Home Samsung Cara Nonaktifkan Fingerprint / Sidik Jari Smart Lock di Android P

Cara Nonaktifkan Fingerprint / Sidik Jari Smart Lock di Android P

by Mas Admin
Mengikuti jejak iOS 11, Android P akan menyertakan fitur keamanan yang memungkinkan Anda segera menonaktifkan pemindai sidik jari serta fitur Smart Lock yang diperluas. Setelah memulai fitur, Anda akan diminta memasukkan PIN, pola, atau kata sandi sebelum metode buka kunci lainnya akan berfungsi lagi.

Ini adalah tambahan yang bagus untuk Android karena petugas penegak hukum, perampok, dan calon penyerang lainnya dapat memaksa atau menipu Anda untuk membuka kunci smartphone Anda dengan sidik jari, wajah, atau suara. Atau, seseorang dengan wajah atau suara serupa dapat membuka kunci ponsel Anda tanpa tanda tangan biometrik Anda. Namun, ketika menyangkut penegakan hukum, mereka tidak dapat secara hukum membuat Anda memasukkan pola, PIN, atau kata sandi karena hak Amendemen ke-5.

Versi Apple mengharuskan Anda untuk menekan dua tombol bersama-sama selama beberapa detik untuk memicu mode kunciannya (pada iPhone yang lebih baru) atau klik satu tombol lima kali berturut-turut (pada iPhone yang lebih lama). Versi Google juga sangat mudah untuk memicu, namun, itu tidak secara otomatis diaktifkan secara default di Pratinjau Pengembang Android P atau Android P Beta seperti Apple ada di iOS 11, meskipun ini bisa berubah ketika Android P hits massa.

 
 Android P akan menyertakan fitur keamanan yang memungkinkan Anda segera menonaktifkan pem Cara Nonaktifkan Fingerprint / Sidik Jari Smart Lock di Android P

Untuk membuka kunci fitur keamanan baru ini di Android P pada Pixel, Pixel XL, Pixel 2, atau Pixel 2 XL (prosesnya mungkin serupa untuk perangkat yang bermitra yang dapat menjalankan Android P Beta), Anda cukup pergi ke “Keamanan & lokasi” di Pengaturan Anda, lalu ketuk “Kunci preferensi layar” di bawah Keamanan perangkat. Selanjutnya, cukup pastikan untuk mengaktifkan “Tampilkan opsi kuncian”, dan Anda sudah siap. Jika Anda tidak melihat opsi ini, mungkin karena Anda memilih kunci layar gesek, bukan pola, PIN, atau kata sandi.

Sekarang, untuk benar-benar menggunakan mode kuncian, cukup tekan dan tahan tombol daya sampai menu daya muncul. Ini dapat dilakukan dari layar awal, layar kunci, atau dalam aplikasi apa pun. Selanjutnya, cukup ketuk tombol “Enter lockdown” atau “Lockdown,” tergantung pada versi Android P yang Anda jalankan, di menu daya. Saat berikutnya Anda mencoba membuka kunci ponsel, Anda harus memasukkan pola, PIN, atau kata sandi Anda terlebih dahulu.

Setelah memasukkan pola, PIN, atau kode sandi, Anda dapat terus menggunakan sidik jari atau opsi Smart Lock seperti “Wajah tepercaya” atau “Pencocokan Suara” untuk membuka kunci perangkat Anda pada upaya berikutnya, jadi Anda tidak perlu aktifkan ulang apa saja.

Sebelumnya, jika Anda memiliki fitur Smart Lock yang diaktifkan, Anda dapat mengetuk ikon yang tidak terkunci di layar kunci untuk menonaktifkannya, tetapi Anda masih dapat membuka kunci ponsel dengan sidik jari. Mode penguncian baru ini menonaktifkan semua metode buka kunci selain dari pola, PIN, dan kata sandi, menjaga data Anda lebih aman dari sebelumnya.

Dengan dipanggang langsung ke Android P, smartphone lainnya akan mendapatkan fitur ini juga satu hari, dan OEM seperti Samsung dan HTC dapat mengikuti mode kuncian versi mereka sendiri sebelum Android P bahkan menabrak perangkat lain.


Referensi tulisan ini dari sukadirinews dot com

You may also like