Pengertian Dan Sejarah Algoritma Pemrograman

Pengertian Dan Sejarah Algoritma Pemrograman

Ridopedia – Hai pembaca semua, jumpa lagi di Ridopedia.com.

Gimana kabar anda semua?
Semoga sehat selalu dan tidak sakit.
Jadi postingan kali ini admin ridopedia akan membahas tentang pengertian dan sejarah Algoritma pemrograman.
Di jaman yang serba digital ini hampir semua hal menggunakan Algoritma dan program. Contoh yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah smartphone dan komputer. Bahkan dalam dunia industri, pengerjaan dengan mesin juga sudah memanfaatkan program, misalnya mesin CNC.
Akan tetapi sebenarnya apa sih pengertian dari Algoritma dan pemrograman? 
Nah apabila anda semua ingin tahu, simak terus artikel ini karena admin ridopedia akan membahas pengertian dari Algoritma dan pemrograman, serta sejarah perkembangan pemrograman.

Pengertian Dan Sejarah Algoritma Pemrograman

Sejarah Algoritma

Nah apabila kita ingin menelisik lebih jauh tentang sejarah Algoritma, kita harus melihat kembali pada abad ke-9. Pada saat itu seorang ilmuan astronom dan matematikawan Abdullah bin Musa al-Khwarizmi (780-850 Masehi) yang biasa disebut dengan “Bapak Aljabar” menemukan Algoritma. 
Kata Algoritma pada mulanya hanya mengacu pada aturan melakukan aritmatika menggunakan angka Hindu-Arab tetapi berevolusi melalui terjemahan Latin Eropa atas nama Al-Khawarizmi ke dalam Algoritma pada abad ke-18. Penggunaan kata berevolusi untuk memasukkan semua prosedur yang pasti untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas. 

Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, Algoritma sangat berperan penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari, mungkin tanpa kita sadari Algoritma telah masuk dalam kehidupan kita.
Algoritma berbeda dengan Logaritma. Logaritma merupakan operasi Matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Contoh Logaritma seperti bc= a ditulis sebagai blog a = c (b disebut basis). Dalam dunia komputasi, contoh penggunaan Algoritma adalah dalam pembuatan program pada bahasa pemrograman seperti bahasa C, C#, dan Visual Basic. Dengan syntax pada tiap bahasa pemrograman dan Algoritma, maka akan tersusun program-program dan terlahirlah software.
Jadi intinya, pengertian Algoritma adalah suatu langkah atau urutan yang logis dan sistematis untuk pemecahan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pengertian Pemrograman

Pemrograman adalah proses membuat suatu program dengan Algoritma dan bahasa pemrograman. Sebuah doftware hanya bisa terwujud Nah apabila dibuat dengan Algoritma dan bahasa pemrograman. 
Langkah-langkah yang dilakukan dalam pemrograman yang umum adalah :
  • Definisikan masalah
  • Mengumpulkan kebutuhan (requirement)
  • Buat Algoritma dan struktur cara penyelesaian
  • Menulis program dengan bahasa pemrograman
  • Testing dan verifikasi program
  • Implementasi atau instalasi program
  • Dokumentasi program
  • Pemeliharaan program
anda semua bisa memilih bahasa pemrograman apa saja yang anda semua mau dan kuasai. Akan tetapi tentu tidak semua bahasa pemrograman cocok dengan permasalahan yang ada dan anda semua wajib mencari tahu manakah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.
Contoh untuk membuat aplikasi Android anda semua bisa pilih bahasa pemrograman Java, untuk Apps iOS anda semua memakai Swift dan Objective-C, untuk Website anda semua bisa memakai PHP atau Javascript, dan membuat game anda semua bisa pakai C++, dll.
Sekian pembahasan tentang pengertian dan sejarah Algoritma pemrograman kali ini.
Kunjungi selalu ridopedia.com untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
anda semua juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Silahkan share artikel ini di sosmed dan kunjungi terus ridopedia.com semoga bermanfaat.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More