Home Tips Trik Komputer Trik Cell Range Pada Excel Yang Mungkin Belum Banyak yang Tahu

Trik Cell Range Pada Excel Yang Mungkin Belum Banyak yang Tahu

by Mas Admin

Kita akan melanjutkan lagi trik Excel lanjutan dari postingan  kemaren yaitu cara menggunakan mouse di Excel, Sekarang kita akan mencoba mengulas sedikit tentang Cell range dimana cell range ini merupakan salah satu bagian penting yang harus di ketahui oleh pengguna Excel.

Dan tentu saja ketika anda mengetahui trik Cell Range pada Excel ini hal itu akan menciptakan waktu anda lebih efisien. sebab Sobat dapat menghemat waktu dari biasanya yang anda lakukan.

Sebagaimana yang sudah dikatakan baru saja bahwa selain Cell range ada kaya sekali yang harus di ketahui oleh seorang yang ingin belajar Excel seperti Worksheet, Workbook, Table, layout, formulas, Format Cells dan lain sebagainya. Pada bagian Excel kita tentu kerap mendengar dengan istilah Row, Column, Range dan cell semuanya terdapat fungsi yang berbeda. Dan disini kita akan mencoba mengulas sedikit saja dari fungsi Cell dan range itu sendiri.  Karena mengingat cell range itu sangat kaya yang dapat di eksplor.

Lihat juga :
Cara Mengunci / Memberi Password di Word / Excel Dengan Mudah
Puluhan Aplikasi Laptop / Komputer Terbaru Bikin (windows) Naik Level

Trik Cell Range pada Excel untuk mengefisienkan waktu tugas 

Cara seleksi Range dengan cepat.

Trik Cell Range Pada Excel Yang Mungkin Belum Banyak yang Tahu 4

  1. Pilih cell pertama
  2. Tekan tombol terus  Shift 
  3. Pilih  cell kedua
  4. Maka seleksi anda akan meliputi semua baris dan kolom cell yang berada pada range cell pertana dan kedua

Sobat dapat mengubah seleksi cell selama belum melepaskan tombol Shift. Metode ini sangat berguna ketika anda ingin memilih suatu range dari cell yang tak dapat termuat dengan utuh pada layar monitor .

Memindahkan Seleksi Range dengan cepat.

  1. Pilih cell yang ingin anda pindah, dapat satu cell atau lebih dengan klik kiri mouse dan seret pada cell yang diinginkan.
  2. Gerakkan mouse pada tepi cell sesampai kemudian membentuk kursor panah empat arah.
  3. Klik kiri dan seret ke cell yang manapun yang anda ingin. Selesai…

Note : Cara ini akan menghapus formula, value dan content dari cell tujuan, namun tak akan menghapus gambar,shape atau diagram.

Menyisipkan cell range dengan cepat

Kita akan melanjutkan lagi trik Excel lanjutan dari postingan Trik Cell Range Pada Excel Yang Mungkin Belum Banyak yang Tahu

Sobatdapat menyisipkan cell yang diseleksi pada area manapun yang anda ingin, ini akan menggeser posisi cell yang dituju. Tidak seperti trik di atas yang akan mengmengganti contets dari cell tujuan. Metode ini hanya menggeser posisinya saja.
Perhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Pilih cell yang ingin anda sisipkan
  2. Gerakkan pointer menuju tepi cell sesampai kemudian membentuk panah empat arah.
  3. Tekan dan tahan tombol Shift dan drag menuju cell tujuan. anda akan melihat garis abu-abu yang menunjukkan posisi cell yang akan disisipi. Garis ini dapat berada diantara baris atau diantara kolom, tergantung posisi tujuan anda, dan otomatis cell tujuan akan bergeser.
  4. Lepaskan klik kiri apabila anda sudah menemukan posisi yang sesuai.

Mengcopy cell range dengan cepat

Kita akan melanjutkan lagi trik Excel lanjutan dari postingan Trik Cell Range Pada Excel Yang Mungkin Belum Banyak yang Tahu

Sobat dapat mengcopy cell yang anda inginkan dengan  cepat tanpa menyentuh tombol shortcut apapun.
Perhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Pilih cell yang ingin anda copy
  2. Gerakkan pointer menuju tepi cell sesampai kemudian membentuk panah empat arah.
  3. Tekan dan tahan tombol Ctrl dan drag menuju cell tujuan. Sobat  akan melihat tanda (+) pada pointer. Garis kotak abu-abu juga akan tampil sebagai penanda area cell yang menjadi tujuan.

Koversi Formula ke Value

Kita akan melanjutkan lagi trik Excel lanjutan dari postingan Trik Cell Range Pada Excel Yang Mungkin Belum Banyak yang Tahu

Gunakan klik kanan pada mouse dan drag pada cell tujuan
Langkah-langkahnya merupakan sebagai berikut :

  1. Pilih cell range
  2. Arahkan pointer pada tepi selection sampai kemudian membentuk panah empat arah.
  3. Klik kanan dan tahan mouse, lalu drag ke cell tujuan, lepaskan klik kanan untuk menampilkan opsi konversi dari formula ke value. Sobat juga akan menemukan bergam opsi drop down dari metode ini. 

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

You may also like

×