Cara Mudah Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

By | August 20, 2019
Cara Mudah Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi 1
Cara untuk menghemat baterai android biasanya adalah dengan mematikan data selular. Selain dengan mematikan data selular, sebenarnya masih ada banyak cara yang dapat kita tempuh dengan harapan baterai smartphone yang kita gunakan dapat awet dan tahan lama. 

 Cara untuk menghemat baterai android biasanya adalah dengan mematikan data selular Cara Mudah Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Bagi pengguna telephone selular khususnya android masalah baterai boros ketika digunakan memang menjadi permasalahan yang krusial. Berbeda dengan ponsel-ponsel terdahulu yang berbasis java maupun symbian, ponsel yang menggunakan system operasi android mempunyai banyak kelemahan maupun kelebihan. Berbicara kelemahan dari ponsel android salah satunya adalah penggunaan baterai yang boros. Banyak hal yang menyebabkan baterai ponsel android menjadi boros.

Layar menempati urutan pertama konsumsi baterai, selanjutnya adalah internet atau siaga selular dan telephone siaga. Saya bukanlah seorang gamers atau seorang yang aktif di media social sehingga pemakaian handphone sepenuhnya sebagai alat untuk berkomunikasi. 
  1. Kerapatan layar yang lebih besar. Jika kita melakukan pengecekan pada perangkat keras yang kita gunakan akan tampak konsumsi baterai yang paling banyak digunakan adalah pada layar handphone. Selain itu kerapatan suatu layar baterai juga sangat mempengaruhi konsumsi baterai pada handphone tersebut. Jika dahulu handphone dengan layar monochrome dan hanya memiliki daya 1200 mah dapat bertahan sampai dengan 5 hari, belum tentu handphone android dengan daya 3200 mah dapat bertahan 1,5 hari.
  2. System Android selalu terkoneksi dengan internet. Siaga selular menempati urutan kedua dalam penggunaan daya terbesar setelah layar pada handphone android. Hal tersebut memang wajar terjadi dan yang paling membedakan handphone android dengan handphone yang lainnya.
  3. Pemakaian aplikasi yang banyak. Ketika kita menggunakan handphone java maupun symbian, aplikasi yang kita gunakan tidak sebanyak ketika kita menggunakan handphone yang berbasis android. Android memang memberikan banyak kemudahan bagi diri kita. Sebut saja aplikasi edit foto yang berjibun yang dapat kita unduh secara gratis di playstore, belum lagi game maupun aplikasi untuk keperluan bisnis dan komunikasi. Penggunaan aplikasi  yang banyak tentunya akan sangat memerlukan daya atau energi yang lebih sehingga baterai android kita cepat habis.
  4. Intensitas penggunaan yang berlebihan. Semakin sering handphone digunakan akan semakin boros baterai dari handphone tersebut. Wajar bukan ? Jika dahulu kita hanya menggunakan handphone untuk ber-sms kini tersedia banyak aplikasi yang dapat kita gunakan baik itu untuk berkomunikasi, bermain game, melakukan pekerjaan kantor yang dahulu hanya bisa dikerjakan menggunakan PC dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat kita kerjakan menggunakan handphone berbasis android.
Memang cara untuk menghemat baterai android beberapa produsen handphone telah membuat beberapa fitur yang dapat diatur sendiri oleh user atau pengguna perangkat tersebut. Dalam artian kita dapat mengatur cara untuk menghemat baterai handphone yang kita gunakan menggunakan settingan manual dari pihak produsen handphone yang kita gunakan. Cara untuk menghemat baterai android akan saya urutkan berdasarkan dengan point-point yang telah saya sebutkan diatas, berikut tipsnya :

