Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking

By | March 9, 2019
Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking 1

Sudah pernah mengirim uang lewat BNI internet banking online? apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari. Sebelum kita bahas lebih jauh Mungkin anda ingin mengetahui lebih kaya tentang nama bank BNI yang kini menjadi salah satu bank tertua di indonesia. Bank BNI sudah berdiri sejak 5 Juli tahun 1946. dan tercatat terdapat 900 lebih cabang dibermacam pelosok negeri. BNI sekarang menjadi salah satu bank terbesar yang ada di indonesia dan menjadi salah satu bank terpercaya di negara kita. Jika anda merupakan salah satu nasabah setia Bank BNI maka menikmati transaksi internet banking BNI merupakan pelayanan yang seharusnya anda manfaatkan.

Ketika Masuk dalam era internet, BNI juga menyediakan layanan internet banking sesampai kemudian para nasabah dapat memanfaatkan jaringan internet ini untuk keperluan transfer ataupun kegiatan lainnya. transfer uang lewat Internet banking  selain mudah, cepat juga sangat fleksibel sebab para nasabah dapat bertransaksi dimanapun dan kapanpun selama jaringan internet masih terjangkau.

Hal ini tentu saja sangat membantu para pebisnis yang ingin bertransaksi tanpa harus bertemu dengan partner bisnisnya contoh nya seperti pebisnis online internet yang kerap melakukan transaksi lewat internet meskipun antara penjual dan pembeli tak pernah saling bertemu sebelumnya.

Artikel yang cukup anda cari :  [Update] 7 Cara Terbaru Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula

Jika membahas tentang Transfer uang di bank maka kita akan berpikir tentang sebuah kegiatan mengirim uang dari satu rekening ke rekening lain tanpa di batasi oleh jarak. mengirim uang sekarang sudah sedemikian mudah sebab hal itu dapat dilakukan dengan hanya berSMS, pergi ke ATM terdekat, atau lewat internet banking online yang kerap di sebut dengan i-bank. ibank ini tentu merupakan cara termudah dan termurah sebab kita dapat melakukannya tanpa harus keluar rumah. namun kegiatan transfer uang lewat internet di bagi sebagian orang masih menjadi sesuatu yang “membingungkan”  sebab itulah admin berharap dapat sedikit membantu siapa saja yang merasa membutuhkan informasi ini.

Kunjungi halaman ini juga : Cara Aman Belanja / Membeli Barang Secara Online di Tokopedia

Jika anda menilik bagian fitur BNI banking online maka anda akan menemukan menu Transfer dimana transfer ini merupakan bagian fitur yang ada di bagian Menu transaksi. seperti yang terdapat pada fitur ATM anda juga dapat mengirim uang ke sesama bank BNI inginpun bank lain misalkan saja Bank BRI, MANDIRI, BCA, MEGA, DANAMON, JATENG dan lain sebagainya.

Ada poin penting yang harus anda ketahui bahwa sebelum anda menstransfer ke rekening baru anda harus menciptakan daftar nama ID di bagian menu info & administrasi transfer di tab atur rekening tujuan gunanya yaitu untuk menciptakan daftar rekening. lebih detail lagi bagaimana cara menciptakan daftar nama ID rekening baru silahkan anda tengok bagian MENGATUR REKENING TUJUAN. di bagian bawah.

lihat juga : Cara Membeli Domain Berkualitas Di Namecheap dengan Paypal

Cara Masuk / login ke BNI Internet Banking menggunakan PC / laptop

Karena fitur dan tampilan BNI internet banking yang ada di PC dan hp (android) berbeda sebagai contoh disini  admin menggunakan browser chrome (laptop / PC / netbook) untuk melakukan kegiatan transaksi.

  1. Pastikan anda mengetik URL / alamat situs bank BNI dengan benar yaitu  http://bni.co.id/
  2. Di sebelah kanan anda dapat melihat sedikit tombol untuk mengakses BNI. anda dapat masuk BNI di tombol Personal “login
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  3. Isi dengan ID dan password yang sudah anda buat sebelumnya. lalu pilih “login” 
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  4. Selanjutnya merupakan melakukan transaksi yang dapat anda lihat tutorialnya di bawah ini. 

Mengatur Rekening Tujuan ketika hendak melakukan transfer BNI / selain bank BNI 

Sebelum anda ingin melakukan transfer ke rekening baru anda di wajibkan menambahkannya di daftar rekening tujuan. ketika anda sudah menambah rekening baru di menu mengatur rekening tujuan maka secara otomatis nama dan rekening ini akan muncul di menu transfer (transfer antar rek BNI ) / (transfer antar bank online) tergantung pilihan yang anda inginkan.

