Tutorial Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual – Coba blogger mana yang tak ingin blognya terlihat rapi dan keren, blog yang terlihat rapi biasanya menunjukkan karakter si empunya blog tersebut coba kalau blog terlihat awut-awutan dan nggak karuan tentunya pengunjung akan mengira yang tak-tak bukaannya pengunjung dapat informasi yang menarik justru malah pusing. dalam hal menciptakan blog tentu anda harus tahu bagaimana mengelolanya semakin mahir akan semakin terlihat professional blog tersebut.  Nah.. dalam mengedit blog tentu masih ada  hubungannya dengan mengelola blog sebab mengedit blog itu sendiri merupakan bagian dari mengelola blog. jadi memang sangat penting untuk di perhatikan.

Kembali membahas cara mengedit blog itu sangat berbeda jauh dengan mengedit video ..ya iya lah.. he..he.. mengedit blog di blogger itu dapat jauh lebih  mudah dengan adanya fitur nya blogger sebab blogger mempermudah penggunanya dalam menggelola template blog mereka. disini admin akan mengshare khsusus untuk pemula bagaimana cara mengedit blog dengan tujuan agar blognya terlihat lebih bagus dan lebih  keren.

Cara Mengedit Blog Dengan Instant

Mengedit Blog dengan mengmengganti Template  Mengmengganti template merupakan cara tercepat merubah tampilan blog menjadi baru. meskipun begitu biasanya blogger tak puas dengan template yang habis di mengganti, mereka biasanya akan merubah sedikit tampilan lainnya seperti widget, ukuran header, mengmengganti backgound, ukuran sidebar, bentuk font, dan lain sebagainya. apabila anda ingin melihat sedikit koleksi template keren menurut versi admin silahkan lihat ke delapan template gratis dan keren disini.

Cara mengedit Blog dengan Semi Manual

Cara Edit Blog Manual” cukup istilah ini terdengar aneh. nggak apa-apa deh yang penting paham.. he..he.. Cara manual ini biasanya dilakukan oleh para professional mereka dapat menciptakan template tanpa meniru atau mengcopy template orang lain. mereka dapat menciptakan template sendiri setelah selesai menciptakan blog lalu mengedit satu demi sampai selesai. mulai dari menciptakan dan mengupload script, menciptakan gambar sendiri, menciptakan kode HTML sendiri dan meletakkan kode tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.  maka dari itu cara ini admin sendiri jarang melakukannya sebab selain membutuhkan waktu yang lama cara menual ini menguras pikiran. jadi kalau pikiran lagi galau besar kecukupan template nya juga jadi ikutan galau… he.he.. Cara manual disini berarti anda harus belajar tentang coding HTML untuk mengetahui code yang njlimet ini tentu di butuhkan waktu dan kesabaran sebab salah sedikit dalam mengedit maka besar kecukupan blog akan terlihat acak acakan bahkan malah tak dapat di simpan sama sekali. namun apabila dapat menguasai HTML tentu saja anda dapat menciptakan model dan bentuk template apapun sesuai dengan imajenasi.

Jadi kalau menurut admin pribadi untuk menghemat waktu dan pikiran mendingan pakai cara “semi manual” saja  istilah aneh apalagi ini... maksudnya merupakan anda cari template dahulu yang bagus lalu (dapat di btemplate.com, mybloggertheme, soratemplate.com, dan lain-lain) tinggal di utak utik sedikit saja yang penting tampilannya sudah beda dari yang lain contoh nya seperti mengmengganti ukuran sidebar, meletakkan dan menambah kolom di blog, mengmengganti model font, menambah / mengmengganti menu, jadi tak perlu menguasai HTML dan menciptakan script sendiri. dalam mengedit template anda dapat mencari tips triknya di google ya.. dan bawah ini admin akan sedikit memberikan contoh dasar dalam mengedit template dan cara ini tentu dapat anda ekplorasi sendiri

Contoh Mengedit Blog Dengan mengmengganti ukuran gambar Homepage

Misalkan saja anda sudah mengmengganti template namun ada sesuatu yang masih mengganjal dan ingin merubah sesuai keinginan. ambil saja contohnya disini merupakan admin ingin merubah ukuran thumbnail / gambar yang ada di homepage.

  1. Disini admin memakai browser mozilla. 
  2. Arahkan pointer mouse pada area template yang anda ingin rubah, misal disini merupakan thumbnail yang ada di homepage. klik area gambar tersebut dan klik kanan pada mouse dan pilih “inspect element“, nanti akan muncul kode di bawahnya (mozilla).
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Tutorial Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

     

  3. Setelah muncul kode yang ada di bawah, admin mencoba mencari kode gambar mana yang benar, akhirnya ketemu, caranya merupakan ketika admin cari-cari dan klik (bagian area nomer 2) letak garis warna biru nya tepat berada di gambar yang admin inginkan (bagian area nomer 1) lagikan kode rules menunjukkan ukuran gambar tersebut. (bagian area nomer 3).  nah anda dapat lihat di bagian area gambar nomer 3 ini merupakan kode yang akan anda rubah. silahkan kode warna biru pada bagian area nomer 3 anda copy
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Tutorial Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

     

  4. Di rules ada kode warna biru . seperti yang anda lihat kode yang berwarna biru di bagian rules merupakan .post-thumbnail . 
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Tutorial Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

     

  5. langkah selanjutnya masuk ke akun blogger blog yang anda ingin edit baru saja – Pilih TEMPLATE lalu EDIT HTML
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Tutorial Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

     

  6. Kemudian langkah berikutnya mencari kode .post-thumbnail  caranya silahkan tekan tombol CTRL + F pada keyboard anda maka akan muncul kolom pencarian pastekan kodenya di kolom search nya lalu tekan ENTER. maka kode akan muncul di seperti gambar yang anda lihat di bawah ini.
    Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual Tutorial Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

     

  7. Lakukan perubahan kode misalkan mengmengganti ukuran lebar dan tinggi menjadi lebih besar dan lebih kecil misalkan saja disana ada kode  { width:80px; height:80px; float:left; margin:0px 10px 0px 0px; padding: 5px; border: 1px solid #ccc; } jadi tinggal merubah ukurannya misalkan saja menjadi 90px atau 50px terserah anda.
  8. Preview template untuk melihat perubahannnya apabila dirasa sudah pas silahkan save template.
setelah anda tahu tentang bagaimana mengedit blog ada baiknya anda baca juga tentang cara
Mempercantik Tampilan Blog admin rasa ini hal yang paling mendasar seorang blogger terdapat tampilan blog yang unik, menarik, rapi, dan profesional. untuk lebih jauh tentang tampilan blog yang cantik ini anda dapat membaca artikel tentang cara mempercantik tampilan blog. sebab cukup disana ada referensi langkah apa saja yang anda lakukan untuk menjadikan blog milik anda terlihat cantik

Sebenarnya tutorial mengedit template ini masih jauh dari sempurna masih kaya tentang template yang harus dipelajari tutorial di atas merupakan contoh kecil yang harus anda kembangkan lagi namun sebab terbatasnya waktu dan halaman ini baiknya admin lanjutkan pada hari selanjutnya. terima kasih dan semoga berguna bagi semua.

Comments are closed.