Cara untuk menghemat baterai android

Layar

Sector layar adalah yang paling banyak memakan daya, oleh karenanya kita dapat menghemat beterai dengan melakukan penyetingan pada layar smarthphone kita. Beberapa hal yang dapat kita lakukan terhadap settingan layar diantaranya :
  1. Atur kecerahan layar. Pada menu kecerahan layar kita dapat mengaturnya ke setting manual, aturlah kecerahan layar handphone anda ke settingan redup atau tingkat kecerahan yang rendah, jangan menggunakan settingan otomatis. Memang jika kita menggunakan settingan layar dengan tingkat kecerahan yang lebih rendah mungkin kita akan kesulitan ketika menggunakan smartphone kita ketika berada di tempat yang terang namun itulah salah satu tindakan kita untuk dapat menghemat baterai smartphone kita.
  2. Jangan menggunakan widget tambahan. Percaya atau tidakpenggunaan widget tambahan akan membuat baterai smartphone kita akan semakin boros. Lebih baik kita tetap menggunakan tampilan standart dari produsen smartphone, selain dapat menghemat baterai, dengan tampilan standard tentu akan lebih dapat menghemat penggunaan baterai smartphone yang kita gunakan. Penggunaan widhet-widget tertentu seperti cuaca memang membuat kita mengetahui perkiraan cuaca sehari-hari, namun dengan menambahkan widget tersebut akan membuat baterai smartphon kita semakin boros, oleh karenanya saya pribadi memilih untuk menambahkan widget-widget yang saya rasa akan menambah penggunaan daya baterai smartphone saya.
  3. Pilihlah wallpaper yang memiliki pixel rendah. Wallpaper yang memiliki warna gelap dapat menghemat penggunaan baterai smarphone. Bila smartphone anda menggunakan layar dengan jenis Amoled maka memiliki latar belakang yang berwarna hitam, sehingga apabila kita memilih wallpaper hitam akan sangat mengurangi penggunaan daya terutama untuk menerangi layar tersebut, karena prinsip kerja dari layar ini adalah menerangi pixel yang berwarna.
  4. Nonaktifkan scrennsaver. Penggunaan screensaver memang menarik namun penggunaan screensaver atau animasi bergerak pada smartphone kita tentu akan membuat daya baterai terbuang sia-sia, oleh karenanya kita sebaiknya tidak menggunakannya atau menonaktifkan screensaver tersebut.
  5. Pilihlah saturasi yang rendah. Sama halnya seperti kecerahan, pilihlah saturasi layar dengan tampilan yang rendah.
  6. Atur kunci pada layar dengan waktu yang tidak terlalu lama. Pilihlah waktu layar kunci dengan rentang waktu yang tidak lama. Biasa pada smartphone kita ada terdapat beberapa pilihan waktu untuk mengunci layar secara otomatis. Dimulai dari 15 detik sampai yang paling lama adalah 5 menit. Settinglah layar kunci pada smartphone anda ke waktu yang lebih singkat ( sekitar 15-20 detik ). 
Untuk dapat masuk ke dalam settingan ini anda bisa masuk ke setelan –layar kunci – pilih waktu yang akan digunakan – ok

Konectivitas

Selanjutnya selain dapat melakukan penghematan dengan cara melakukan setting pada system layar pada smartphone kita, kita dapat melakukan penghematan baterai dengan melakukan setting pada konektivitas. Memang akan sangat menyenangkan bila smartphone kita memiliki beberapa fitur yang dapat menunjang konectifitas seperti wifi, hotspot, NFC, GPS dan jaringan LTE, namun kita perlu meninjau ulang, apakah kita membutuhkannya selama 24 jam penuh atau hanya beberapa waktu saja dalam sehari. Dengan mengaktifkan semua fitur yang telah disebutkan maka baterau smarphone yang kita gunakan akan lebih cepat habis, oleh karenanya jika kita tidak benar-benar memerlukannya kita dapat melakukan penghematan baterai dengan cara :

