Home Tips Trik Komputer Tutorial Mengubah Ukuran PDF Tanpa / Dengan Software

Tutorial Mengubah Ukuran PDF Tanpa / Dengan Software

by Mas Admin

Dalam mengcompres file PDF tak hanya mengubah format PDF ke Word, namun adakalanya mengubah ukuran file PDF itu sendiri dari PDF yang terdapat file besar menjadi file dengan ukuran yang lebih kecil dan sebaliknya yaitu dari PDF dengan size kecil menjadi besar.

Memperkecil ukuran file PDF ini dapat anda lakukan tanpa software ataupun dengan menggunakan software. Jika anda ingin melakukan proses pengubahan ukuran dokumen dengan format PDF sebenarnya sangatlah mudah tak memerlukan waktu yang lama juga tak memerlukan editing seperti mengedit bagian-bagian teks / gambar pada file PDF tersebut.

Jadi, hanya tinggal upload / memilih file nya kemudian mengkompressnya.

Lihat juga :
Download 11 Software / Aplikasi PDF Gratis Terbaik Terbaru 2019
Cara Edit Text Data Gambar di Dalam FIle PDF Dengan Software Gratis

Untuk mengubah file pdf tanpa software sendiri ditbutuhkan koneksi internet atau online. Jadi memang apabila anda terdapat file dengan ukuran yang besar membutuhkan waktu yang lebih lama selain itu metode mengkompress PDF online ini sebaiknya dilakukan dengan koneksi internet yang bagus agar proses converting dapat berjalan dengan baik.

Cara mengubah ukuran PDF tanpa software / online

Ya.. Untuk mengkompres file PDF tanpa sofwate ini, PC anda harus terkoneksi dengan internet. Sobat dapat menggunakan situs compress pdf terbaik. Dan ternyata ada kaya sekali situs-situs yang dapat anda manfaatkan untuk mengkompres file pdf, di antaranya merupakan sebagai berikut :

Situs PDF converter terbaik gratis

  1. https://smallpdf.com/compress-pdf
  2. https://www.ilovepdf.com/compress_pdf
  3. https://pdfcompressor.com
  4. https://pdfcandy.com/compress-pdf.html
  5. https://www.hipdf.com/compress-pdf
  6. dan lain sebagainya.

Sebagai contoh disini admin mengubah ukuran file PDF lewat situs smallpdf.com. Cara mengkompres file pdf ini kurang lebih sama. anda tinggal upload file pdf kemudian mendownload nya kembali dengan ukuran yang berbeda. Salah satu contohnya merupakan sebagai berikut :

  1. Silahkan berkunjung ke situs https://smallpdf.com/compress-pdf
  2. upload file PDF, dengan cara klik letakkan PDF di sini, atau dengan drag dan drop file PDF yang ada di PC/ laptop anda ke area tersebut. 
     namun adakalanya mengubah ukuran file PDF itu sendiri dari PDF yang terdapat file besar m Tutorial Mengubah Ukuran PDF Tanpa / Dengan Software
  3. Secara otomatis file akan di convert. anda tinggal mencownload file PDF tersebut dengan mengklik “icon dowload”
     namun adakalanya mengubah ukuran file PDF itu sendiri dari PDF yang terdapat file besar m Tutorial Mengubah Ukuran PDF Tanpa / Dengan Software

     

  4. Selesai. Dari metode ini admin dapat mengkompres PDF milik admin sampai kemudian 47%. yang semua berukuran 1,3MB menjadi 730kb 

Bagaimana cara mengubah ukuran file PDF dengan software

Berbeda dengan cara mengubah file pdf tanpa software, mengubah file pdf dengan cara offline ini tentu saja membutuhkan software atau aplikasi yang harus di instal di pc  terlebih dahulu.  Ada sedikit software yang dapat anda download.  Salah satu aplikasi PDF converter gratis merupakan sebagai berikut :

  1. SODA PDF download link official atau Solidfiles 
  2. PDFMate PDF Converter Free download link official atau SOlidfiles
  3. PDF Maker download link official atau solidfiles
  4. Dopdf Download link official atau solidfiles
  5. Freepdfcompressor Download link official atau solidfiles
  6. Dan lain sebagainya. 

Sedangkan sebagai contoh saja disini admin menggunakan salah satu aplikasi pengubah ukuran file PDF dengan freepdfcompressor. berikut merupakan sekompleksnya. 

  1. Silahkan download salah satu aplikasi convert pdf gratis di atas. dalam hal ini admin menggunakan FreePDFCompressor. Silahkan instal di laptop atau pc anda.
  2. Setelah di instal, jalankan program pdf compressor tersebut. Disini anda dapat memilih file pdf yang akan anda convert dengan mengklik “browse”
    Tutorial Mengubah Ukuran PDF Tanpa / Dengan Software 4

    Browse :  file pdf yang akan di convert
    Save as : lokasi folder file pdf yang sudah selesai di convert
    Screen – low resolution…. merupakan opsi untuk hasil paling rendah. 

  3. Selanjutnya merupakan klik “compress” dan tunggu proses converting. Proses pengkompresan biasanya tergantung dari besar kecilnya pdf. Semakin besar file pdf akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada file pdf dengan ukuran yang lebih kecil.
     namun adakalanya mengubah ukuran file PDF itu sendiri dari PDF yang terdapat file besar m Tutorial Mengubah Ukuran PDF Tanpa / Dengan Software
  4. Lihat hasilnya dengan membuka folder “save as” yang sudah anda atur baru saja.
Terima kasih, semoga dapat membantu anda semuanya.. 

You may also like

×