Home Social Media Panduan Tutorial mengamankan Akun Google dari Pencuri (Hacker)

Panduan Tutorial mengamankan Akun Google dari Pencuri (Hacker)

by Mas Admin

Bagaimana cara mengamankan akun google atau akun gmail dari pencurian (hacker) dan bagaimana cara agar akun google  aman dan tak dicuri oleh orang lain ? itulah sedikit pertanyaan yang kerap terjadi  akibat maraknya kasus pencurian akun google atau gmail.

Sebagaimana yang kita tau bahwasanya untuk menciptakan atau mendaftar bermacam akun pada media online baik itu untuk mendaftar akun media sosial ataupun akun bisnis, kita pasti membutuhkan yang namanya email address. Email terdapat peran yang sangat penting untuk mengamankan akun lain yang kita miliki, untuk itu akun google atau gmail sendiri memerlukan keamanan tingkat tinggi agar akun akun kita yang terhubung ke email tersebut tak mudah diretes atau dibajak oleh orang lain.

Sebenarnya untuk mengamankan akun google atau gmail taklah susah, kita hanya perlu mekompleksi data diri pada akun tersebut. Data diri yang kita cantumkan ke akun google harus asli dan sesuai dengan kenyataan, agar kita selalu ingat saat suatu hari nanti terjadi kendala pada akun google yang kita miliki.

Kenapa Tutorialiums menyarankan agar data asli agar mudah kita ingat ? sebab apabila suatu saat terjadi masalah dengan akun kita, dan kita ingin melakukan recovery, kita diminta oleh google untuk mengisikan data tersebut kembali dan di sesuaikan dengan data yang telah kita masukkan di awal pendaftaran akun tersebut. Jika memang data tersebut cocok, barulah kita dapat membuka akun tersebut kembali.

Lalu bagaimana apabila ternyata kita lupa data tersebut sebab saat pengisian kita mengisinya dengan data mengawur (tak asli)? Jawabanya sudah dapat dipastikan, yaitu “Your Account is Gone Forever”

Bagaimana cara mengamankan akun google atau akun gmail dari pencurian  Panduan Tutorial mengamankan Akun Google dari Pencuri (Hacker)

Untuk mengamankan akun google atau akun gmail, ada sedikit poin yang harus kita lakukan diantaranya merupakan :

1. Selalu mengingat nama email

Jangan meremehkan nama email, sebab nama email sangat penting dan pasti dibutuhkan saat kamu akan melakukan login ke akun google.

2. Mengingat kata sandi

Kata sandi merupakan kode rahasia yang tak boleh diketahui atau diberikan ke siapapun, oleh sebab itu kata sandi haruslah mudah diingat oleh si pemilik akun. Kata sandi juga harus dibuat dengan kombinasi hurufbesar dan kecil, selain itu menciptakan kata sandi yang dikompleksi dengan kombinasi huruf dan angka akan menciptakan tingkat keamanan akun semakin baik sebab tak mudah ditebak oleh orang lain, namun serumi apapun kata sandi yang kamu pakai, kamu sebagai si pemilik akun jangan sampai lupa dengan kata sandi yang kamu buat sendiri.

3. Mencantumkan Nomor telpon/ nomor handphone

Nomor telpon pada akun gmail atau akun google berguna untuk proses verifikasi atau konfirmasi saat kita melakukan login ke akun tersebut. Nomor handphone juga berfungsi saat kita mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah pada akun google yang kita miliki.

“agar lebih aman, kamu dapat mengaitkan lebih dari satu nomor handphone agar apabila salah satu nomor handphone kamu tak dapat digunakan, maka masih ada nomor lainya yang masih dapat dipakai untuk proses verifikasi”

4. Mencantumkan akun google lainya

Mencantumkan akun google lainya yang dimaksud disini merupakan, apabila kamu terdapat lebih dari satu akun google, kamu dapat menciptakan akun tersebut saling terhubung atau terkait, sesampai kemudian apabila ada orang lain yang mencoba untuk membajak salah satu akun milik kamu, maka orang tersebut tak akan mendapatkan kode verifikasi, sebab kode verifikasi telah dikirimkan ke akun google kamu yang satunya. dengan demikian akun yang kamu miliki aan lebih aman.

5. Mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan nomor handphone

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, setiapkali kamu melakukan login ke akun google yang kamu miliki, maka google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel atau nomor handphone yang telah kamu cantumkan ke akun google milik kamu. Setelah itu kamu diwajibkan untuk melakukan verifikasi dengan kode tersebut untuk login. Dengan demikian orang yang dapat login ke akun kamu hanyalah kamu sebagai pemilik nomor handphone  yang tercantuk ke akun google tersebut.

6. Mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan aplikasi google authenticator

Taukah kamu apa yang dimaksud dengan aplikasi google authenticator? Ya aplikasi google authenticator merupakan aplikasi khusus yang disediakan oleh google untuk melakukan generate kode verifikasi dari akun google milik kamu secara otomatis. Namun untuk mengaktifkan fitur ini, kamu harus melakukan scan barcode dengan ponsel android milikmu.

Fitur yang disediakan oleh aplikasi google authenticator ini dimaksudkan agar apabila suatu saat kamu tak menjangkau nomor ponsel kamu, maka kamu masih dapat melakukan verifikasi dengan aplikasi google authenticator ini.

Itulah enam point yang harus kamu terapkan untuk mengamankan akun google dan gmail yang kamu miliki. Dengan demikian apabila suatu saat kamu membeli perangkat baru maka kamu tak perlu menciptakan akun gmail baru untuk perangkat tersebut sesampai kemudian kamu tinggal login dengan akun yang sudah kamu miliki.

Itulah sedikit tips yang dapat Tutorialium berikan untuk kamu, dengan menerapkan enam point diatas, maka dapat dipastikan akun google milik kamu akan aman dari pencurian (hack). Demikian tips yang dapat Tutorialium berikan pada posting kali ini, apabila anda tutorialium terdapat pertanyaan seputar cara mengamankan kun gmail atau akun google, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

You may also like