Home GOFOOD Segera Ganti QR Merchant Anda Menjadi QRIS!

Segera Ganti QR Merchant Anda Menjadi QRIS!

by Mas Admin

Kode QR di merchant GOFOOD serta seluruh layanan lainnya, mulai akan digantikan dengan QRIS di awal tahun 2020 ini. Dengan QRIS, pelanggan bisa membayar menggunakan GOPAY, OVO, Dana, Link Aja, BCA, Sinarmas, CIMB, Maybank dan sebagainya.

Segera Ganti QR Merchant Anda Menjadi QRIS! 1
QRIS menerima pembayaran via GOPAY, OVO, Dana, Link Aja, BCA, Sinarmas, CIMB, Maybank dan sebagainya
QR Indonesian Standard (QRIS) adalah standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Bank Indonesia mengajak seluruh Mitra Usaha Gojek, terutama para merchant GOFOOD untuk menggunakan QRIS yang berlaku efektif mulai 1 Januari 2020. Ini sesuai Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia Nomor: 21/1/KEP.DG/2019.


Manfaat QRIS?

Dengan menggunakan QRIS, Anda tidak perlu lagi mengoleksi berbagai kode QR di usahamu. Semua transaksi kode QR dari berbagai layanan jasa pembayaran, bisa dilakukan melalui QRIS.

Anda tidak perlu lagi menyediakan banyak ruang untuk meletakkan macam-macam kode QR. Cukup dengan 1 kode QR, Anda sudah bisa menerima pembayaran dari pelanggan menggunakan metode/aplikasi manapun yang menggunakan metode scan QR.

Ini memperluas pangsa pasar pembayaran non-tunai. Jika pelanggan Anda tidak memiliki uang tunai, mereka bisa bayar pakai aplikasi apapun dengan scan QR kode.

Bayar pakai GoPay, Ovo, Dana, LinkAja, BCA, atau metode pembayaran lain, bisa melalui QRIS. Bahkan beberapa mobile banking saat ini sudah memiliki QR scanner seperti BCA, Sinarmas, Maybank, CIMB, dan lain-lain.

Selain makin memudahkan pembayaran, biaya transaksi menggunakan QRIS juga sudah diseragamkan untuk seluruh penyelenggara jasa pembayaran.

Lebih hebatnya lagi, QRIS sudah menggunakan kode QR standar internasional EMV Co. Ini sudah dipakai di berbagai negara seperti India, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.

Jadi, jika merchant Anda sudah menggunakan QRIS, maka dapat menerima pembayaran langsung dari aplikasi pembayaran luar negeri. Hebat bukan.

Pelanggan dapat lebih fleksibel dalam memilih metode pembayaran kode QR. Mereka dapat memilih untuk membayar dengan metode/aplikasi apapun lalu melakukan scan ke 1 kode QR saja.

Biaya atau Tarif Transaksi QRIS

Salah satu keuntungan saat bertransaksi menggunakan QRIS adalah biayanya yang terbilang lebih rendah dan cenderung seragam antarpelaku Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran.

Untuk merchant reguler seperti gerai GOFOOD, baik untuk MDR on us dan off us, dipatok tarif transaksi sebesar 0,7 persen. Misalnya kalau menu Anda harganya Rp20.000. Maka 0,7 persen dari Rp20.000 hanya Rp140. Anda masih akan menerima Rp19.860.

Untuk merchant khusus di sektor pendidikan hanya dikenakan biaya 0,6 persen. Untuk membeli bahan bakar minyak di SPBU menggunakan QRIS tarif transaksi sebesar 0,4 persen.

Jika digunakan untuk membayar bantuan sosial maupun melakukan donasi, biaya transaksi yang dibebankan adalah 0 persen.

Sementara itu, batas maksimum atau limit transaksi QRIS adalah Rp 2 juta per transaksi. Limit maksimum per hari atau bulan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing penyelenggara jasa. 

QR Code disebut tidak hanya memudahkan, tetapi menguntungkan perbankan, penyelenggara jasa sistem pembayaran, dan pihak merchant karena terjadi efisiensi.

Bagaimana Bisa Mendapat QRIS dari GOPAY?

Untuk Anda yang sudah menggunakan QR GoPay di GoBiz, Anda harus update aplikasi GOBIZ. Sementara bagi Anda yang sudah menggunakan stiker static QR GoPay, Anda akan menerima kode QR baru (QRIS GoPay) mulai dari 15 Desember 2019 – 15 Januari 2020.

Tim GOPAY akan menghubungi dan mengunjungi usaha Anda untuk melakukan penggantian sticker. Sebaiknya Anda bisa proaktif menghubungi admin atau sales GOFOOD supaya mereka bisa membantu Anda agar dikunjungi tim GOPAY.


Apabila sampai dengan batas akhir waktu tersebut yaitu 15 Januari Anda belum menerima QRIS dari GOPAY, Anda masih dapat menerima pembayaran melalui kode QR GoPay sampai QRIS GoPay diterima. Kode QR GoPay yang lama tidak akan dinonaktifkan sampai dengan QRIS dari GoPay sudah terpasang.

Segera Telepon 1500171 atau Email [email protected]

Jika Anda belum juga menerima QRIS, Anda bisa menghubungi 1500171 atau [email protected] dengan subject atau judul “Penggantian QR GoPay menjadi QRIS GoPay” untuk mengajukan penggantian kode QR menjadi QRIS.

Setelah menerima QRIS, kode QR GOPAY yang lama tidak perlu lagi digunakan. Yang harus Anda lakukan dengan kode QR GOPAY yaitu maksimal 14 hari sejak QRIS diterima, Anda harus melepas kode QR GOPAY dan menyimpannya.

Bagaimana Pembayaran dan Pencairan Dana QRIS?

Bagaimana cara mengetahui status pembayaran apabila pembayaran dilakukan dengan metode pembayaran lain selain GOPAY, misalnya OVO, Dana, Mobile Banking BCA, dan sebagainya?

Untuk Anda yang menggunakan GoBiz, Anda akan tetap mendapat rincian pembayaran yang dapat diakses melalui GoBiz.


Sementara untuk Anda yang belum menggunakan GoBiz, Anda akan memperoleh SMS ke nomor terdaftar pada setiap pembayaran pelanggan yang berhasil.

Bagaimana cara menerima pencairan dana? Apakah perlu mendownload aplikasi merchant dari OVO, Dana, dan lain-lain? Ini tidak perlu. Pembayaran akan dicairkan ke rekening yang terdaftar di GoPay sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini.

Segera ganti QR GOPAY merchant Anda menjadi QRIS! Bayar jadi mudah dan luas. Pakai GOPAY, OVO, Dana, Link Aja, BCA, Sinarmas, CIMB, Maybank dan sebagainya, hanya melalui QRIS.

You may also like