Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas

By | September 3, 2019
Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas 1
Apakah anda pernah mengalami keadaan dimana anda harus mengecilkan ukuran foto yang anda miliki menjadi ukuran tertentu. Sedangkan anda sendiri tidak mempunyai aplikasi yang mendukung untuk bisa melakukan hal itu?.

Sebagai contoh saat anda ingin membuat CV secara online, atau saat mengikuti pendaftaran CPNS di portal milik BKN. Maka ukuran foto milik anda harus disesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh panitia. Apabila tidak, maka anda tidak bisa mengapload foto ke server situs yang dimaksudkan sehingga proses registrasi yang anda lakukan akan gagal.

Jika anda ingin mengecilkan ukuran foto serta tidak memiliki software edit foto, anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini ada cara mudah mengecilkan ukuran foto melalui online bahkan tanpa mengurangi kualitas foto atau gambar yang anda miliki. 

 Apakah anda pernah mengalami keadaan dimana anda harus mengecilkan ukuran foto yang anda  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Rata-rata apabila kita mengecilkan ukuran gambar menggunakan laptop, entah itu menggunakan aplikasi photoscape atau photosop maka akan berdampak pada kualitas gambar itu sendiri. Gambar menjadi kurang jelas atau yang paling parah gambar bisa menjadi rusak. Tentu saja kita tidak menginginkan hal itu terjadi. 
Begitu pula apabila kita mengecilkan ukuran foto kita menggunakan HP. Tidak menjamin kualitas gambar yang sudah kita kompres akan bisa bagus layaknya kita mengkompresnya dengan cara online. Memang akan jauh lebih mudah apabila kita melakukannya menggunakan HP. Karena saat ini hampir setiap orang memiliki ponsel pintar, serta terdapat aplikasi edit foto atau gambar yang berjibun dan dengan mudah bisa kita download di playstrore.
Salah satu cara yang paling efektif untuk mempertahankan kualitas gambar adalah dengan mengkompres foto atau gambar via online. Keuntungan lain yang bisa kita peroleh apabila kita merubah gambar secara online adalah,  kita juga bisa memilih beberapa gambar dan mengecilkannya sekaligus secara bersamaan. Misal kita mempunyai 20 gambar yang perlu kita kecilkan ke ukuran 300 kb, maka kita bisa secara bersama-sama merubah gambar tersebut lalu meletakkannya secara bersama dalam satu file zip, ataupun meletakkannya secara terpisah. Hal ini tentu saja akan sangat menghemat waktu apabila dibandingkan dengan cara manual, dimana kita harus mengedit ukuran gambar itu satu persatu.

Situs Penyedia Layanan Untuk Mengecilkan Foto / Kompres Gambar 

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan compres gambar, dimana kita bisa mengecilkan ukuran foto sesuai dengan keinginan kita. Misalkan kita mengendaki ukuran foto menjadi 100 kb. Maka kita tinggal mengupload foto tersebut lalu mensetting sesuai dengan keinginan kita. Beberapa situs yang menyediakan layanan untuk mengecilkan foto atau mengkompres gambar diantaranya :

  1. www.compressjpeg.com
  2. www.iloveimg.com
  3. www.tinypng.com
  4. imagecompressor.com

Mengecilkan Ukuran Foto Online Dengan Compressjpeg.com

Dari beberapa situs tersebut, yang paling sering admin pakai adalah yang pertama yakni compressjpeg.com. Keunggulan situs ini, kita bisa merubah ukuran beberapa foto sekaligus secara bersamaan. Tentu hal ini akan memudahkan anda bilamana anda ingin merubah gambar dalam jumlah yang banyak. Berikut ini cara mengecilkan ukuran foto apabila kita menggunakan compressjpeg.com.

  • Pertama kita buka dulu situs compressjpeg.com.
  • Pada tampilan awal kita akan dengan mudah melihat tombol upload dimana kita bisa mengunggah foto atau gambar yang hendak kita kecilkan ukurannya.
 Apakah anda pernah mengalami keadaan dimana anda harus mengecilkan ukuran foto yang anda  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas
  • Pilih upload file foto anda. Sebagai contoh disini saya memiliki foto hasil jepretan kamera DSLR yang memiliki ukuran 3.5 mb. Setelah selesai file terupload 100 % maka kita disisi kanan foto atau gambar tersebut terdapat navigasi untuk menyesuaikan berapa ukuran fotoyang kita inginkan. 

 Apakah anda pernah mengalami keadaan dimana anda harus mengecilkan ukuran foto yang anda  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas
  • Dari keterangan yang ada, saya berhasil mengecilkan ukuran gambar dari ukuran 3,5 MB menjadi 628 KB dengan tetap menjadi kualitas gambar 80% dari aslinya. Untuk mengecilkannya lagi, anda tinggal menggeser ke bawah tombol navigasi yang ada, sesuai dengan keinginan anda.     
  • Setelah anda mendapati foto sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, maka kita tinggal mengunduhnya lalu simpan ke dalam komputer maupun flashdisk.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Online Dengan Imagecompressor.com

Sama seperti  compressjpeg.com. Untuk merubah foto kita tinggal membuka situs yang dimaksudkan. Kunjungi situs compressjpeg.com
  • Pilih apload file atau letakkan foto yang anda maksud ke dalam kotak yang bertuliskan [ drop your files here ] menggunakan mouse komputer anda. 
  • Kali ini saya mengambil contoh foto dengan ukuran 5,6 MB 
Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas 2
  • Pilih upload file. Tunggu hingga proses upload selesai
  • Setelah itu kita kita akan mendapati tampilan seperti dibawah ini bilamana proses mengkompres selesai
 Apakah anda pernah mengalami keadaan dimana anda harus mengecilkan ukuran foto yang anda  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas

  • Pada prinsipnya sama persis apabila kita menggunakan compressjpeg.com. Kita bisa menyesuaikan ukuran gambar melalui menu yang tersedia pada bagian kanan gambar

Kesimpulannya 
Dari beberapa situs penyedia layanan kompres gambar atau foto, admin bisa menyimpulkan beberapa layanan bisa mengecilkan ukuran foto atau gambar hingga 80-90%. Semakin kecil ukuran gambar, maka kualitas gambar yang dihasilkan juga semakin berkurang. Idealnya, untuk menjaga kualitas gambar agar tetap bagus ( rentang 80% dari kualitas asli ) maka kita bisa mengecilkan gambar tersebut menjadi 1/5 nya. 
Mengecilkan ukuran gambar melalui media online memang memberikan banyak manfaat. Terutama bagi seorang travel blogger yang menginginkan loading blognya cepat namun tetap bisa menampilkan foto-foto perjalanannya tanpa banyak mengurangi kualitas foto dari hasil jepretannya kameranya.
Disisi lain, mengecilkan gambar via online juga mempunyai banyak kekurangan, salah satunya harus tersedia koneksi internet yang cepat. Karena apabila akses internet kurang begitu bagus, maka akan memerlukan proses yang lama bahkan mungkin akan gagal saat kita memproses gambar atau foti tersebut.
Itulah sedikit ulasan mengenai cara mudah mengecilkan foto secara online. Bila anda mengalami kesulitan silahkan anda utarakan pertanyaan anda melalui contac yang ada. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.