Home Banking Tutorial Mendapatkan User ID dan Aktivasi Akun BNI Mobile pada Smartphone

Tutorial Mendapatkan User ID dan Aktivasi Akun BNI Mobile pada Smartphone

by Mas Admin

kali ini akan membahas seputar cara daftar dan melakukan aktivasi akun BNI Mobile menggunakan smartphone android secara terang dan disertai dengan screenshoot gambar agar anda mudah memahami setiap langkah demi langkah yang harus dilakukan dalam melakukan aktivasi akun BNI Mobile.

Sebelum melangkah ke tutorial inti yaitu cara melakukan aktivasi BNI Mobile menggunakan smartphone android, perlu admin terangkan juga pengertian atau apa itu BNI Mobile, dimana penteranganya akan kita bahas dalam penterangan berikut ini:

 kali ini akan membahas seputar cara daftar dan melakukan aktivasi akun BNI Tutorial Mendapatkan User ID dan Aktivasi Akun BNI Mobile pada Smartphone

Apa itu BNI Mobile ?
BNI mobile merupakan sebuah aplikasi yang telah disediakan oleh Bank Negara Indonesia, dimana aplikasi BNI Mobile ini mampu berjalan pada platform android dan juga IOS. BNI mobile merupakan salah satu aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna atau nasabah bank BNI sesampai kemudian nasabah atau pengguna bank BNI dapat melakukan transaksi melalui smartphone android dan IOS yang dimilikinya tanpa harus pergi ke kantor cabang BNI atau ke mesin ATM.

Dengan aplikasi dan akun BNI Mobile, nasabah dapat melakukan bermacam macam transaksi secara online. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan oleh nasabah dengan menggunakan aplikasi BNI Mobile antara lain merupakan :

  1. Informasi – yang meliputi Informasi Saldo untuk melakukan pengecekan jumlah saldo tabungan, Mutasi, dan Transaksi terakhir.
  2. Transfer – yang meliputi transaksi antar BNI, Transfer antar bank (transfer ke bank lain, selain BNI), Kliring, yang berguna untuk melakukan transfer ke Bank Luar Negeri, transfer dana pensiun dan yang terakhir merupakan transfer ke rekening sendiri (apabila anda punya lebih dari satu rekening)
  3. Pembayaran – dimana pembayaran ini meliputi pembayaran kartu kredit BNI, pembayaran karti kredit bank lain, pembayaran telpon pasca bayar,pembayaran BPJS, pembayaran Listrik PLN, pembayaran MPN G2, pembayaran multifinance, pembayaran TV Berlangganan, pembayaran Zakat atau ZIS dan Qurban, pembayaran PDAM, pembayaran Asuransi, Tiket kereta, pembayaaran Internet, pembayaran pinjaman Personal, pembayaran pegadaian, pembayaran biaya pendidikan, pembayaran pajak, pembayaran PGN, pembayaran TKI, dan yang terakhir merupakan pembayaran samsat.
  4. Pembelian – yang meliputi pembelian voucher prabayar telepon, pembelian token listrik, top up agen penerbangan, top up agen go pay, top up unikqu, topup tapcash, pembayatan tv berlangganan dan yang terakhir merupakan pembelian paket data internet.
  5. Layanan Lain – yang meiputi: BNI Debit Online (VCN) atau yang biasa disebut dengan virtual credit number, pembukaan rekening deposito, pembukaan rekening taplus, pembukaan rekening tapenas, pertamina LPG 3 Kg,,dan yang terakhir merupakan pencairan deposito.
  6. Administrasi – Fitur terakhir atau tansaksi terakhir yang dapat anda lakukan dengan aplikasi BNI Mobile Administrasi, yang meliputi menu untuk merubah MPIN, merubah password akun BNI Mobile, dan yang terakhir merupakan untuk menghapus daftar favorite yang sebelumnya telah pernah kamu tambahkan ke daftar favorite seperti nomor rekening yang kerap anda transfer uang, atau nomor telpon dan nomor ID Pelanggan rekening listrik yang kerap anda bayar melalui aplikasi BNI Mobile.

