Home / penemu / Sejarah penemuan mobil oleh Carl ( Friendrich ) Benz

Sejarah penemuan mobil oleh Carl ( Friendrich ) Benz

Sejarah penemuan mobil modern untuk yang pertama kali tidak lepas dari seorang berkewarganegaraan Jerman yang bernama Carl Benz. Carl Benz merupakan pencipta mobil modern bertenaga bensin pertama kali dan namanya saat ini masih digunakan oleh pabrikan mobil mewah  terkenal asal jerman yakni Mercedes Benz.
Sejarah penemuan mobil oleh Carl ( Friendrich ) Benz 1
Salah satu alat transportasi modern yang nyaman digunakan adalah mobil. Pada zaman dahulu orang menggunakan kereta kuda sebagai sarana baik itu untuk mengangkut manusia ataupun mengangkut barang dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Penggunaan kuda sebagai sumber tenaga untuk menarik kereta sudah digunakan selama ratusan tahun lamanya. Barulah setelah abad ke 18 saat diperkenalkan mobil untuk yang pertama kali penggunaan kereta kuda sedikit demi sedikit mulai berkurang serta ditinggalkan. 

Rancangan mobil pada abad 15

Ada banyak sejarah yang mencatat asal mula dan perancang mobil untuk yang pertama kali. Pada abad ke 15, seorang seniman sekaligus ilmuan berkebangsaan Itali yakni Leonardo Davinci sudah mempunyai gagasan tentang sebuah alat transportasi beroda 4. Pada masa itu kendaraan yang dirancang oleh Leonardo Davinci bukanlah kendaraan yang diciptakan untuk diproduksi secara masal, melainkan sebuah rancangan kendaraan yang digunakan untuk festival Renaisans.

Sejarah penemuan mobil oleh Carl ( Friendrich ) Benz 2

Mobil rancangan dari Leonardo Davinci digerakkan menggunakan tenaga pegas serta tidak menyediakan tempat duduk di atasnya. Leonardo merancang kendaraannya dengan sistem yang sangat rinci serta dikendalikan internal oleh rakitan yang sangat kompleks. Pada tahun 2004 sebuah tim dari Institute dan Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan di Florence memutuskan untuk mencoba dan menciptakan Mobil Leonardo da Vinci. Mereka menghabiskan beberapa bulan merancang model 3d dari mobil Leonards berdasarkan desainnya.

Mobil pertama kali bertenaga uap

Mesin uap pada abad ke 18 tidak hanya digunakan pada kereta untuk menarik lokomotif saja, melainkan digunakan pada sebuah mobil. Nicholas Joseph Cugnot, warga kebangsaan Perancis pada tahun 1801 sudah mengembangkan kendaraan beroda 4 dengan tenaga uap. Kendaraan tersebut bisa melaju dengan kecepatan 3,2 km/jam serta memiliki sebuah tabung pembakaran pada bagian depannya. Selanjutnya mobil dengan tenaga uap mengalami perkembangan lebih pesat saat diteruskan lagi di Brimingham, Inggris oleh Lunar Society.

Carl Benz penemu mobil modern pertama kali

Carl ( Friendrich ) Benz lahir di negara Jerman yakni di Karlsruhe pada tanggal 25 November 1844. Benz mewarisi bakat ayahnya dalam bidang mesin. Ayahnya adalah seorang ahli mesin lokomotif kereta api. Meskipun sejak berumur 2 tahun sudah ditinggalkan ayahnya, namun jejak ayahnya dalam bidang permesinan diturunkan pada diri Carl Benz. Karena minatnya dalam dunia ini sangat tinggi, Benz mengambil kuliah di jurusan mesin pada Universitas Teknlogi Karlsruhe.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Teknlogi Karlsruhe. Benz lalu membuka bengkel sendiri di daerah Mannheim. Tahun-tahun selanjutnya Benz berhasil membuat mesin 2 tak dengan menggunakan bahan bakar dari bensin. Mesin inilah yang kelak menjadi cikal bakal transportasi yang kita pakai saat ini dan menggeser penggunaan kuda yang sangat berperan dalam sarana transportasi.
Obsesi untuk membuat kendaraan modern dengan bahan bakar bensin oleh Benz bukan tanpa kendala. Sejarah mencatat bahwa untuk bisa mewujudkan impiannya itu, Benz harus meminta bantuan dana kepada rekan-rekannya. Masalah dana merupakan masalah utama yang harus dihadapi Benz saat awal pembuatan mobil. Perjuangannya Benz akhirnya membuahkan hasil. Pada usianya yang menginjak 41 tahun, mobil bertenaga bensin pertana berhasil dia ciptakan. Benz lantas mematenkan ciptaannya tersebut dan mendapat hak patennya tanggal 26 Januari tahun 1886. Mobil pertama ciptaan Benz masih sangat sederhana. Namun meskipun sederhana, mobil pertama ini sudah dilengkapi dengan persneling serta dapat berjalan dengan kecepatan maksimal 15 km/jam.
Sejarah penemuan mobil oleh Carl ( Friendrich ) Benz 3