  1. Nonaktifkan wifi dan hotspot. Penggunaan wifi terutama pada tempat-tempat yang memiliki layanan wifi gratis tentu akan sangat menghemat kuota yang kita gunakan, namun seringkali pengguna smarphone lupa mematikan fitur ini, dampaknya smartphone yang kita gunakan akan boros dalam penggunaan baterai.
  2. Nonaktifkan Bluetooth. Jika anda tidak menggunakannya alangkah lebih baik mematikan Bluetooth pada smartphone kita dan menghidupkannya ketika benar-benar akan kita gunakan.
  3. Nonaktifkan gps. Penggunaan GPS membutuhkan daya yang sangat besar oleh karenanya penting untuk mematikan fitur ini ketika tidak anda gunakan. Sama halnya dengan wifi ataupun hotspot, penggunaan GPS seringkali  lupa mematikan fitur ini ketika sudah tidak digunakan.
  4. Nonaktifkan getar. Matikanlah getar pada smartphone anda ketika anda tidak benar-benar membutuhkannya. Terkecuali untuk untuk panggilan masuk dimana hal tersebut sangatlah penting dan membutuhkan perhatian lebih bagi anda untuk segera mengangkat panggilan tersebut. Selain itu anda juga dapat mematikan getar pada papan keyboard anda.
  5. Aktifkan modus tidur di jam-jam tertentu. Modus tidur merupakan fitur yang dimiliki oleh hampir sebagian besar smartphone. Anda dapat menghemat baterai smartphone anda dengan cara mengaktifkan modus tidur dan mengaturnya pada jam-jam anda beristirahat misalkan jam 22:00-05:00. Mengapa hal ini dapat menghemat baterai smarthphone kita ? Ketika smartphone di setting ke dalam modus tidur maka segala konektivitas yang ada dapat dinonaktifkan. Bebepara konektifitas seperti siaga selular maupun panggilan sementara dapat dimatikan, selain dapat menghemat baterai, dengan mengaktifkan modus tidur juga tidak akan mengganggu jadwal istirahatmu, karena anda tidak akan terganggu terhadap pemberitahuan yang masuk.
  6. Selain mengaktifkan modus tidur, anda juga dapat mengaktifkan modus pesawat ketika anda sedang beristirahat. Dengan menggunakan modus pesawat anda dapat memblokir panggilan yang masuk serta membatasi waktu penggunaan telepon yang anda gunakan selama dalam sehari. Anda dapat mengaktifkan modus pesawat ketika anda tidur maupun ketika melakukan kegiatan yang tidak bisa diganggu seoerti ketika bekerja maupun ketika menghadiri suatu pertemuan penting lainnya.
  7. Matikan sincronasi otomatis pada smartphone anda. Langkah untuk menghemat baterai selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mematikan atau menonaktifkan syncronasi secara otomatis akun google kita. Beberapa aplikasi seperti email, mi cloud, twitter dan aplikasi lainnya membiarkan kita melakukan sinkronasi secara manual namun kita harus mensetting terlebih dahulu aplikasi-aplikasi tersebut ke setting manual. Daripada smartphone kita melakukan sinkronasi secara otomatis tanpa kita perlukan, lebih baik kita melakukan sendiri sinkronasi ketika kita membutuhkannya.

