Home / contoh surat / Contoh layang lelayu bahasa Jawa sebagai referensi

Contoh layang lelayu bahasa Jawa sebagai referensi

Saat terjadi kematian dalam suatu daerah atau dalam bahasa Jawa kita menyebutnya dengan istilah terjadi “sripahan”. Sudah menjadi kewajiban kita memberi kabar sanak saudara yang meninggal melalui surat pemberitahuan atau biasa kita menyebut melalui layang lelayu. Selain untuk memberitahukan kabar duka kepada sanak saudara yang masih hidup. Layang lelayu juga berfungsi untuk memberitahukan kabar duka kepada daerah lainnya, yang biasanya disiarkan melalui pengeras suara di sebuah masjid. 
Contoh layang lelayu bahasa Jawa sebagai referensi 1
Oleh karena pentingnya akan layang lelayu, ada baiknya karang taruna atau pengurus organisasi desa menyimpan contoh layang lelayu dalam bentuk word atau pdf, mengingat sewaktu-waktu surat ini bisa dibutuhkan. Hal ini bertujuan, apabila terjadi peristiwa duka, warga desa dapat bertindak cepat agar kabar segera tersiar serta warga di daerah lain juga bisa segera mengetahui adanya berita tersebut.
Nah, dikesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai contoh layang lelayu yang mungkin saja bermanfaat bagi anda. Layang lelayu ini sering dan selalu digunakan saat terjadi peristiwa duka di daerah saya yakni di daerah Klaten sebagai salah satu media warga menginformasikan kabar duka ke daerah lainnya. Berikut formatnya : 
LAYU-LAYU
Assalamu’alaikum wr. wb
“INNALILLAHI  WAINNA ILAIHI ROJI’UN”
Sampun katimbalan sowan ing ngarso dalem Alloh SWT kanthi tentrem panjenenganipun :
Almarhum:
Bp. Sp
Yuswo : 45 Tahun
Rikolo dinten/ tgl              : Sabtu Pahing, 23 Maret 2019, Wonten Rumah Sakit  Tangerang,             Wanci jam              : 09.30 .WIB
Amargi                       : Gerah Sewetawis Wekdal
Wondene saliro layon badhe kasareaken :
Dinten/ tanggal             : Minggu Pon, 24 Maret 2019
Bidal Saking dalem dukito : Sukamaju RT 02 RW 01 Merangin Karangdowo, Klaten
Wanci jam             :  11 .00.WIB.
Wonten makam              : Sukamaju RT 02 RW 01 Merangin Karangdowo, Klaten  
                             
Mbok bileh rikolo sugengipun suwargi anggadahi kalepatan dumateng panjenengan sedoyo, saking kulowargo nyuwunaken agenging pangapunten.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Ingkang nandang dukito  :
1. ………………(Istri)
2. ………………( anak )
3………………. ( Orang tua )
4. ………………( Mertua )
5……………… ( Kakak)
6.Segenap warga desa Sukamaju RT 02 RW 01 Merangin Karangdowo, Klaten      
Itulah contoh surat atau layang lelayu yang biasa digunakan di daerah saya untuk memberikan kabar duka kepada sanak saudara atau warga desa di daerah lainnya. Yang menjadi catatan, pastikan benar nama dalam penulisan, terutama yang bersangkutan dan keluarga yang berduka. Karena kesalahan penulisan nama ini seringkali terjadi. Semoga bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang bingung membuat layang lelayu. Salam. 
                        

About xenodochial-rhodes