Home / finansial / Ini lho 8 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Kamu Ketahui

Ini lho 8 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Kamu Ketahui

Pernahkan anda mendengar tentang investasi emas? Apakah anda sudah mengetahui keuntungan dan kerugian investasi ini .Apabila anda belum mengetahuinya kelebihan dan kekurangan investasi emas, maka di kesempatan kali ini ijinkanlah admin sedikit berbagi informasi tentang investasi emas baik itu batangan maupun perhiasan.

 Pernahkan anda mendengar tentang investasi emas Ini lho 8 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ini, jenis investasi emas sangat beragam. Mulai dari emas dalam bentuk batangan, emas dalam bentuk perhiasan ataupun koin emas yang diproduksi oleh PT. Antam Indonesia. Selain itu, beberapa bank maupun BUMN menyediakan fasilitas kepada kita apabila kita ingin berinvestasi emas, sebagai contoh pegadaian serta bank syariah mandiri. Sebelum kita berbicara jauh mengenai investasi emas, apakah pembaca sudah mengetahui informasi dan fakta soal logam mulia yang memiliki elemen kimia dengan simbol Au ini? 

Emas adalah salah satu logam mulia yang sudah sejak jaman dahulu digunakan baik itu sebagai perhiasan maupun sebagai alat tukar transaksi. Penggunaan emas sendiri tercatat sudah sejak 5.000 tahun yang lalu. Di beberapa kebudayaan di dunia, emas menjadi simbol akan kejayaan bahkan dalam bentuk mentahnya sekalipun. Satu hal yang menjadi sifat dari emas itu sendiri adalah nilainya terus naik setiap saat. Oleh karenanya, di dalam budaya modern, emas tidak lagi hanya digunakan sebagai perhiasan saja, melainkan dijadikan investasi. Banyak ahli ekonomi dan investor berpendapat bahwa dengan berinvestasi emas maka kekayaan kita akan terjaga. Emas memang tidak membuat kita kaya namun emas bisa menjaga kekayaan kita.

Investasi emas sangat cocok digunakan untuk menjaga kekayaan kita. Bahkan untuk pemula sekalipun yang baru sedikit mengerti tentang cara berinvestasi emas. Barang yang mudah di dapat serta kemudahan saat kita ingin menjualnya merupakan beberapa keuntungan berinvestasi emas. selain itu ada beberapa keuntungan lain ketika kita memilih emas sebagai investasi, keuntungan itu diantaranya adalah :

Baca :  Investasi Emas VS Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan ??

 8 Keuntungan berinvestasi emas 

|| Emas mudah di dapatkan dan mempunyai banyak bentuk


Kelebihan berinvestasi emas yang pertama tentu saja emas sangat mudah di dapatkan. Bahkan khusus di daerah Jawa di setiap kabupaten dan beberapa kecamatan yang cukup ramai pasti terdapat toko emas. Selain itu, emas juga memiliki banyak bentuk, baik itu dalam wujud perhiasan seperti anting, kalung, gelang maupun liontin. Mudahnya dalam mendapatkan emas diimbangi dengan kemudahan dalam kita menjual emas kapan saja dan dimana saja 

|| Memiliki nilai jualnya relatif sama

Pernahkah anda membeli emas dari satu toko lalu dijual ke toko emas yang lainnya? Apakah anda mendapatkan selisih harga jual yang cukup signifikan setiap gramnya? Pengalaman admin melakukan jual beli emas, admin mendapati harga yang tidak terpaut banyak karena harga emas di seluruh Indonesia juga relatif sama. Misal kita membeli emas di Yogyakarta lalu menjualnya di Samarinda maka akan didapati nilai jual yang hampir sama.  

|| Nilai dari emas tidak dipengaruhi intervensi dari pemerintah
Berbeda dengan investasi lainnya seperti reksadana, deposito, ataupun investasi dalam berupa uang yang nilainya dipengaruhi oleh kebijakan dari pemerintah atau penguasa suatu negara. Bila anda berinvestasi emas maka anda tidak perlu cemas akan suku bunga dan nilai tukarnya. Inilah salah satu kelebihan berinvestasi emas dibandingkan dengan investasi berupa uang. 

