Home / Tips dan Trik / Tutorial Mengubah Gambar Berformat WebP ke JPG/PNG

Tutorial Mengubah Gambar Berformat WebP ke JPG/PNG

Cara Mengubah Gambar Berformat Webp ke JPG/PNG – Gambar dengan format WebP cukup terdengar asing ditelinga kita. Gambar dengan format tersebut akan biasa kita temukan pada icon aplikasi-aplikasi yang ada pada Play Store.

Format gambar WebP sendiri dikembangkan oleh Google sebagai mengganti dari format gambar JPEG dan PNG. Gambar dengan format WebP ini lebih terdapat ukuran atau size yang cukup ringan akan tenamun terdapat kualitas yang sama. Dengan menggunakan format gambar ini pada setiap icon aplikasinya, situs dan aplikasi Play Store lebih cepat saat dibuka.

Bukan hanya dapat kita temukan pada icon aplikasi di Play Store, kita juga akan menemukan gambar dengan format serupa pada Google Web Store pada icon-icon ekstensi yang tersedia disana.

Walaupun Google telah memperkenalkan format gambar ini ke publik pada tahun 2010 lalu, namun tetap saja format gambar yang satu ini masih belum kaya dikenal oleh kaya orang.

Cara Mengubah Gambar Berformat Webp ke JPG Tutorial Mengubah Gambar Berformat WebP ke JPG/PNG

Bila Kamu mendownload gambar dengan format WebP yang Kamu temukan di Google, gambar tersebut kadang tak dapat dibuka pada sedikit perangkat, diperlukan aplikasi khusus untuk dapat membukanya. Contohnya dengan menggunakan browser Chrome.

Namun bila format gambar tersebut masih berformat WebP (meski dapat dibuka), Kamu tak dapat menguploadnya pada situs atau sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram sebab media sosial tersebut masih belum mendukung format yang satu ini.

Oleh sebab itu, untuk dapat mengupload atau membuka gambar dengan format WebP Kamu perlu mengubah format atau convert format WebP ke PNG atau JPEG. Dan pada hari ini kali ini admin akan membagikan tutorialnya.

Cara Mengubah Gambar Berformat Webp ke JPEG/PNG

  1. Langkah pertama, buka situs convert Webp to jpg atau Webp to png (pilih format yang Kamu inginkan) terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik Select Files untuk mengupload gambar dengan format Webp.
  3. Cari dan pilih gambar dengan format Webp dan tunggu sedikit saat sampai kemudian proses upload selesai.
  4. Cara Mengubah Gambar Berformat Webp ke JPG Tutorial Mengubah Gambar Berformat WebP ke JPG/PNG
  5. Selanjutnya bila status telah READY, klik Start Conversion.
  6. Cara Mengubah Gambar Berformat Webp ke JPG Tutorial Mengubah Gambar Berformat WebP ke JPG/PNG
  7. Tunggu sedikit saat sampai kemudian statusnya berubah menjadi FINISHED.
  8. Bila telah selesai, klik tombol Download untuk mengunduhnya.
  9. Cara Mengubah Gambar Berformat Webp ke JPG Tutorial Mengubah Gambar Berformat WebP ke JPG/PNG
  10. Dan format gambar WebP telah berhasil di ubah!
Baca :  Tutorial Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di PC

Untuk gambar WebP yang terdapat transparansi, disarankan agar mengubah formatnya ke PNG, sebab bila Kamu mengubahnya ke JPG maka gambarnya tak akan terdapat lagi transparansi.

Mengubah format WebP ke JPG/PNG juga akan memengaruhi pada ukuran filenya, yang sebelumnya saat WebP ukuran filenya hanya akan sedikit, setelah merubahnya ke JPG/PNG ukurannya akan sedikit bertambah.

Karena situs ini ringan dan mudah digunakan, selain dapat menggunakannya di PC Kamu juga dapat menggunakan situs ini di ponsel Android atau iOS Kamu.

Pada situs webp converter diatas juga Kamu dapat langsung melakukan proses convert lebih dari satu gambar, caranya dengan terus melakukan Select Files apabila file sebelumnya telah berhasil diupload, atau dengan melakukan block and drag (apabila di PC)

Sekian tutorial Cara Mudah Mengubah Gambar Berformat WebP ke JPG/PNG Secara Online Terbaru ini, semoga dapat membantu Kamu. Apabila masih terdapat pertanyaan terkait artikel diatas, silahkan komentar dibawah ini.

About xenodochial-rhodes