Home / finansial / Investasi Emas VS Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan ??

Investasi Emas VS Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan ??

Investasi Emas VS Saham Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi diartikan sebagai penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek yang bertujuan memperoleh keuntungan. Namun dalam perkembangannya, penanaman modal tidak selalu dikaitkan dengan perusahaan saja. Istilah investasi bisa saja dilakukan perorangan dengan tujuan memperoleh timbal balik yang lebih banyak di masa depan. Ada banyak cara dalam kita menginvestasikan kekayaan yang kita miliki, beberapa diantaranya adalah investasi berupa tanah, emas, properti, deposito ataupun investasi saham. Dalam prakteknya, investasi uang, emas dan saham lebih banyak dilakukan dibandingkan investasi yang lain. Lantas mana yang lebih menguntungkan, Investasi emas atau investasi saham ??

investasi diartikan sebagai penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek y Investasi Emas VS Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan ??

 Investasi emas

Sudah lama emas dipilih untuk dijadikan sebuah investasi. Emas dipilih sebagai barang investasi karena beberapa kelebihan yang tidak bisa kita temukan apabila kita berinvestasi saham. Beberapa keuntungan berinvestasi emas dibandingkan saham adalah : Kemudahan dalam mendapatkannya, nilainya yang terus naik dari waktu ke waktu, selain itu harga tidak terpengaruh oleh pemerintah suatu negara. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel 8 Keuntungan investasi emas yang sudah admin tulis beberapa waktu lalu. Cara investasi emas yang biasa adalah dengan membeli emas dengan uang milik kita sendiri, lalu menyimpan uang itu di rumah atau untuk lebih amanya kita bisa menyimpan di saf deposit box di sebuah bank dengan membayar biaya sewa yang biasa dihitung pertahunnya. Keuntungan yang diperoleh biasa-biasa saja. Kita akan untung apabila harga emas di dunia naik kemudian emas itu kita jual.  

Baca juga : 10 cara mengatur gaji bulanan agar bisa menabung

Untuk bisa berinvestasi emas, anda dituntut jeli melihat harga emas dunia Di Indonesia sendiri ada beberapa website yang menjadi bisa menjadi rujukan kita dalam mengetahui harga emas setiap harinya sebagai contoh www.logammulia [dot] com. Ketika harga emas sedang turun, maka itulah waktu yang tepat bagi anda dalam membeli emas. Sedangkan ketika harga emas naik, barulah anda menjual emas yang anda miliki untuk bisa memperoleh keuntungan. Memantau harga emas sebelum anda berinvestasi, memang sangat penting. Meskipun harga emas cenderung stabil, namun tidak menutup kemungkinan harga emas akan turun.

Investasi emas sendiri cocok dilakukan untuk jangka waktu yang lama. Mengapa demikian? Karena nilai return emas itu sendiri akan relatif stabil dan kalah dibandingkan investasi lain seperti halnya investasi saham atau properti. Sangat tidak disarankan apabila kita berinvestasi emas dalam waktu dekat. Dalam waktu dekat, emas lebih tepat sebagai sarana untuk melindungi kekayaan atau uang kita ( hedging ) daripada investasi.

Investasi saham 

Investasi saham dikenal dan banyak orang yang memilihnya karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan berinvestasi emas, salah satunya yakni memiliki nilai returnnya yang tinggi. Namun jangan tergiur dulu dengan nilai return yang tinggi. Anda perlu mengerti beberapa kelemahan dan kelebihan lainnya sebelum anda memilih untuk berinvestasi saham.

Investasi saham lebih cocok digunakan untuk keperluan jangka menengah. Mengapa demikian?? Karena apabila investasi itu untuk tujuan jangka pendek, maka kita harus siap-siap mengeluarkan uang sekedar untuk membayar fee broker. Selain itu untuk bisa berinvestasi saham, maka kita harus pandai-pandai melihat peluang, hampir sama seperti investasi emaslah dimana kita harus jeli melihat siklus pergerakan saham itu sendiri. Misalkan di bulan-bulan tertentu harga saham cenderung turun karena beberapa faktor, maka itulah waktu yang tepat bagi kamu membeli saham. Ketika harga saham naik, maka kamu bisa menjual sahammu. Untuk bisa mengetahui siklus pergerakan saham itu sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, oleh karena itu butuh pengalaman dan belajar apabila berniat berinvestasi saham. 
Hal itu adalah beberapa kekurangan berinvestasi saham. Adapula beberapa resiko berinvestasi saham yang perlu anda tahu sebelum anda memilih investasi ini, beberapa resiko yang dimaksud adalah : capital loss atau penjualan saham yang lebih rendah dibanding harga beli serta saham terkena suspend, penangguhan atau bahkan diberhentikan oleh bursa efek.
Perlu kamu ketahui juga profil perusahaan dan laporan keuangan pemilik saham tempat kamu akan membeli saham, apakah perusahaan itu memiliki profit yang baik, atau perusahaan dengan masalah keuangan yang sangat beresiko pailit. Jika terindikasi perusahaan itu memiliki masalah keuangan yang kurang baik, maka sebaiknya kita tidak perlu coba-coba membeli saham di perusahaan tersebut. 
Disisi lain apabila kita pandai bermain saham, maka ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dibandingkan berinvestasi emas. Beberapa keuntungan berinvestasi saham diantaranya : deviden atau pembagian laba, capital gain atau kenaikan harga saham. 
Kesimpulannya

Setelah membaca uraian di atas, kita menjadi semakin mengerti tentang seluk beluk berinvestasi emas dan saham serta mengetahui kelebihan kekurangan masing-masing investasi. Lantas mana yang lebih menguntungkan? Investasi emas atau saham ?. 
Bila tujuan anda ingin mengamankan kekayaan anda dalam jangka waktu yang panjang, maka anda bisa memilih berinvestasi emas. Emas disini berfungsi sebagai hedging atau pelindung kekayaan dibandingkan dengan fungsinya sebagai investasi untuk memperoleh keuntungan. Disisi lain investasi saham dalam waktu yang lebih pendek lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan emas apabila kita bijak dalam melihat peluang yang ada. Pengalaman sangat diperlukan untuk mengetahui siklus pergerakan saham oleh karenanya mintalah petunjuk dari ahlinya langsung. Semoga artikel ini bermanfaat. 
Baca :  5 contoh usaha sampingan bagi perawat, terbukti menguntungkan

About xenodochial-rhodes