|| Tidak ada counterparty risk

Khusus bagi anda yang memiliki saham atau depositi di sebuah bank maka anda perlu mengerti akan Counterparty Risk. Counterparty Risk  adalah resiko dimana counterpart tidak bisa melunasi kewajibannya ke bank baik sebelum tanggal kesepakatan maupun pada saat tanggal kesepakatan. Dengan adanya counterparty risk terutama saat krisis finansial melanda tentu akan merugikan pemilik saham. Dengan berinvestasi emas maka anda memiliki “tangible aset” atau aset yang berwujud yang bisa anda tukarkan sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

|| Media menabung paling efektif untuk suatu tujuan

Selain untuk investasi, ternyata emas juga mempunyai fungsi lainnya. Yang paling banyak ditemui adalah menabung dalam bentuk koin emas untuk tujuan umrah maupun haji. Menabung emas dirasa lebih menguntungkan dalam waktu jangka panjang karena tidak dipengaruhi nilai inflasi. Selain untuk tujuan dana haji, menabung emas juga sangat efektif untuk keperluan uang muka pembelian rumah maupun digunakan untuk dana pendidikan dalam jangka panjang. 

|| Tidak terlalu berpengaruh terhadap inflasi

Faktanya, ketika terjadi inflasi maka nilai emas akan tetap stabil atau bahkan naik lebih tinggi. Semakin tinggi inflasi suatu negara maka harga emas juga ikut naik. Atau yang menjadi patokan adalah dolar Amerika. Semakin tinggi dolar Amerika, maka semakin tinggi juga nilai tukar emas yang kita miliki. 

|| Memiliki emas = memiliki aset diluar sistem perbankan

Memiliki aset berupa deposito di perbankan bukan tanpa resiko. Salah satu resiko yang seringkali menghantui pemegang nasabah adalah soal krisis ekonomi yang bisa saja terjadi di negara maju sekalipun. Dengan berinvestasi emas maka anda memiliki keuntungan tidak tergantung terhadap kondisi sosial ekonomi yang sedang terjadi. Kekayaan anda pun tetap terjaga meskipun kondisi ekonomi sedang dalam kondisi yang tidak menguntungkan.  

|| Mudah digadaikan bila kondisi mendesak 

Salah satu barang yang sangat mudah untuk digadaikan apabila kita mengalami kondisi yang mendesak adalah menggadaikan emas. Admin sendiri memiliki pengalaman menggadaikan emas di pegadaian ketika kondisi keuangan keluarga dalam keadaan yang kurang baik. Keuntungan dari gadai emas itu sendiri dibandingkan dengan gadai barang elektronik maupun gadai kendaraan bermotor adalah, kita mendapat uang dari tukar gadai yang mendekati nilai jual emas itu sendiri. Berbeda dengan barang lain yang nilainya akan jauh lebih kecil dari harga jual rata-rata. Dengan menggadaikan emas di pegadaian, kita bisa meminjam uang tanpa harus takut kehilangan emas kita asalkan dalam waktu tertentu kita bisa mengembalikan uang yang menjadi pinjaman kita.

Kerugian berinvestasi emas

Itulah beberapa kelebihan atau keuntungan dalam berinvestasi emas. Namun, berinvestasi emas juga tanpa resiko, ada beberapa kelemahan atau resiko yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk menjadikan emas menjadi tabungan jangka panjang anda. Beberapa kekurangan berinvestasi emas adalah masalah penyimpanan / storage dan perawatan emas itu sendiri. Menyimpan emas dalam jumlah banyak di rumah dalam waktu yang lama tentu akan sangat beresiko. Apabila kita menyimpannya di bank pun juga akan memerlukan biaya yang cukup mahal. Selain itu, meskipun dibungkus atau dilapisi dengan protective cover, masih ada kemungkinan terjadi oksidasi yang menyebabkan emas mengalami perubahan warna. Apabila anda memutuskan untuk berinvestasi dengan koin emas, maka setidaknya anda harus sangat berhati-hati karena apabila emas itu jatuh dan cuil sedikit saja maka akan sangat mempengaruhi harga jual.

Terlepas dari segala kekurangannya dan kelebihannya, berinvestasi emas tetap memiliki beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan investasi lainnya. Harga emas yang cenderung stabil serta bisa dibentuk menjadi berbagai macam perhiasan adalah nilai lebih dari investasi ini. Sebelum anda berinvestasi emas maka anda sebaiknya menentukan jenis emas apa yang hendak anda beli. Selain itu sebaiknya kita mengetahui harga emas yang bisa kita pantau melalui beberapa website terutama emas antam. Dalam berinvestasi emas satu hal yang perlu kita ingat. Investasi emas tidak akan membuat kita kaya namun bisa menjaga kekayaan kita. Selamat berinvestasi. 

About xenodochial-rhodes