Home MULTIMEDIA Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya

Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya

by Mas Admin

Supaya komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan, sangat dibutuhkan yang namanya kabel. Kabel ini merupakan arus listrik yang dibungkus oleh plastik yang dimana berguna untuk membantu daya yang kosong, dan listrik yang terdapat pada kabel juga sangat bahaya apabila kita tempelkan pada salah satu organ tubuh kita sebab arus listrik alirannya hanya satu, yakni ke dataran Bumi. Untuk itu, bagi kamu yang ingin membetulkan arus listrik yang bermasalah dan masih menyala tegangannya harus diwajibkan menggunakan benda-benda plastik pada area telapak tangan kita atau telapak kaki kita.

Tahukah kamu, mengapa kabel harus menggunakan tembaga sebagai penghantar daya arus?” Sebab tembaga salah satu kawat yang sangat baik diantara jenis kawat lainnya untuk menghantar daya arus listrik yang bersifat kecil dan sangat mudah untuk dipadatkan atau dililitkan.

Balik lagi kepembahasan topik, pasti sobat semua sudah pernah dengar dong apa itu kabel UTP dan kabel STP dalam jaringan komputer. Untuk itu akan kami terangkan pada artikel kali ini, oke langsung saja baca penterangannya pada ulasan dibawah ini

Supaya komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya

Pengertian serta Perbedaan Kabel UTP dan STP

Pengertian Kabel STP

Supaya komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya

STP kepanjangan dari Shielded Twisted Pair, merupakan sebuah kabel yang terdapat pelindung dari setiap lilitannya yang dimana terdapat 4 buah kawat tembaga dan setiap 2 tembaga dibungkus pelindung didalam tembaga tersebut dan terdapat bungkusan biru pada bagian luarnya. Pelindung ini berguna untuk menahan interferensi gelombang elektromagnetik.

Pengertian Kabel UTP

Supaya komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya

UTP kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair merupakan kabel yang tak terdapat pelindung dalam setiap tembaga. Nah kalau ingin lebih terang tentang kabel utp, kami sudah menciptakan artikel yang cukup dapat diterangkan secara terperinci lagi, sebab kami sudah uraikan mulai dari fungsi, kelebihan serta kekurangannya, untuk itu langsung saja baca pada link berikut ini. (Baca Juga : Pengertian Kabel UTP Lengkap Beserta Fungsi dan Kelebihannya)

Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

Baik kabel utp inginpun kabel stp walaupun ia sama-sama terdapat fungsi yang satu tujuannya sama dimana berguna untuk transmisi data dalam menciptakan jaringan komputer supaya komputer satu dan komputer lainnnya saling terhubung. Meski tujuannya sama, tenamun ada hal yang membedakan dari segi fisik dan fungsinya, untuk itu silahkan kamu baca pada point-point penting dibawah ini dari perbedaan kedua jenis kabel diatas.

  1. Jenis kabel utp terdapat diameter yang lebih kecil dari jenis kabel stp.
  2. Kabel utp tak terdapat pelindung dari setiap lilitannya, tak seperti kabel stp yang terdapat pelindung.
  3. Dalam melakukan instalasi kabel utp lebih mudah dibanding jenis kabel stp, pasalnya kabel utp terdapat ukuran lebih kecil sesampai kemudian lebih mudah untuk dipasang.
  4. Kabel utp sangat rawan dalam interferensi gelombang elektromagnetik atau radiasi medan magnet dan voltase yang tinggi sebab jenis kabel utp tak dilindungi oleh pelindung plastik, lagikan jenis kabel stp ia sangat sulit dipengaruhi radiasi medan magnet dan voltase yang tinggi sebab setiap kabel sudah dilindungi.
  5. Walaupun panjang atau ukuran kabelnya sama, kabel utp lebih murah harganya dibandingkan kabel stp.
  6. Untuk jenis kabel utp sangat cocok sekali digunakan didalam ruangan yang tertutup, lagikan kabel stp lebih bagus dipasang pada area terbuka.
Demikianlah untuk pengertian serta perbedaan pada kabel utp dan stp, dari kedua kabel tersebut semoga Anda dapat memahaminya. Intinya kalau ingin pasang didalam ruangan gunakan kabel utp, dan didalam ruangan gunakan kabel stp saja tenamun stp lebih mahal. Kalau ingin lebih terang tentang kabel utp, kamu tinggal klik pada link diatas pada penterangan pengertian kabel utp, apabila masih bingung atau ada kritikan dari teman-teman sesobat semua, silahkan sobat semua dapat komentar pada kolom dibawah ini.

You may also like