Home Networking Pengertian dan Tutorial Penerapan Ubiquiti dalam Jaringan

Pengertian dan Tutorial Penerapan Ubiquiti dalam Jaringan

by Mas Admin

Jika anda ingin tau bagaimana cara menghubungkan jaringan computer antara dua tempat atau dua lokasi yang berjauhan, cukup kamu perlu berkenalan dengan Ubiquiti. Apa sih pengertian Ubiquiti, apa yang dimaksud dengan Ubiquiti dan apa fungsi Ubiquiti, lalu bagaimana cara kerjanya ?

Jika anda ingin tau bagaimana cara menghubungkan jaringan computer antara dua tempat atau  Pengertian dan Tutorial Penerapan Ubiquiti dalam Jaringan

Mungkin itulah pertanyaan yang pertama kali ada dalam hati anda apabila anda belum pernah tau atau mengenal yang namanya Ubiquiti. Sebenarnya Ubiquiti merupakan sebuah perangkat atau alat jaringan yang pada dasarnya merupakan sebuah antena pemancar (wireless / tanpa kabel) yang mampu memancarkan sinyal sampai kemudian tembus sekitar 15 kilometer jauhnya. Wow cukup jauh bukan ?

Pada dasarnya, Ubiquiti merupakan sebuah merek, bukan nama sebutan atau bukan nama dari perangkat ini. Setau admin, antenna ini sebenarnya merupakan antenna nanostation, namun sebab perbisnisan yang terkenal memproduksi alat jaringan berupa antenna pemancar nanostation merupakan ubiquiti, maka kerap kali orang menyebut antenna nanostation ini dengan sebutan ubiquiti.

Bagaimana Cara kerja Ubiquiti Nanostation ?

Ubiquiti nanostation dibekali dengan tiga kemampuan, dimana tiga kemampuan tersebut merupakan sebagai access point, client atau station dan yang terakhir merupakan sebagai repeater. Nah untuk menggunakan perangkat Ubiquiti nanostation ini, kita membutuhkan minimal dua perangkat Ubiquiti nanostation, dimana satu perangkat bertindak sebagai access point atau sebagai pemancar, dan satu perangkat bertindak sebagai client atau station dimana client atau station ini sebagai penerima sinyal yang dipancarkan oleh Ubiquiti yang bertindak sebagai access point.

Apakah anda bingung dengan penterangan admin diatas? Jika anda merasa bingung, silahkan anda lihat gambar ilustrasi berikut ini agar anda mudah mengerti.

Jika anda ingin tau bagaimana cara menghubungkan jaringan computer antara dua tempat atau  Pengertian dan Tutorial Penerapan Ubiquiti dalam Jaringan

Pada gambar diatas kita telah melihat bahwa sebuah perangkat antena Nanostation Ubiquiti A bertindak sebagai Access Point yang memancarkan sinyal dari lokasi A, dan kemudian pada lokasi B, ada perangkat Ubiquiti B yang bertindak sebagai Client atau station yang bertugas menerima sinyal yang dipancarkan oleh ubiquiti B.

Selanjutnya, sinyal yang diterima oleh ubiquiti B ini dapat anda alirkan ke perangkat switch dengan menggunakan kabel UTP untuk kemudian dapat disambungkan ke perangkat lain seperti PC Client, Access Point untuk jaringan wifi dan lain sebagainya.

Agar lebih mudah dipahami, disini admin tutoriakompleks telah menciptakan gambar ilustrasi yang menampilkan alur contoh cara kerja Ubiquiti untuk menghubungkan jaringan internet antara dua lokasi yang berbeda.

Jika anda ingin tau bagaimana cara menghubungkan jaringan computer antara dua tempat atau  Pengertian dan Tutorial Penerapan Ubiquiti dalam Jaringan

Gambar diatas merupakan gambar ilustrasi yang diambil dari denah atau skema model jaringan milik kantor ditempat admin bekerja.

Pada gambar ilustrasi diatas, kita dapat mengetahui dimana Lokasi A merupakan kantor utama dimana pusat jaringan berada yang ditandai dengan adanya modem sebagai pusat koneksi internet berada. Kemudian, jaringan internet dari modem dialirkan atau disambungkan ke sebuah Switch/hub dan kemudian dari switch atau hub tersebut ditarik atau dipasang kabel UTP ke PC atau komputer dan juga ke perangkat Ubiquiti Nanostation M2 yang telah disetting atau diatur sebagai Access Point untuk menghantarkan atau memancarkan sinyal ke Ubiquiti lain (Client)

Silahkan Baca : Cara setting atau cara konfigurasi Ubiquiti sebagai Access Point.

Selanjutnya, pada lokasi B merupakan kantor kedua dimana pada kantor kedua ini ingin mendapatkan akses internet dari Modem yang berada pada Lokasi A. Oleh sebab itu Admin memasang Ubiquiti kedua pada lokasi B dan mengatur ubiquiti pada lokasi B sebagai Client atau Station yang bertugas untuk menerima atau menangkap sinyal yang dipancarkan oleh Ubiquiti A.

Silahkan Baca : Cara Setting dan konfigurasi Ubiquiti sebagai Client atau Station

Kemudian, dari Ubiquiti B, ditaruk kabel UTP atau kabel LAN ke sebuah switch, kemudian dari switch dipasang juga kabel ke perangkat lain seperti PC atau komputer, Router access point untuk memancarkan sinyal wifi ke laptop, smartphone dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Intinya, Ubiquiti merupakan sebuah alat atau antena omni yang berguna untuk memancarkan sinyal radio yang terdapat jangkauan yang cukup jauh sekitar 15 kilometer ke lokasi lainya. Dengan menggunakan perangkat Ubiquitinanostation ini kita dapat menghubungkan koneksi internet sebuah jaringan ke tempat atau lokasi lain yang cukup tak dapat dijangkau apabila menggunakan kabel utp.

Mengingat kabel utp hanya mampu menghantarkan sinyal antara 90 sampai 100 meter saja, dan menurut admin, dengan adanya perangkat atau alat Ubiquiti ini, maka administrator jaringan akan merasa sangat terbantu dan lebih praktis untuk menghubungkan antara dua atau lebih jaringan antara lokasi yang jauh.

Selain itu dengan menggunakan Ubiquiti, anda juga tak perlu lagi melihat kabel yang dipasang melintang antara dua lokasi yang ingin anda pasang jaringan tersebut, sebab Ubiquiti bekerja tanpa menggunakan kabel, dan cukup hanya dengan menggunakan sinyal gelombang radio sebagai media penghantar sinyal ke perangkat ubiquiti lainya.

Demikian pembahasan kali ini seputar perngertian dan cara kerja Ubiquiti nanostation M2 . semoga bermanfaat untuk anda yang berniat untuk membagi jaringan dari suatu lokasi atau tempat ke tempat lainya.

Jika anda terdapat pertanyaan atau saran yang ingin disampaikan kepada admin tutorial kompleks, silahkan sampaikan pertanyaan, kritik atau saran anda kepada admin melalui kolom komentar yang tersedia. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

You may also like