Itulah daftar transaksi dan juga fitur utama yang dapat anda lakukan dengan menggunakan aplikasi BNI Mobile dengan menngunakan smartphone android dan IOS.

Sampai disini anda telah tau apa saja transaksi yang dapat anda lakukan apabila mendaftar dan menggunakan BNI Mobile dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya dan pastinya akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selanjutnya, kita akan membahas cara mendaftar akun BNI Mobile apabila anda sebagai nasabah BNI Mobile namun belum terdapat akun BNI Mobile.

Cara mendaftar akun BNI Mobile untuk Mendapatkan User ID

Untuk mendapatkan akun BNI Mobile, disini ada dua cara namun menyesuaikan dengan keadaan anda, diantaranya merupakan:

  1. Jika anda sudah terdapat Rekening bank BNI namun belum terdapat akun BNI Mobile – maka anda harus mendatangi kantor cabang BNI terdekat dan langsung menuju ke teller dengan menyampaikan tujuan anda untuk mendaftar akun BNI Mobile. Silahkan siapkan juga daftar identitas kompleks anda seperti KTP Asli, buku rekening tabungan dan juga kartu ATM Bni, Email yang masih aktif dan juga nomor telpon. Setelah semua proses telah dilakukan anda akan mendapatkan user ID yang nantinya dapat anda gunakan untuk melakukan aktivasi melalui smartphone android atau IOS Apple milik anda.
  2. Jika anda belum terdapat Rekening Tabungan BNI – Jika anda belum terdapat rekening BNI dan ingin terdapat rekening BNI dan mendaftar akun BNI mobile, kamu cukup mendatangi kantor cabang BNI Terdekat, dan silahkan mendaaftar dengan menggunakan identitas asli yang kompleks. Jangan lupa isi atau sertakan alamt email dana nomor telepon kamu secara kompleks, dan langsung sampaikan juga ke petugas Bank bahwa anda ingin mendaftar akun BNI Mobile juga agar anda mendapatkan User ID yang nanti akan kamu perlukan dalam melakukan aktivasi akun BNI Mobile Melalui smartphone.

Setelah anda sudah mendaftar rekening dan telah mendaftar akun BNI Mobile, maka anda pasti sudah terdapat User ID untuk melakukan aktivasi BNI mobile melalui smartphone. Selanjutnya, mari kita membahas cara mengaktifkan atau cara aktivasi akaun BNI Mobile menggunakan Smartphone android dan IOS.

Cara Aktivasi akun BNI Mobile pada Smartphone Android dan IOS.

Untuk mengaktifkan akun BNI Mobile ada sedikit point atau sedikit hal yang harus anda siapkan, diantaranya merupakan : User ID BNI Mobile, Nomor kartu ATM, dan aplikasi BNI Mobile yang dapat kamu download dari Google Play Store (Jika kamu menggunakan smaartphone Android) atau (dari App Store apabila kamu menggunakan samartphone IOS atau Iphone).

Catatan :

  • Pada tahap ini, pastikan bahwa nomor atau sim card yang terpasang sebagai sms default pada smartphone kamu merupakan nomor atau sim card yang sebelumnya telah kamu gunakan untuk mendaftar ke rekening BNI.
  • Pastikan juga bahwa nomor tersebut terdapat saldo pulsa minimal Rp 2000,- , sebab kan dikenakan biaya untuk melakukan request kode OTP (On Time Pin)

Jika point dan data-data yang disebutkan diatas telah terpenuhi dengan kompleks, mari kita masuk ke tahap atau langkah aktivasi akun BNI Mobile.