Mobil pertama buatan Carl Benz memiliki spesifikasi satu silinder atau dengan kata lain bersilinder tunggal, bermesin 2 tak, memiliki kerangka berupa pipa baja, berbahan bakar bensin serta memiliki roda berjumlah 3. Roda di ban depan mirip dengan ban sepeda serta ban belakang dihubungkan antara rantai dengan porosnya. Ban yang digunakan pada mobil pertama terbuat dari karet pejal. Untuk mengemudikan mobil ini, terdapat sebuah stir yang berbentuk tongkat. Mobil ini hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja sebagai pengemudinya. Mobil pertama ciptaan Carl Benz waktu itu masih sangat sederhana dan apabila dilihat dari bentuknya hampir mirip dengan kendaraan beroda 3 yang saat itu digunakan untuk orang cacat pada suatu rumah sakit.

Mobil pertama buatan Carl Benz kendatipun sederhana namun mendapat sambutan yang luar biasa oleh kalangan masyarakat. Penjualan mobil ini laku keras hingga pada akhirnya Benz memperkerjakan lebih dari 50 karyawan untuk bengkel mobilnya itu. Lama kelamaan bengkel sederhana milik Benz berubah menjadi sebuah pabrik mobil. Perkembangan pabrik ini pun sangat cepat. Tidak sampai 10 tahun berdiri, pabrik milik Benz menjadi salah satu perusahaan mobil terbesar di Eropa. Pada tahun 1962 perusahaan milik Benz mulai menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Adapun Daimler, sebuah perusahaan yang bergerak dalam produksi sepeda motor. Kedua perusahaan inipun bekerja sama dan membuat mobil yang lebih baik lagi dengan nama “Mercedes Benz

Perkembangan mobil di Amerika

Sejarah penemuan mobil oleh Carl ( Friendrich ) Benz 4
Henry Ford car

Perkembangan industri transportasi mobil tidak hanya berkembang di benua Eropa saja, melainkan juga di Amerika. Di Amerika terkenal mobil dengan sebutan mobil T. Mobil T sendiri merupakan model mobil yang dibuat oleh Henry Ford yang terkenal sebagai penemu mobil Amerika. Ford sendiri bukanlah seorang penemu, melainkan seorang yang berbakat dalam bidang manufactur. Sebelum mendirikan Ford motor, Henry Ford adalah seorang yang suka akan kegiatan mematri, memotong besi serta merangkai kabel untuk membuat mesin. Hingga akhirnya Ford mampu merakit mobil sendiri pada tahun 1891. Ford sempat menguasai penjualan mobil di Amerika. Mobil yang paling populer pada masa itu adalah mobil dengan model T yang mengantarkan Ford menuju kesuksesan. Saat ini kita sudah mengetahui bahwa produsen mobil tidak didominasi oleh perusahaan yang berasal dari Eropa maupun Amerika saja. Produsen mobil dari kawasan Asia kinipun mulai bermunculan, bahkan di negara kita sendiri saat ini dibanjiri mobil-mobil dari negara Asia khususnya negara Jepang, China serta Korea.

Meskipun kini banyak bermunculan produsen mobil, tentu kita tidak akan lupa dengan kebesaran nama Benz. Melalui perusahaanya yakni Mercedes Benz, perusahaan ini mampu melakukan penjualan produknya hampir mencakup sebagian besar negara di dunia. Benz sebagai penemu mobil modern yang pertama kali bisa berbangga hati karena hasil kerja kerasnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Carl Benz meninggal pada usia ke 85 tahun tepatnya pada tanggal 4 April dan dimakamkan di Ladenburg, Jerman.

About xenodochial-rhodes