Pengertian Bank Secara Umum Serta Fungsi dan Jenisnya

By | December 30, 2018
Pengertian Bank Secara Umum Serta Fungsi dan Jenisnya 1

Pengertian bank secara umum merupakan lembaga intermediasi keuangan yang bertugas dalam bidang menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat atau nasabah untuk meningkatkan taraf hidup rakyat. Nah!, lagikan pengertian perbankan merupakan segala sesuatu yang berhubungan tentang bank.

Pengertian Bank, Fungsi dan Jenis Bank

Dan untuk pengertian bank sentral merupakan suatu lembaga yang melaksanakan kebijakan publik melalui sektor perbankan guna memengaruhi variabel ekonomi.

Pengertian bank secara umum merupakan lembaga intermediasi keuangan yang bertugas dalam bidan Pengertian Bank Secara Umum Serta Fungsi dan Jenisnya

Jadi, pengertian bank secara singkat yakni menyimpan segala aset nasabah ke bank sesuai dengan banknya, misalnya bank mandiri, bank bri, bank bni, bank bca, bank btn dan sedikit bank lainnya yang masih kaya lagi. Dan aset itu dapat berupa properti, uang, emas dan lain sebagainya.

Pengertian Bank

Mungkin bagi kita yang masih awam apa sih itu bank, dan juga manfaat atau fungsinya untuk apa? Kita akan terangkan secara rinci dan detail pada artikel ini.

Dan untuk pengertian bank sudah dibahas kompleks pada paragraf pertama sampai paragraf ketiga, selanjutnya kita bahas komponen dari bank itu sendiri.

Fungsi Bank Secara Umum

Bank sebagai lembaga intermediasi keuangan, terdapat 2 fungsi yakni fungsi utama dan fungsi sampingan. Untuk lebih kompleks seputar fungsi bank secara umum, kegiatan bank, tujuan bank atau manfaat bank kita baca pada ulasan dibawah ini.

Fungsi Utama Bank

1. Menghimpun Dana dari Masyarakat

Bank menghimpun dana dari masyarakat atau nasabah melalui tabungan, giro, deposito berjangka ataupaun bentuk simpanan lainnya. Dan bank menjamin keamanan aset dari masyarakat serta memberikan bunga untuk dana tersebut.

2. Menyalurkan Dana Kepada Masyarakat

Setelah melakukan menghimpun dana masyarakat, bank juga akan menyalurkan dana kepada pihak yang membutuhkan, dapat melalui sistem kredit inginpun pinjaman.

Fungsi Sampingan Bank

1. Mendukung kelancaran Mekanisme Pembayaran

Maksudnya merupakan, kita dapat membayar walaupun tak ada ditempat tersebut, seperti melakukan transfer tunai saja kita sudah membayarnya tanpa perlu ketemuan dengan orang yang ingin bertransaksi dengan kita.

2. Mendukung Kelancaran Transaksi Internasional

Bank juga sangat berfungsi banget untuk melakukan transaksi internasional, misalnya seperti kesulitan transaksi sebab perbedaan geografis, jarak yang cukup jauh inginpun sistem moneter antara dua pihak yang berbeda negara.

3. Penciptaan Uang

Bank juga menciptakan mata uang sebagai pembayaran secara resmi, dan proses pencetakan uang juga diregulasi oleh bank sentral yang dimana untuk mengatur jumlah uang yang beredar luas sebab dapat mempengaruhi keadaan ekonomi.

4. Sarana Investasi

Bank juga terdapat fungsi sebagai sarana investasi melalui jasa reksa dana ataupun dari bank itu sendiri seperti emas, properti, mata uang asing dan lain sebagainya.

5. Penyimpanan Barang Berharga

Kita sebagai nasabah bank juga dapat menyimpan barang-barang berharga dan tingkat keamanannya pun enggak usah diragukan lagi, dan barang-barang tersebut dapat berbentuk uang, surat-surat berharga, emas inginpun barang berharga lainnya.

Itulah diatas fungsi dari bank, dan fungsi dari bank ini sama seperti kegiatan bank, tujuan bank atau manfaat bank pada ulasan diatas.

Jenis-Jenis Bank

Untuk jenis jenis bank sobat semua pahami pada ulasan berikut ini, ingat yaaaa, sobat semua pahami artikel ini supaya tak bingung saat membacanya, dan pastinya admin akan bantu mengulasnya sedikit tenamun dapat dipahami oleh sobat semua.

Jenis Bank dari Segi Tugas

1. Bank Umum

Untuk jenis bank umum yakni kegiatan perbankan secara konvensional inginpun berdasarkan prinsip syariah, yang setiap harinya memberikan lalu lintas pembayaran atau transaksi kepada para nasabah bank.

2. Bank Sentral

Untuk jenis bank sentral ini kegiatannya hanya berhubungan dengan mata uang negara, seperti mengatur atau menjaga stabilitas nilai mata uang suatu negara.

3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Untuk BPR ini ia dapat berdasarkan prinsip konvensional inginpun syariah, namun kegiatannya tak memberikan lalu lintas pembayaran, namun terbatas pada penghimpunan dana dalam bentuk tabungan atau deposito dan penyaluran dana dalam bentuk kredit investasi, kredit perdagangan ataupun kredit modal kerja

Jenis Bank dari Segi Kepemilikan

  1. Bank Pemerintah
  2. Bank Swasta
  3. Bank Asing
  4. Bank Pembangunan Daerah
  5. Bank Campuran

Jenis Bank dari Segi Status

  1. Bank Devisa, bertansaksi yang berhubungan dengan negara lain atau ke luar negeri.
  2. Bank Non Devisa, bertransaksi yang berhubungan dengan negara itu sendiri.

Jenis Bank dari Segi Prinsip

Prinsip bank terbagi menjadi dua, yakni konvensional dan syariah. Untuk lebih lanjut, silahkan kamu baca prinsip bank tersebut.

  1. Bank Konvensional, bertransaksi yang berupa bunga dan menerapkan sedikit biaya tambahan sesuai transaksi yang ingin kita lakukan.
  2. Bank Syariah, bertransaksi sesuai dengan perjanjian hukum Islam.

Mungkin itu saja yang dapat admin terangkan kepada sobat semua secara kompleks dan detail mulai dari pengertian bank secara umum, pengertian bank sentral, pengertian perbankan, jenis jenis bank, kegiatan bank, manfaat bank, prinsip bank dan sebagainya.

Baca Juga : Daftar Kode Bank
Baca Juga : Format Kode SMS Banking BRI
Baca Juga : Cara Mengmengganti User ID Internet Banking KlikBCA
Baca Juga : Cara Blokir Kartu ATM BNI
Baca Juga : Cara dan Syarat Mengmengganti Buku Tabungan Bank

Jika sobat semua ada pertanyaan atau lain sebagainya, langsung komentar saja pada kolom komentar dibawah yaa gaess. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan bahan referensi ajar sobat semua, selamat untuk beraktifitas kembali yaa gaess.