Home / bahasa jawa / Kata-kata untuk Mengundang Kenduri [ Atur-atur ulem kenduri ] secara singkat

Kata-kata untuk Mengundang Kenduri [ Atur-atur ulem kenduri ] secara singkat

Dalam kehidupan bermasyarakat, apakah kamu pernah dimintai tolong, entah ito oleh kerabat ataupun tetanggamu untuk menyampaikan undangan kenduri secara lisan [ atur-atur ulem kenduri ], namun tidak tau cara berbahasa Jawa yang baik dan benar??!!
Bagi yang belum mengetahui acara kenduri, kenduri adalah acara layaknya syukuran yang biasanya dilakukan oleh suku Jawa, khususnya di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur untuk memperingati suatu acara penting. Sebagai contoh acara 100 harinan, acara 1000 hari kematian seseorang, atapun acara kelahiran bayi serta acara selametan. 
 entah ito oleh kerabat ataupun tetanggamu untuk menyampaikan undangan kenduri secara lisa Kata-kata untuk Mengundang Kenduri [  Atur-atur ulem kenduri ] secara singkat
Acara Kenduri / Kenduren
Biasa orang akan mengundang saudara serta tetangga terdekat untuk hadir dan membacakan doa bersama, setelah itu barulah membagikan makanan berupa nasi dan hasil bumi lainnya untuk dibawa pulang dan dimakan bersama dengan keluarga masing-masing.
Nah seringkali, khususnya bagi anak-anak muda. Kita akan merasa canggung dan enggan apabila dimintai tolong untuk mengundang kenduri tetangga kita. Alasannyapun macam-macam, entah itu tidak bisa Bahasa Jawa, takut salah dan banyak alasan lainnya. Memang karena yang kita undang adalah orang yang berusia rata-rata lebih tua dari kita, maka setidaknya kita harus menggunakan bahasa yang benar, minimal bahasa Jawa Krama. Nah bagi kamu yang seringkali diminta tolong untuk mengundang kenduri, berikut ini dialog atau kata-kata singkat serta mudah untuk dihafalkan yang bisa kamu gunakan. Berikut kata-katanya : 

Kata-kata untuk Mengundang Kenduri :

Matur Bapak/Ibu ( tuan rumah ) wonten lepat kula nyuwun pangapunten. Kulo sowan mriki sepindah silaturohim, kaping kalihipun kula dipunkengken Bapak/Ibu….( yang berhajat ), ngaturi Bapak/Ibu kasuwun tindak griyanipun Bapak/Ibu…( yang berhajat ) saperlu lenggah kenduri.      

Salajengipun gandheng sampun katampi atur kula, lajeng badhe nyuwun pamit, nglajengaken lampah. 

Baca :  25 Kata Mutiara Bahasa Jawa Disertai Dengan Gambar dan artinya

Itulah kata-kata untuk mengundang kenduri [  atur-atur ulem kenduri ] secara singkat dan mudah dihafalkan. Mungkin kamu atau teman-teman kamu punya kata-kata lain yang jauh lebih sopan, tentu bisa saja digunakan. Karena sudah tau, mulai sekarang jangan ragu lagi ya bila diminta orang lain untuk atur-atur kenduri. 

Semoga artikel ini bisa membantumu. 

About xenodochial-rhodes