Home Teknologi Pengertian Dan Fungsi Bluetooth Lengkap

Pengertian Dan Fungsi Bluetooth Lengkap

by PediaKita

Pengertian Dan Fungsi Bluetooth Lengkap

Ridopedia – Hai pembaca semua, jumpa lagi di Ridopedia.com.
Gimana kabar anda semua?
Semoga sehat selalu dan tidak sakit.
Jadi postingan kali ini admin ridopedia akan membahas tentang pengertian dan fungsi bluetooth.

Apa sih bluetooth itu? Yang jelas pengertian bluetooth tidak sama dengan namanya yang artinya gigi biru, hehe. Saat ini sudah banyak perangkat elektronik yang dilengkapi dengan bluetooth. Untuk pembasan lebih lengkap tengang pengertian bluetooth dan fungsinya, silakan anda semua simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian dan Fungsi Bluetooth

Pengertian Dan Fungsi Bluetooth Lengkap 4

Pengertian Bluetooth

Bluetooth adalah sebuah perangkat hardware wireless yang biasanya terdapat pada smartphone, headphone, printer, dan lain sebagainya. Bluetooth adalah teknologi penyempurnaan dari infrared yang dikembangkan pertamakali oleh Ericsson pada tahun 1994 untuk keperluan transfer data tanpa kabel atau nirkabel (wireless).

Bluetooth mampu menciptakan jangkauan area yang disebut dengan Personal Area Network (PAN), dimana perangkat yang sama-sama mempunyai bluetooth dapat saling terhubung untuk bertukar informasi dan data.

Jadi singkatnya pengertian dari bluetooth adalah suatu perangkat yang dapat digunakan untuk saling terhubung dan bertukar data dalam area kecil secara nirkabel. Untuk pembahasan tentang fungsi bluetooth akan admin ridopedia bahas pada sub bab dibawah ini.

Fungsi Bluetooth

1. Transfer File

Dulu sebelum muncul teknologi berbagi file dengan WLAN seperti ShareIt, fungsi utama dari bluetooth pada ponsel adalah untuk transfer file menggantikan infrared. Setelah muncul bluetooth maka infrared sudah ditinggalkan karena kurang efektif, yaitu jarak yang harus dekat dan kecepatan transfer yang sangat lambat.

Bluetooth mampu mengirim file seperti lagu, video, dan gambar dalam jarak yang lumayan jauh, yaitu lebih dari 4 meter dan kecepatan yang lebih baik. Akan tetapi tentu saja masih kalah jauh dengan ShareIt yang menggunakan teknologi berbeda.

2. Print File

Untuk fungsi bluetooth yang kedua ini adalah untuk print file dokumen. Wah hebat sekali bluetooth bisa digunakan untuk print file! Ya tidak juga, untuk print dokumen tetap menggunakan printer.

Hanya saja fungsi bluetooth disini hanya sebagai penghubung antara komputer dengan printer, jadi tidak perlu pakai kabel lagi. Teknologi ini sangat bermanfaat karena anda semua tidak perlu mengangkat printer untuk mendekatkan ke komputer, dengan catatan komputer dan printer anda semua support bluetooth.  Itu fungsi bluetooth yang kedua, untuk fungsi bluetooth yang ketiga silakan anda semua lihat dibawah ini (maaf ngejar KW, hehe).

3. Pindah File Dari Kamera Digital

Fungsi bluetooth yang ketiga adalah untuk memindahkan file dari kamera digital. Entah karena kapasitas penyimpanan kamera yang menipis atau untuk keperluan lainnya, sehingga anda semua tidak perlu memindahkan dengan memory-nya, dengan memanfaatkan fungsi bluetooth langsung beres.

4. Mendengarkan Musik

Fungsi bluetooth yang keempat adalah untuk mendengarkan musik tanpa kabel. anda semua bisa menyambungkan smartphone perangkat outout audio seperti headset dan speaker active untuk mendengarkan musik.

Sekarang sudah banyak perangkat headset dan speaker yang sudah support dengan bluetooth, harganya pun sudah ada yang terjangkau. Nah untuk memaksimalkan fungsi bluetooth di smartphone anda semua, admin ridopedia sarankan untuk membeli headset bluetooth supaya tidak ribet dengan kabel.

5. Menyambungkan Mouse dan Keyboard

Untuk fungsi bluetooth yang kelima ini adalah untuk menyambungkan komputer dengan mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard sudah lama menerapkan teknologi bluetooth, tapi sampai sekarang admin ridopedia belum pernah memakainya untuk komputer admin ridopedia karena kurang nyaman saja, hehe.

6. Untuk Pendukung Bermain Game dengan Gampad

Fungsi keenam dari bluetooth adalah mempermudah kita saat bermain game, karena fungsi bluetooth bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan gamepad dengan komputer. Gamepad yang bagus seharusnya tidak menggunakan kabel karena mengurangi gerak dan fleksibilitas anda semua. Salah satu cara untuk meningkatkan fleksibilitas pengoperasian gamepad adalah dengan memanfaatkan fungsi bluetooth sebagai alat penghubung ke komputer tanpa menggunakan kabel.

7. Untuk Menyambungkan dengan Proyektor

Fungsi bluetooth yang ketujuh adalah untuk menghubungkan komputer dengan proyektor. Hal ini bisa dilakukan saat anda semua melakukan presentasi dengan komputer,  sehingga anda semua tidak perlu menggunakan kabel VGA.

8. Untuk Berbagi Sambungan Internet

Fungsi bluetooth yang kedelapan adalah anda semua bisa membagikan sambungan internet anda semua ke perangkat lain dengan menggunakan bluetooth. Kegiatan ini populer dengan istilah Tethering. Apa itu Tethering? Untuk penjelasan lebih lengkap, anda semua bisa melihat artikel admin ridopedia yang berjudul Perbedaan Hotspot Dengan Tethering, Mana Yang Lebih Aman?.

Sekian pembahasan singkat tentang pengertian dan fungsi bluetooth.
Kunjungi selalu ridopedia.com untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
anda semua juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Silahkan share artikel ini di sosmed dan kunjungi terus ridopedia.com semoga bermanfaat.

You may also like