Home Android Cara Mengosongkan Ram Android: 5 Langkah Mudah

Cara Mengosongkan Ram Android: 5 Langkah Mudah

by Mas Admin
Cara Mengosongkan Ram Android – Android berkembang dengan setiap update baru dan tidak ada keraguan bahwa sistem operasi ini telah menjadi sistem operasi yang sangat matang dan kaya fitur. Namun, sejumlah besar fitur paket Android membawa trade-offnya sendiri. Android selalu dikenal sebagai OS yang tidak begitu ramah sumber daya dan dengan setiap iterasi baru, OS membutuhkan lebih banyak RAM untuk berjalan dengan lancar. Sebenarnya, smartphone Android andalan baru ini didukung oleh 4 pertunjukan RAM dan itu berbicara banyak tentang pengoptimalan memori Android.

Jadi, jika Anda memiliki smartphone Android yang lebih tua dengan jumlah RAM yang kecil dan Anda merasa kinerjanya tidak sebaik dulu, Anda mungkin perlu mengosongkan RAM Android. Kami di sini untuk membantu Anda untuk mengosongkan Ram Android dengan 5 langkah mudah. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk Mengosongkan Ram Android:

1. Periksa Penggunaan Memori dan Matikan Aplikasi

Pertama, sangat penting untuk mengetahui aplikasi nakal yang paling banyak mengonsumsi memori di perangkat Android Anda. Untungnya, Android secara native memungkinkan Anda memeriksa penggunaan memori. Untuk memeriksa memori, masuk ke Android Settings > Memory, di mana Anda akan ditunjukkan penggunaan memori rata-rata. Anda kemudian dapat memilih untuk memeriksa penggunaan memori rata-rata dari beberapa jam terakhir atau bahkan dari satu hari.

 
 Android berkembang dengan setiap update baru dan tidak ada keraguan bahwa sistem operasi  Cara Mengosongkan Ram Android: 5 Langkah Mudah

Untuk memeriksa memori yang digunakan oleh aplikasi, ketuk “Memori yang digunakan oleh aplikasi”, di mana Anda akan melihat penggunaan memori rata-rata oleh sistem Android serta aplikasi yang berbeda. Anda dapat menyentuh tombol tiga titik di kanan atas dan tekan “Sort by max. gunakan “, untuk melihat aplikasi menghabiskan RAM paling banyak. Untuk melihat detail lebih lanjut tentang penggunaan RAM aplikasi, cukup ketuk nama aplikasi. Untuk membunuh sebuah aplikasi yang menurut Anda mungkin menggunakan RAM terlalu banyak, tekan tombol tiga titik dan tekan “Force stop”.

2. Nonaktifkan Apps dan Hapus Bloatware

Sementara membunuh aplikasi tidak membebaskan RAM, ini tidak harus dilakukan untuk waktu yang lama, karena aplikasi cenderung memulai ulang diri di latar belakang. Jadi, jika ada beberapa aplikasi sistem yang tidak dapat diinstal yang memakan RAM perangkat Anda, Anda cukup menonaktifkannya. Setelah Anda menonaktifkan aplikasi, mereka tidak akan berjalan di latar belakang kecuali jika Anda mengaktifkannya kembali. Selain itu, aplikasi tersebut bahkan tidak akan muncul di daftar aplikasi.

 
 Android berkembang dengan setiap update baru dan tidak ada keraguan bahwa sistem operasi  Cara Mengosongkan Ram Android: 5 Langkah Mudah
Untuk menonaktifkan aplikasi sistem, buka Settings > Apps dan pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan. Di halaman info aplikasi, tekan tombol “Disable” dan sentuh opsi “Disable App” di prompt. Penting untuk dicatat di sini bahwa menonaktifkan beberapa aplikasi sistem mungkin menghasilkan kinerja yang tidak konsisten.

3. Nonaktifkan Animasi & Transisi

Animasi dan transisi yang berbeda pada Android tentu membuat OS terlihat lebih modern dan ramping namun juga memberi tekanan pada RAM dan CPU perangkat. Kabar baiknya adalah, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan animasi dan transisi ini.

Anda pertama-tama harus membuka “opsi Pengembang” untuk mengutak-atik pilihan transisi. Jika Anda tidak tahu, Anda dapat mengaktifkan opsi Pengembang dengan membuka Settings-> About phone dan mengetuk “Build number” sampai Anda mendapatkan pesan yang mengatakan “Congrats! Anda sekarang menjadi pengembang “.

Lalu, buka opsi Settings > Developer dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi seperti “Skala animasi jendela”, “Skala animasi transisi” dan “skala durasi Animator”. Anda cukup menekan salah satu opsi ini dan menyetelnya ke “Animasi mati”.

 
 Android berkembang dengan setiap update baru dan tidak ada keraguan bahwa sistem operasi  Cara Mengosongkan Ram Android: 5 Langkah Mudah

4. Jangan Gunakan Wallpaper Live atau widget yang luas

Ada beberapa aplikasi Wallpaper Live yang sangat keren yang tersedia untuk Android dan sementara mereka terlihat cantik, mereka menghabiskan banyak RAM, yang juga menghasilkan lebih banyak konsumsi baterai. Jadi, kami tentu tidak akan merekomendasikan wallpaper hidup jika Anda menghadapi masalah kinerja. Seiring dengan wallpaper hidup, widget yang luas juga menggunakan banyak RAM, jadi jika Anda benar-benar serius membersihkan beberapa RAM di perangkat Anda, Anda sebaiknya hanya menggunakan widget sederhana seperti pemutar musik, kalender, dll.

5. Gunakan aplikasi Third Party Booster

Saya bukan penggemar aplikasi penguat kinerja, karena cenderung membengkak. Namun, ada beberapa aplikasi tertentu yang bisa dipercaya untuk membersihkan RAM perangkat Anda agar lebih baik kinerjanya. Aplikasi seperti Clean Master menghadirkan banyak fitur untuk mengoptimalkan kinerja perangkat Anda, namun jika Anda hanya ingin membersihkan RAM perangkat, ini mencakup fitur “Memory Boost” yang keren yang memungkinkan Anda membebaskan RAM langsung dari layar utama Anda. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda mengelola aplikasi mulai otomatis, sehingga Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang mengambil memori sejak awal. Selain Clean Master, ada lebih banyak aplikasi pembersihan RAM seperti CCleaner, DU Speed ​​Booster dan banyak lagi.

 
 Android berkembang dengan setiap update baru dan tidak ada keraguan bahwa sistem operasi  Cara Mengosongkan Ram Android: 5 Langkah Mudah

Bebaskan RAM perangkat Android dengan cara sederhana ini

Anda setuju saat mengatakan bahwa ini adalah beberapa tip dan cara sederhana untuk membersihkan RAM di perangkat Android Anda. Jadi, jika Anda telah menghadapi masalah kinerja pada perangkat Android karena aplikasi menghabiskan semua memori, gunakan cara ini untuk mengosongkan Ram Android Anda dan dapatkan kinerja yang lebih baik darinya. Jika ada lagi cara untuk membersihkan RAM di Android yang mungkin telah kita lewatkan, beri tahu kami di bagian komentar di bawah ini.


Referensi tulisan ini dari sukadirinews dot com

You may also like