Home / Banking / Tutorial Terbaru Bayar Tagihan Listrik Secara Online menggunakan BNI Mobile Banking

Tutorial Terbaru Bayar Tagihan Listrik Secara Online menggunakan BNI Mobile Banking

kali ini akan membahas cara membayar tagihan listrik Pascabayar dengan menggunakan BNI Mobile secara online dari smartphone yang sebelumnya telah terinstall aplikasi BNI Mobile. Jika anda belum terdapat akun BNI Mobile dan belum memasang aplikasi BNI Mobile pada smartphone anda, silahkan baca cara mendapatkan User ID dan cara aktivasi BNI Mobile melalui smartphone.

 kali ini akan membahas cara membayar tagihan listrik Pascabayar dengan meng Tutorial Terbaru Bayar Tagihan Listrik Secara Online menggunakan BNI Mobile Banking

Sebagaimana yang kita tau, di Indonesia terdapat perbisnisan Listrik terbesar yang biasa dikenal dengan PLN. Pemerintah di Indonesia menetapkan dua sistem pembayaran listrik yaitu Prabayar dan Pascabayar.

Perbedaan listrik prabayar dan pasca bayar merupakan sebagai berikut.

Listrik Pascabayar : merupakan dimana pelanggan menggunakan listrik terlebih dahulu, kemudian di akhir bulan, pengguna atau pelanggan listrik dikenakan tagihana sesuai dengan penggunaan listrik pada bulan tersebut.
Listrik Prabayar : merupakan metode dimana pengguna listrik atau pelanggan listrik membayar terlebih dahulu dengan cara membeli token atau voucher listrik dengan jumlah tertentu, kemudian baru dapat menikmati penggunaan listrik.

Namun yang akan kita bahas kali ini merupakan seputar sistem pembayaran listrik pascabayar dimana pelanggan listrik dapat menggunakan listrik terlebih dahulu, kemudian di akhir bulan, pelanggan adakn dikenakan biaya. Nah cara untuk membayar tagihan listrik tersebut juga bermacam-macam, baik itu melalui agen pembayaran atau dapat juga melalui Bank.

Namun menurut admin, membayar melalui bank merupakan cara yang paling aman dan terpercaya, oleh sebab itu kali ini admin akan memberikan cara membayar listrik pascabayar melalui Bank dengan aplikasi BNI Mobile dari smartphone android dan IOS atau Iphone.

Menurut admin, membayar tagihan listrik melalui BNI Mobile merupakan cara yang paling praktis, dimana kita sebagai pelanggan listrik tak perlu lagi datang ke kantor pelayanan pembayaran listrik untuk membayar tagihan dengan uang cash. Kita sebagai pelanggan cukup melakukan transfer yang dapat anda lakukan kapan saja dan juga dimana saja tanpa harus susah – susah datang ke kantor pembayaran listrik.
Berikut ini amerupakan cara terbaru membayar tagihan listrik melalui bank dengan menggunakan aplikasi BNI mobile yang langsung dapat dengan cepat dan aman untuk digunakaan. Langsung saja tutoriakompleksnya merupakan sebagai berikut:

Baca :  Tutorial Sukses Registrasi / Aktifasi BNI Mobile Banking Terbaru 2019

Cara Mudah membayar tagihan Listrik Pascabayar melalui Aplikasi BNI Mobile pada Smartphone

Sebelum membayar, disini admin telah mengetahui berapa jumlah tagihan listrik pada bulan yang akan dibayar dengan menggunakan aplikasi PLN mobile. Namun anda tak harus melakukan pengecekan, sebab saat anda membayar listrik dari BNI Mobile, maka secara otomatis jumlah tagihan akan diketahui dan jumlah uang anda yang terpotong dari bank sudah sesuai dengan jumlah tagihan dari PLN ditambah biaya administrasi sebesar Rp 3000 rupiah.