  1. Pastikan anda telah memasang aplikasi BNI Mobile pada smartphone yang anda miliki, kemudian silahkan buka aplikasi BNI Mobile dari menu smartphone anda.
  2. Setelah aplikasi BNI Mobile terbuka, anda akan melihat sedikit menu, silahkan pilih menu BNI Mobile, sesampai kemudian anda akan melihat halaman persyaratan dan persetujuan daari BNI, silahkan scrool atau geser kebawah, beri tanda ceklist atau tanda centang pada pilihan “Saya setuju dengan syarat dan ketentuan diatas” kemudian ketuk pada tombol lanjut.
  3. Tahap selanjutnya, silahkan isikan User ID yang telah kamu miliki, isikan juga nomor kartu debit (nomor kartu ATM), kemudian pilih lokasi negara Indonesia, lalu ketuk tombol Lanjut untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Jika anda melihat informasi bahwa aplikasi BNI Mobile meminta akses untuk melakukan pengiriman sms, atau pesan berisi informasi “Allow BNIMobilenew to sms?” silahkan ketuk atau pilih tulisan allow untuk menyetujuinya
  4. Kemudian, anda akan mendapatkan sms berupa kode atau On Time Pin (OTP), silahkan mmasukkan kode OTP tersebut kedalam kolom OTP yang tersedia pada aplikasi BNI Mobile, kemudian ketuk tombol lanjut untuk melanjutkan pada tahap selanjutnya.
  5. Langkah terakhir, silahkan masukkan MPIN dan juga konfirmasi MPIN pada kolom yang tersedia, masukkan juga password transaksi dan juga konfirmasi password transaksi, kemudian ketuk tombol Lanjut untuk memulai aktivasi akun BNI Mobile. 
  6. Setelah sedikit detik setelah anda mengetuk tombol lanjut, maka anda akan melihat pesan informasi berupa tulisan “Aktivasi Sukses, Silahkan nikmati layanan Mobile Banking BNI”

Selesai dan sampai disini anda telah berhasil melakukan aktivasi akun BNI Mobile banking pada smartphone android dan IOS milik anda. Namun sebelum admin mengakhiri cara aktivasi BNI Mobile ini, ada sedikit hal yang perlu admin sampaikan kepada anda seputar MPIN dan Password transaksi.

MPIN merupakan pin berupa angka milik kamu yang berguna untuk melakukan login ke aplikasi BNI Mobile, sebab saat kamu membuka aplikasi BNI Mobile, maka anda akan diminta untuk mengisikan user ID dan MPIN untuk login.
Sedangkan Paassword transaksi merupakan password yang akan diminta ketika anda melakukan transaksi seperti transfer uang/saldo, transaksi pembayaran rekening listrik dan lain sebagainya.

Jadi disini MPIN dan password transaksi sangatlah berbeda, dan keduanya harus kamu buat sendiri dan jangan sampai diketahui oleh orang lain. Usahakan juga agar MPIN dan password transaksi ini tak mudah ditebak oleh orang lain namun mudah untuk anda ingat.

Setelah anda berhasil melakukan aktivasi akun BNI Mobile, maka anda akan mendapatkan pesan email dan sms yang berisi ucapan terimakasih dan informasi aktivasi akun BNI Mobile.

Itulah cara mudah mendapatkan USER ID Bni mobile dan juga cara aktivasi akun BNI Mobile menggunakan smartphone android dan IOS atau Iphone. Untuk cara melakukan transfer, pembelian pulsa, pembayaran listrik, traansfer antar bank dan lain sebagainya aka admin bahas pada tutoriakompleks berikutnya.

Jika anda terdapat pertanyaan ataua kritik dan saran yang perlu anda sampaikan pada penulis, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang telah tersedia, atau dapat juga melalui halaman kontak agar penulisa dapat menjawab pertanyaan, kritik dan saran dari anda. Terimakasih telah berkunjung ke Tutoriakompleks.com dan semoga bermanfaat.

Regard

Widi.

You may also like