Mengulas Tentang Pengertian Susu Evaporasi dan Kegunaannya

By | August 15, 2019
Mengulas Tentang Pengertian Susu Evaporasi dan Kegunaannya 1

Susu merupakan jenis minuman menyehatkan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Tidak hanya pada anak-anak saja, orang dewasa juga dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Untuk kesehatan, kandungan gizi di dalamnya diketahui sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi, serta bagus untuk kesehatan kulit. Selain dikonsumsi untuk kesehatan, susu juga sering digunakan dalam perawatan kecantikan hingga campuran pada pembuatan makanan dan minuman, seperti pada olahan pudding, milkshake, aneka kue dan roti, dll. Untuk jenis susu yang sering digunakan dalam kuliner ada beberapa jenis. Yaitu susu kental manis (sweetened condensed milk) dan susu evaporasi (evaporated milk).

Mengulas Tentang Pengertian Susu Evaporasi dan Kegunaannya 2

Yang hobi memasak pasti sudah cukup hafal dengan evaporated milk, namun untuk sebagian orang awam jenis susu ini kurang begitu familiar di telinga. Sama seperti susu kental manis, di pasaran jenis susu ini dikemas dalam bentuk kalengan. Evaporated milk terbuat dari bahan dasar susu segar yang mengalami proses penguapan untuk menghilangkan kandungan air di dalamnya hingga kurang lebih 60%, untuk kemudian mengalami proses homogenisasi, proses pengemasan dalam kaleng, dan selanjutnya dipanaskan untuk disterilisasi dalam suhu 115-118 derajat Celcius selama kurun waktu 15 menit.

Meskipun sudah melalui serangkaian proses tersebut, kandungan nutrisi di dalamnya tidak berkurang dan masih bisa dicerna oleh tubuh layaknya susu segar lainnya. Di pasaran, susu ini dijual dalam dua jenis, yaitu ada yang rasa tawar dan ada juga yang rasa manis. Evaporated milk bisa juga digunakan dalam olahan makan seperti penggunaan susu cair yang biasa ibu-ibu lakukan. Dan tak perlu khawatir, karena sama-sama mampu membuat hidangan menjadi semakin lezat.

Susu evaporasi cocok untuk campuran pada olahan pudding, milk bath cake, egg tart, pie susu, dan custard. Selain untuk makanan, susu ini juga sering digunakan pada berbagai minuman modern, seperti Thai tea, bubble tea, coffee late, dan es kopi. Cara penggunaannya ada dua macam, yaitu bisa menambahkannya dengan pemanis atau gula dan ditambahkan air untuk mengurangi kekentalannya, atau dengan cara satunya lagi yaitu langsung mencampurkan susu tanpa perlu penambahan apapun lagi. Di pasaran, jenis susu ini juga cukup mudah ditemukan, baik di supermarket maupun agen online. Untuk distributor yang juga menyediakan keju parmesan dengan harga termurah dari pasaran, Toko Wahab bisa menjadi rujukan untuk berbelanja. Tak hanya menyediakan produk susu saja, ada juga bahan-bahan kue dan berbagai perlengkapan memasak yang lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *