Home Networking Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

by Mas Admin

How to setup static ip address on windows 10 – Pada hari ini kali ini admin akan memberikan tutoriakompleks cara melakukan setting atau konfigurasi IP Address secara manual pada computer atau laptop dengan system operasi windows 10 secara kompleks dan detail agar mudah untuk anda mengerti.

How to setup static ip address on windows  Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Sebagaimana yang kita tau bahwa untuk melakukan konfigurasi atau setting IP Address pada windows 10 ada sedikit perbedaan dimana biasanya pada windows 7, ketika anda melakukan klik kanan pada icon jaringan pada taskbar dan kita memilih option Open network & internet settings maka secara langsung anda akan dibawa masuk ke control panel. Namun berbeda dengan system operasi windows 10, ketika anda melakukan klik kanan pada icon jaringan pada taskbar dan memilih pilihan open network & internet settings maka anda akan dibawa masuk ke halaman Setting dengan tampilan baru windows 10.

Oleh sebab itu disini admin akan memberikan tutorial kompleks cara melakukan konfigurasi atau setting IP Address pada windows 10 secara manual atau biasa disebut dengan static Ip Address. Dalam ilmu jaringan computer, IP Address sangat diperlukan, dimana IP Address merupakan sebuah identitas yang digunakan sebagai peng-alamatan yang harus ada pada setiap computer yang ingin terhubung ke suatu jaringan.

IP address pada dasarnya ada dua jenis, yaitu IP Statis dan IP Dinamis atau yang biasa disebut dengan Static IP Address dan Dinamic IP Address. Keduanya tak terdapat perbedaan yang mencolok, namun IP Address Statis dan Dinamis ini bedanya terletak pada acara konfigurasinya. Berikut merupakan perbedaan Static IP Address dan Dinamic IP Address

Perbedaan IP Address Statis (Static IP Address) dan IP Address Dinamis (Dinamic IP Address)

  • IP Address Statis (Static IP Address) merupakan IP yang diatur secara manual atau di konfigurasi secara manual dan dimasukkan secara manual sesuai dengan kelas jaringan yang digunakan.
  • IP Address Dinamis (Dinamic IP Address) merupakan IP yang dikonfigurasi secara otomatis oleh DHCP Server. Sebagai contoh penggunaan IP Address Dinamis merupakan ketika anda menghubungkan perangkat seperti smartphone atau laptop ataupun computer pada jaringan wi-fi, dimana secara otomatis perangkat seperti laptop ataupun smartphone yang anda miliki akan secara otomatis terhubung ke jaringan tanpa harus anda setting ip address secara manual, sebab ip address telah ter-setting secara otomatis oleh DHCP Server.

Itulah perbedaan antara IP Address statis dan dinamis, keduanya terdapat kegunaan yang berbeda-beda tergantung dengan situasi dan kondisi.

Kembali ke topik pembahasan kita kali ini merupakan cara untuk melakukan konfigurasi IP Address secara manual (Static IP Address) pada windows 10, Mari kita langsung saja mulai praktek cara melakukan setting ip address secara manual.

Cara Setting/Konfigurasi IP Address Pada Windows 10

Langkah pertama, silahkan klik kanan pada icon jaringan pada taskbar windows 10 milik anda, kemudian pilih Open Network & Internet Settings, sesampai kemudian anda akan masuk ke halaman Setting khas Windows 10.

How to setup static ip address on windows  Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Langkah kedua, pada halaman settings sebalah kiri, silahkan pilih Wi-Fi apabila anda ingin melakukan konfigurasi IP Address pada koneksi jaringan Wi-fi, atau pilih Ethernet apabila anda ingin melakukan konfigurasi IP Address pada koneksi jaringan Ethernet atau LAN dengan menggunakan kabel sebagai koneksi ke jaringan. (Sebagai contoh disini admin akan melakukan konfigurasi pada jaringan Ethernet maka ang admin pilih merupakan Ethernet) Kemudian pada halaman sebelah kanan, silahkan anda pilih Change Adapter Option.

How to setup static ip address on windows  Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Langkah selanjutnya, anda akan masuk ke halaman Network Connection, Klik kanan pada icon ethernet apabila ingin melakukan konfigurasi pada ethernet, atau klik kanan pada icon wi-fi apabila anda ingin melakukan konfigurasi pada jaringan wi-fi, kemudian pilih properties.

How to setup static ip address on windows  Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Langkah berikutnya, kita telah masuk ke halaman Ethernet Properties, nah untuk melakukan konfigurasi atau setting IP Address secara manual (Static IP Address) silahkan anda double click pada pilihan Internet Protocol Version 4 (TPC/IPv4).

Kemudian pada tahap berikutnya, kita akan masuk ke halaman Internet Protocol Version 4 (TPC/IPv4) Properties, silahkan masukkan IP Address sesuai dengan yang anda inginkan (sesuaikan dengan kelas IP yang digunakan pada jaringan yang ingin anda sambung). Jika anda telah selesai mengisikan IP Address, subnet mask, Default Gateway dan juga DNS Server, silahkan klik pada tombol OK untuk menerapkan perubahan.

How to setup static ip address on windows  Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Selesai.

Sampai disini anda telah berhasil merubah atau melakukan konfigurasi IP Address pada computer atau laptop milik ada yang menggunakan windows 10. Namun untuk memastikan apakah IP Address yang telah kita masukkan baru saja telah benar-benar sudah di apply atau diterapkan, kita dapat melakukan pengecekan melalui command prompt (cmd), caranya dalah sebagai berikut:

Cara melakukan pengecekan IP Address melalui CMD (command prompt)

Tekan tombol Windows atau start dan tombol R secara bersamaan pada tombol keyboard computer, sesampai kemudian terbuka halaman RUN, kemudian kettik CMD, lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

How to setup static ip address on windows  Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Jika halaman cmd telah terbuka, silahkan ketik ipconfig pada halaman cmd tersebut lalu tekan tombol enter pada keyboard.

Setelah anda menekan tombol Enter pada keyboard, maka pada halaman cmd akan menampilkan informasi IP Address beserta subnet mask dan juga default gateway yang telah terpasang atau tersetting pada computer anda.

How to setup static ip address on windows  Tutorial Gampang Setting / Konfigurasi Static IP Address Windows 10+

Selesai.

Sampai disini kita telah belajar cara melakukan konfigurasi atau seting ip address secara manual dan juga cara melakukan pengecekan atau cara melihat ip address pada computer kita melalui jendela command prompt atau cmd.

Masih kaya tutorial kompleks seputar jaringan computer yang perlu kita bahas dalam blog tutorial kompleks. Namun berhubung waktu sudah menunjukkan jam 12 malam, admin perlu istirahat sebab besok pagi harus mulai beraktifitas ditempat kerja.

Oleh sebab itu, mari kita akhiri tutoriakompleks seputar cara setting ip address secara manual pada windows 10 kali ini, dan tutorial seputar jaringan computer lainya akan kita bahas pada pertemuan atau tutorial selanjutnya.

Jika anda terdapat pertanyaan seputar tutorial diatas, silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih dan selamat mencoba tutoriakompleks seputar jaringan disini.

Cara Mudah Setting / Konfigurasi Static IP Address Pada Windows 10

Regard
Widi

You may also like