Aplikasi
Berkaitan dengan aplikasi kita dapat melakukan penghematan baterai smartphone yang kita gunakan dengan beberapa cara, berikut ini cara menghemat baterai smartphone yang bisa anda coba :
  1. Tutuplah aplikasi yang tidak anda gunakan. Seringkali kita tidak menutup aplikasi yang kita gunakan ketika kita selesai menggunakannya, hal tersebut selain dapat berdampak pada kinerja smartphone kita juga berdampak pada penggunaan baterai. Baterai akan semakin cepat habis dan smartphone kita akan berjalan dengan lambat. Oleh karenanya kita dapat melakukan beberapa langkah untuk mengeluarkan atau menutup aplikasi yang kita gunakan dengan cara : klik swipe – anda dapat melihat beberapa aplikasi yang belum anda keluarkan – klik tanda silang pada ujung aplikasi tersebut untuk dapat menghentikannya.
  2. Aktifkanlah fitur Doze. Doze adalah fitur penghemat baterai yang dapat kita temui pada android marshmallow. Perlu kita ketahui bersama bahwa penyebab boros baterai pada smartphone kita adalah banyaknya aplikasi yang berjalan pad background meskipun smartphone kita sedang tidak dipakai. Cara kerja dari doze adalah mematikan semua aplikasi yang berjalan di background smartphone kita. Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi ini dan smartphone kamu mendukung untuk upgrade ke marsmallow, jangan ragu lagi menggunakan doze sebagai salah satu cara untuk menghemat baterai smatphone yang kamu gunakan.
  3. Non aktifkan hotwords google. Menghentikan ponsel Anda dari selalu mendengarkan. OK suara pencarian Google Google adalah fitur fantastis dan sering sangat fungsional. Masalahnya adalah bahwa hal itu dapat mendatangkan malapetaka dengan baterai Anda. Terutama jika Anda tidak benar-benar menggunakannya atau hanya menggunakannya sesekali. Masuk ke pengaturan Google dari laci aplikasi Anda dan ketuk pos Voice. Pada halaman berikutnya, pilih OK deteksi Google. Dalam menu ini, pilihan terbaik untuk hidup baterai akan untick semua kotak, tetapi jika Anda adalah penggemar OK Google, hanya centang Dari kotak aplikasi Google untuk memastikan perangkat Anda hanya mendengarkan ketika Anda berada di Google aplikasi. Ikuti bersama dengan video di bawah ini untuk proses penuh
  4. Gunakan Greenify. Tidak seperti banyak aplikasi Android yang mengklaim untuk mengoptimalkan kinerja dan meningkatkan daya tahan baterai, Greenify benar-benar bekerja. Greenify memungkinkan Anda untuk menempatkan aplikasi lain ke dalam hibernasi ketika mereka tidak digunakan, mencegah mereka dari yang beroperasi di latar belakang. Hal ini membebaskan sumber daya sistem dan meningkatkan kinerja baterai, tetapi membutuhkan sedikit pemikiran. Untuk Greenify efektif Anda tidak bisa hanya hibernasi setiap aplikasi diinstal. Tapi karena ada banyak aplikasi Android yang melakukan tindakan yang tidak tahu tentang, atau selalu ingin, ini adalah alat yang berguna. Hal ini dapat membantu dalam banyak situasi. Misalnya, Anda mungkin menggunakan aplikasi Amazon untuk menelisik hal untuk membeli, tetapi tidak ingin untuk beroperasi di latar belakang atau mengirim pemberitahuan. Mungkin ada aplikasi lain pada perangkat Android Anda beroperasi di latar belakang tanpa alasan yang baik. Greenify berhenti ini dengan mengirimkan aplikasi tersebut ke hibernasi, yang mengurangi dampaknya terhadap sistem, menghemat baterai sementara meningkatkan kinerja.
  5. Jelajahi fitur hemat baterai di ponsel Anda. Semua ROM, apakah saham Android, OEM UIS seperti TouchWiz, atau ROM kustom seperti CyanogenMod, memiliki berbagai pengaturan dalam menu untuk membantu melestarikan atau mengoptimalkan konsumsi baterai. HTC memiliki Ekstrim Power Saving Mode, Samsung memiliki Ultra Power Saving Mode, Sony memiliki modus STAMINA dan sebagainya. Cari berbagai pilihan untuk perangkat Anda dan ROM dan membuat mereka bekerja untuk Anda.
Bahkan jika ponsel Anda tidak memiliki lapisan fitur hemat baterai seperti beberapa (atau Anda hanya tidak ingin menonaktifkan begitu banyak fitur), setidaknya membuat penggunaan modus penghemat baterai dasar. Bahkan saham Android Lollipop memiliki secara default dan Android M memiliki fitur Doze besar (seperti yang disebutkan di atas) untuk membantu mengurangi konsumsi baterai ketika ponsel Anda sedang tidur.

Perbarui aplikasi Anda.Aplikasi sering mendapatkan update untuk menggunakan daya baterai lebih sedikit, sehingga Anda harus memastikan aplikasi yang up to date. Bahkan jika Anda mengkonfigurasi telepon untuk update otomatis, beberapa aplikasi masih mengharuskan Anda secara manual menginstal pembaruan. Memeriksa pembaruan aplikasi di Google Play dengan menekan tombol menu dan akan Apps saya.
Mengawasi kekuatan sinyal. Jika Anda berada di daerah dengan cakupan seluler miskin, ponsel akan bekerja lebih keras untuk kait ke sinyal kuat-cukup. Ini memiliki efek buruk pada daya tahan baterai. Tak banyak yang dapat Anda lakukan tentang yang satu ini, namun perlu diingat bahwa ini bisa menjadi penyebab di balik baterai yang tampaknya lemah; itu layak muncul telepon ke mode Airplane jika Anda tidak perlu data atau panggilan suara.

Itulah beberapa cara mudah menghemat baterai android tanpa aplikasi yang bisa anda coba. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.