Antena Receiver Sinyal

Antena receiver atau antena penerima sinyal merupakan bagian terpenting untuk menangkap transmisi gelombang sinyal. Nah apabila terjadi kerusakan maka harus diperbaiki agar sinyal muncul kembali. Biasanya antena sinyal bisa bergeser karena HP terjatuh atau terkena benturan.

8. Mengganti IC PA

IC PA atau Integrated Circuit Power Amplifier adalah bagian pada HP yang berfungsi untuk menguatkan sinyal. Nah apabila IC PA bermasalah akibatnya bisa sinyal HP naik turun tidak stabil, atau bahkan sinyal sama sekali tidak ada alias hilang. Nah apabila sudah rusak maka mau tidak mau anda semua harus menggantinya dengan yang baru agar sinyal HP normal kembali.

9. Lain-Lain

Penyebab sinyal HP Android hilang tidak hanya disebabkan oleh masalah-masalah diatas, karena masih banyak kemungkinan lain yang menyebabkan sinyal HP hilang. Bisa karena IC RF, CPU, Filter, atau yang lainnya. Untuk lebih mudahnya anda semua bisa membawanya ke tempat servis HP, karena biar ditangani oleh teknisi ahlinya.

Sekian pembahasan tentang cara mengatasi HP Android hilang sinyal kali ini.
Kunjungi selalu ridopedia.com untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
anda semua juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Silahkan share artikel ini di sosmed dan kunjungi terus ridopedia.com semoga bermanfaat.

You may also like