Tag-tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Digunakan (Deprecated) Pada HTML5

By | June 3, 2019
Tag-tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Digunakan (Deprecated) Pada HTML5 1

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Tag-tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Digunakan (Deprecated) Pada HTML5.

Pengertian Tag Deprecated Pada HTML

Ada beberapa tag HTML yang sudah berstatus deprecated yang artinya tidak disarankan lagi untuk digunakan, tag yang sudah berstatus deprecated umumnya digunakan mengatur tampilan website sebelum CSS hadir.

Setelah CSS hadir, maka disarankan untuk memisahkan bagian struktur website dengan tampilan website. Hal-hal yang berhubungan dengan tampilan website sebaiknya menggunakan CSS dan tidak dilakukan lagi dari tag HTML. Tentu hal ini akan memudahkan kita untuk membuat halaman website dan jika suatu saat kita ingin merubah tampilan website, maka kita hanya tinggal mengubah kode CSS-nya saja.

Hadirnya HTML5, membuat tag-tag yang tidak sesuai dengan spesifikasi HTML5 menyandang status deprecated. Namun ada beberapa tag pada era XHTML, yang sebelumnya berstatus deprecated digunakan lagi pada HTML5, seperti tag <i> dan <b>.

Walaupun yang kita bahas pada artikel ini tentang tag-tag yang sudah berstatus deprecated pada HTML5, namun web browser hingga saat ini masih mendukungnya dengan alasan kompatibilitas dengan website lama. Walaupun begitu kita tidak disarankan untuk menggunakan tag yang sudah berstatus deprecated dan mungkin saja kedepannya web browser tidak akan mendukung tag berstatus deprecated.

Berikut ini adalah daftar tag yang sudah berstatus deprecated pada HTML 5 :

  • Tag <acronym> : untuk membuat singkatan, tag ini sudah digantikan dengan tag <abbr>.
  • Tag <applet> : untuk memasukkan kode Java Applet.
  • Tag <basefont> : untuk membuat pengaturan huruf default pada halaman website.
  • Tag <big> : untuk membuat huruf menjadi lebih besar dari huruf yang berada disekitarnya.
  • Tag <center> : untuk membuat huruf rata tengah.
  • Tag <dir> : untuk membuat directory list, tag ini sudah digantikan dengan tag <ul>.
  • Tag <font> : untuk mengatur jenis huruf, warna huruf dan ukuran huruf.
  • Tag <isindex> : untuk membuat search box.
  • Tag <menu> : untuk membuat menu list.
  • Tag <strike> untuk membuat huruf dengan garis tercoret, tag ini sudah digantikan dengan tag <s> dan <del>.
  • Tag <tt> : untuk membuat huruf dengan tampilan teletype dan ditampilkan dengan jenis huruf monospace, tag ini sudah digantikan dengan tag <code>.
  • Tag <blink> : untuk membuat huruf berkedip-kedip, penggunaan tag ini akan mengganggu pengunjung sehingga tidak didukung oleh web browser saat ini.
  • Tag <marquee> : untuk membuat huruf berjalan atau bergerak.
<!DOCTYPE html> <html> <head>     <meta charset="UTF-8" />     <title>Belajar HTML5</title> </head> <body>     <p>         <acronym title="Tag-tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Digunakan (Deprecated) Pada HTML5">HTML</acronym> merupakan bahasa markup untuk membuat halaman website. Jika Anda ingin membuat website, maka hal yang pertama yang harus Anda pelajari adalah <strike>CSS</strike> HTML.     </p>          <p>         <big>Refrensi</big> yang Saya gunakan pada artikel kali ini adalah dari <font color="blue" face="Verdana" size="5px">duniailkom.com</font>.     </p>          <p>         Beberapa tag pada halaman ini sudah berstatus <tt>deprecated</tt>, seperti <blink>tag blink</blink> yang sudah tidak didukung lagi oleh web browser, namun untuk tag center, marquee dan beberapa tag lain masih didukung oleh web browser, seperti berikut ini :     </p>          <center>Menggunakan tag center</center>          <marquee>Menggunakan tag marquee</marquee> </body> </html>
Tag-tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Digunakan (Deprecated) Pada HTML5 2