  1. Setelah anda login ke ibank BNI internet banking lewat URL  http://bni.co.id/id-id/Beranda.aspx / https://ibank.bni.co.id/ anda pilih tab transaksi kemudian silahkan pilih di bagian “info & administrasi transfer” dan berikutnya klik pada “atur rekening tujuan” 
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  2. Di bagian ini anda dapat memilih “tambah rekening tujuan” kemudian klik “Ok
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  3. Isikan kolom yang ada disana. 1. Nama singkat merupakan nama yang dapat anda isi dengan nama yang anda inginkan. atau anda dapat mengisi dengan nama sesuai dengan nama yang anda inginkan. 2. pilih “Transfer antar rekening BNI” apabila rekening tujuan merupakan BNI dan silahkan pilih TRANSFER ONLINE ANTAR BANK apabila anda ingin menambahkan rekening selain bank BNI misal BRI, MANDIRI, BCA, DANAMON dan lain sebagainya. 3. Ketikkan dengan nomer rekening tujuan. apabila sudah silahkan lanjutkan dengan mengklik pada 4 (“lanjut”) apabila nomer rekening sudah benar maka Inisial akan muncul pada  kolom “Nama penerima”
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  4. Pastikan inisial yang muncul disana sudah benar misalkan nama rekening tujuan merupakan Joko Widodo maka inisialnya akan terlihat J*** W*****
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  5. selanjutnya merupakan giliran BNI E-Secure cara menggunakan e-secure ini seperti kode password setiap transaksi yang anda lakukan melalui ibank diwajibkan untuk mengisi BNI e-secure response. lagikan cara menggunakan e-secure merupakan sebagai berikut  
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking

    1. Hidupkan esecure anda (tanda segitiga)
    2. Masukkan 6 password / PIN milik anda
    3. Pilih Apply seperti yang tertera di Esecure challenge dan tulis 6 digit angka e-secure challenge nya 
    4. Otomatis akan muncul nomer e-secure response 
    5. silahkan masukkan 6 angka esecure response yang muncul  baru saja ke kolom  e-secure response yang ada di PC anda
    6. Klik Proses
  6. Nama ID baru sudah berhasil ditambahkan.
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  7. Berikutnya anda tinggal mentransfer sejumlah uang ke rekening yang baru anda tambahkan. sekompleksnya silahkan lihat artikel selanjutnya di bawah ini. 

Cara Transfer BNI internet banking (i-bank ) di 

  1. Disini merupakan bagian awal pada tab “Transaksi” disana ada sedikit menu pilihan seperti, Transfer antar rek. BNI, transfer online antar bank, transfer RTGS, transfer kliring, transfer ke rek dana pensiun, dan gunakan templae transfer. Untuk keperluan transfer ke sesama bank BNI anda dapat memilih “transfer antar Rek. BNI. biaya administarasi / admin transfer untuk sesama bank BNI merupakan gratis lagikan biaya transfer online antar bank dikenakan biaya Rp.6.500 per transaksi. (biaya dapat berubah sewaktu-waktu).
    Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking 2
  2. Ini merupakan halaman yang dapat anda gunakan untuk keperluan transaksi ke sesama BNI. seperti yang telah anda baca sebelumnya bahwa anda sudah menciptakan / mengatur rekening tujuan secara otomatis nama / rekening yang telah dibuat akan muncul pada nomer 2.
    Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking 3

    Keterangan Gambar

    1. Pilih dengan saldo rekening (IDR)yang sudah tersedia.
    2. Daftar nama rekening tujuan (daftar yang telah dibuat melalui proses mengatur rekening tujuan di atas)
    3. jumlah nominal yang akan anda kirim / transfer
    4. Proses untuk melanjutkan transfer
  3. Selanjutnya merupakan melanjutkan dengan mengisi e-secure respone, caranya sama dengan cara yang sudah di tuturkan di atas.  (lihat pada bagian artikel di atas mengatur rekening tujuan pada nomer 5). sesudah mengisi e-secure response klik “Proses”  
     apabila belum cukup halaman inilah yang lagi anda cari Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking
  4. Transaksi sudah selesai di lakukan dengan di tandai notifikasi ” transaksi dengan id referensi 898977 telah berhasil dilakukan.  
    Tutorial Transaksi (transfer) Online di BNI Internet Banking 4
  5. Jika anda ingin mengeprint hasil transaksi anda dapat mengklik tombol unduh yang ada di  pojok bawah sebelah kanan. anda akan mendapatkan faktur transaksi berupa file PDF. anda dapat mengcopy printpdf tersebut untuk dijadikan struk bukti transfer.

Lalu bagaimana cara transfer menggunakan hp android. apakah juga dapat transfer seperti di lakukan di PC. BNI internet banking telah menciptakan sebuah aplikasi untuk memudahkan nasabah untuk keperluan transaksi demi kelancaran bisnis inginpun keperluan para nasabah. berbeda dengan transfer menggunakan PC / laptop di mobile internet banking anda dapat mentransfer ke rekening BNI inginpun rekening selain BNI tanpa harus menambah daftar rekening terlebih dahulu. aplikasi anda dapat mendownload lewat situs resmi google play instal seperti biasa dan login menggunakan id i-bank milik anda.

Download BNI EXPERIENCE via Google play

untuk transfer menggunakan hp android akan dibahas di lain waktu mengingat artikelnya sudah terlalu panjang maka alangkah baiknya apabila di pisahkan  saja. hehe.. Terima kasih dan selamat mencoba..