  1. Langkah pertama, untuk membayar listrik merupakan dengan cara Buka aplikasi BNI Mobile yang telah terpasang pada smartphone anda, lalu pilih menu BNI Mobile. Lalu silahkan login menggunakan User ID dan MPIN anda.
  2. Setelah berhasil login, maka anda akan masuk ke menu berikutnya, silahkan pilih menu pembayaran, lalu pilih listrik
  3. Pada menu pembayaran listrik, anda akan melihat sedikit kolom yang harus anda isi. Silahkan pilih kolom Rekening Debit dengan rekening yang akan anda gunakan (terisi otomatis apabila anda terdapat hanya satu rekening pada bni mobile). Kemudian pada kolom Jenis layanan, silahkan pilih Pembayaran tagihan listrik PLN, lalu isikan juga IDPEL atau ID pelanggan listrik anda (dapat anda temukan pada merter ukur pln yang terpasang di rumah anda), yang terakhir, silahkan isikan juga nama singkat pemilik rekening listrik yang akan dibayar, kemudian ketuk tombol Lanjut untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  4. Langkah berikutnya, anda akan melihat informasi nomor rekening bank yang ada gunakan untuk membayar tagihan listrik, nomor IDPEL listrik, total lembar tagihan, bulan dan tahun, jumlah taagihan dan juga jumlah biaya administrasi sejumlah Rp. 3000 rupiah. Jika data yang ditampilkan tersebut dirasa sudah benar semua, silahkan isikan Password transaksi dari akun BNI Mobile milik anda, kemudian ketuk tombol Lanjutkan untuk memulai proses pembayaran Listrik.
  5. Jika transaksi anda telah berhasil, maka hanya dalam hitungan detik, maka anda akan melihat halaman baru yang berisi pesan informasi bahwa traansaksi telah berhasil dilakukan disertai dengan detail, seperti tanggal pembayaran, waktu transaksi, nomor IDPEL listrik, nama pemilik rekening listrik, tarif atau jumlah daya yang digunakan, bulan dan tahun tagihan yang baaru saja dibayar, stand meter, jumlah tagihan, jumlah biaya administrasi dan jumlah total yang baru saja anda bayar melalui BNI Mobile.
  6. Setelah pembayaran listrik selesai dan berhasil anda lakukan, maka anda akan mendapatkan pesan melalui email berupa struk sebagai bukti pembayaran yang sah dan dapat kamu cetak sebagai bukkti bahwa anda telah secara sah membayar tagihan listrik dari bank BNI.
  7. Selesai.

Catatan : Jika anda bingung apa itu password transaksi, silahkan baca tutorial sebelumnya seputar Cara cara Aktivasi BNI Mobile melalui smartphone.

Untuk memastikan bahwa pembayaran listrik telah benar-benar berhasil, disini admin mencoba untuk melakukan pengecekan status tagihan dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile dan hasilnya, tagihan listrik yang sebelumnya belum terbayar, kini telah terbayar dan berstatus lunas sesuai dengan tanggal, bulan dan juga tahun sesuai dengan pembayaran yang telah anda lakukan.

Baca :  Tutorial Terbaru Membuat / Daftar Akun Mandiri Online di Hp Android

Jika anda juga ingin dapat melakukan pengecekan apakah status tagihan listrik milik anda telah terbayar atau belum, anda juga dapat melakukan pengecekan dari smartphone yang anda miliki dengan mengunduh dan memasang aplikasi PLN Mobile dari google play store apabila anda pengguna android, dan melalui App Store apabila anda penggunaa IOS atau Iphone.

Itulah cara mudah dan juga cara tercepat untuk membayar tagihan listrik pascabayar melalui smartphone. Jika anda merasa bingung seputar TutoriaaLengkap cara mudah atau cara terbaru untuk membayar tagihan listrik PLN melalui smartphone, dan anda ingin menyampaikan sedikit pertanyaan yang cukup ingin anda sampaikan kepada admin, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan selamat mencoba.

Regard

Widi

About xenodochial-rhodes